10 Ciri-ciri Orang Kreatif dan Inovatif, Berapa Nomor yang Telah Anda Miliki?

Ayo Liburan ke Bale Tani Banjaragung Jombang, Wahana Edukasi dan Wisata Tani Terbaru di Kabupaten Jombang
Cari ide kreatif? Ayo Liburan ke Bale Tani Banjaragung Jombang, Wahana Edukasi dan Wisata Tani Terbaru di Kabupaten Jombang

Apa kabar kawan blogger Jombang? The Jombang Taste kembali menyapa Anda melalui artikel pengembangan diri. Kali ini penulis mengajak Anda untuk mengetahui ciri-ciri orang kreatif dan inovatif dalam hidup. Anda pasti setuju bahwa kreatifitas merupakan sumber kebahagiaan hidup dalam mengatasi berbagai permasalahan yang menimpa manusia. Manusia yang tidak memiliki kreatifitas dan inovasi akan hidup dalam ketidakberdayaan, pasrah, monoton, dan tidak memiliki kesenangan dalam bekerja.

Lalu, apa saja tanda-tanda orang kreatif yang ada di sekitar kita? Berikut ini 10 ciri-ciri orang kreatif menurut Solomon dan Wislow (1988) dalam Lupiyoadi (2007):

1. Pintar

Ciri orang kreatif yang pertama adalah pintar. Meski demikian, kepintaran orang kreatif tidak harus berhubungan langsung dengan intelegensia orang tersebut. Anda bisa jadi tidak mampu mengerjakan soal-soal matematika integral namun Anda bisa membagi sebuah kertas menjadi empat bentuk yang sama persis sebanyak enam belas variasi. Itulah salah satu ciri Anda termasuk orang pintar dan kreatif.

2. Adaptif

Ciri orang kreatif kedua adalah memiliki tanda khusus mampu menyesuaikan diri dengan beragam kondisi lingkungannya. Bukan hanya menyesuaikan diri dalam berkata dan berperilaku, orang kreatif juga mampu menjalankan ide-ide yang berbeda dalam waktu singkat. Apakah Anda pernah ditodong menjadi pembawa acara pentas seni secara mendadak dan Anda mampu melaksanakan tugas tersebut dengan baik? Itulah tanda termasuk orang kreatif.

3. Optimis

Ciri orang kreatif nomor tiga adalah selalu optimis dalam menyikapi beragam masalah yang dihadapi. Orang kreatif memiliki pandangan yang positif terhadap diri sendiri dan percaya diri dalam mengambil keputusan. Orang kreatif tidak ragu untuk mengambil langkah berani sebab ia telah memikirkan berbagai kemungkinan masalah yang timbul di kemudian hari beserta solusinya.

4. Peduli

Tanda orang kreatif nomor empat adalah peduli dan peka terhadap kondisi lingkungannya. Orang kreatif peka terhadap perasaan orang-orang di sekitarnya. Fungsi otak kanannya lebih dominan daripada otak kiri. Kepedulian orang kreatif tidak dibuat-buat dan tanpa pamrih. Orang kreatif peduli kepada orang lain karena dorongan naluri untuk membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi bersama.

5. Termotivasi

Orang kreatif memiliki ciri nomor lima yaitu selalu termotivasi untuk menyelesaikan masalah-masalah menantang yang dihadapinya. Orang kreatif tidak memandang datangnya masalah sebagai ancaman yang berbahaya. Sebaliknya, orang kreatif mampu mengelola masalah menjadi sebuah ide inovatif dalam mencari jalan pemikiran terbaru yang bijak dan menyenangkan. Ia memiliki semangat tinggi dalam menunjukkan potensi terbaiknya.

6. Faktual

Ciri-ciri orang kreatif nomor enam adalah selalu berpikir logis. Meskipun otak kanan masih dominan, namun peran otak kiri yang bersifat logis dan analitis tetap terlihat. Orang kreatif mampu memendam keputusan sampai ia memiliki kumpulan fakta yang cukup. Dalam hal ini orang kreatif memiliki sifat mampu mengendalikan diri untuk tidak terjebak kebiasaan berfantasi dalam mengambil keputusan di kehidupan nyata.

7. Menghargai Kebebasan

Tanda orang kreatif nomor tujuh adalah menghargai kebebasan. Orang kreatif tidak memerlukan persetujuan orang lain dalam mengambil keputusan. Ia dapat membuat keputusan penting dengan cepat dan dapat mengubahnya dengan cepat pula tanpa melibatkan pertimbangan orang lain. Hal ini bukanlah sifat individualis, tetapi tindakan yang diambil orang-orang kreatif merupakan bentuk kebebasan dan kemandirian dalam hidup.

Bagaimana Cara Membangun Kekompakan Kerjasama Anggota Tim
Bagaimana Cara Membangun Kekompakan Kerjasama Anggota Tim? Orang kreatif tahu jawabnya.

8. Suka Berfantasi

Ciri orang kreatif nomor delapan adalah suka berfantasi atau berimajinasi di luar batas kewajaran. Otak kanannya bekerja lebih dominan daripada otak kiri dalam hal berfantasi. Fantasi yang dihasilkan dalam proses berpikir kreatif mampu menghasilkan ide-ide cemerlang yang tidak pernah Anda sangka sebelumnya. Maka jangan heran jika kebanyakan orang kreatif suka berkhayal yang aneh-aneh dan mengungkapkan dalam ucapan dan perbuatan yang tidak biasa pula.

9. Fleksibel

Tanda-tanda orang kreatif nomor sembilan adalah fleksibel dan tidak kaku. Orang kreatif tidak bersifat otoriter dan mendominasi orang lain dalam bekerja. Sebaliknya, seperti sudah dibahas di atas, orang kreatif menyukai kebebasan dan menghargai fleksibilitas pemikiran. Inilah jenis mitra kerja yang paling tepat bagi Anda untuk berbagi pemikiran. Anda dan dia tidak akan merasa saling tersaingi dalam pengembangan ide bisnis karena orang kreatif menyukai keluwesan berpikir.

10. Mementingkan Arti

Ciri-ciri orang kreatif nomor sepuluh adalah mementingkan arti dari sebuah keputusan yang telah diambil. Orang kreatif mengutamakan manfaat penerapan suatu ide daripada hal-hal tertentu yang membingungkan pelaksanaan. Hal ini bukan berarti bahwa orang kreatif tidak menyukai detail sebuah pekerjaan. Hanya saja ia mampu mengedepankan konten daripada konteks dalam bekerja. Ibaratnya, konten adalah isi makanan sedangkan konteks adalah bungkusnya.

Nah, dari 10 ciri-ciri orang kreatif di atas, berapa nomor yang sudah Anda miliki sekarang? Menjadi kreatif bukanlah dilahirkan, tetapi perlu dilatih secara konsisten setiap hari. Semoga artikel The Jombang Taste ini bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat mengkoreksi diri sendiri!

6 Replies to “10 Ciri-ciri Orang Kreatif dan Inovatif, Berapa Nomor yang Telah Anda Miliki?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *