Freelancer Tidak Mendapat Job Bukan Berarti Sedang Menganggur

Produktifitas freelancer harus tetap berjalan meski sedang tidak mengerjakan sebuah project. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki potensi dan kompetensi diri.

Menjadi seorang freelancer nggak ada jaminan selalu dapat order atau job, tapi untungnya saya selalu disibukkan berbagai rutinitas mengelola web. Pada waktu senggang dan nggak ada deadline sebenarnya banyak hal yang bisa Anda lakukan dan memberi manfaat. Santai sebentar sih boleh, tapi janganlah sampai Anda memperlakukan masa nggak melakukan kerja sebagai masa liburan.

Walaupun sebenarnya sulit bagi seorang freelancer (baik bidang penulisan, webmaster, desainer, fotografi dan lain-lain) untuk memperoleh keuntungan dari waktu luang karena tuntutan ekonomi, seharusnya Anda bisa memanfaatkan keadaan sebaik-baiknya. Anda harus tetap aktif, baik secara fisik maupun mental, dengan menggunakan waktu Anda yang fleksibel untuk mengasah kemampuan diri.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memperluas jaringan kerja (network). Orang bilang banyak teman banyak rejeki. Kalimat kuno ini masih berlaku sampai sekarang. Dengan mengenal manusia dari berbagai latar belakang, terbuka kemungkinan Anda membangun hubungan yang saling menguntungkan, dan barangkali belum pernah Anda pikirkan sebelumnya.

Belajar Lagi Yuk…!

Kalau selama ini Anda terlalu sibuk mengerjakan job sampai nggak ada waktu meng-upgrade ilmu, inilah saatnya Anda belajar lagi dan menjadi lebih baik di bidang yang Anda tekuni. Jika punya dana lebih, di waktu luang Anda bisa mengikuti kursus, workshop, seminar dan sejenisnya sehingga mampu meningkatkan kredibilitas profesional dan kecakapan teknis yang Anda miliki. Para ahli bilang, cara ini adalah langkah termudah untuk menambah nilai kompetensi Anda.

Tindakan lain yang bisa Anda lakukan adalah mengevaluasi diri Anda. Buatlah semacam kuis buat diri sendiri. Tinjau kembali hal menarik apa yang telah Anda dapatkan dari menekuni profesi freelancer. Kalau ada yang membosankan, atau malah lagi nggak termotivasi buat berkarya, segera temukan hal apa yang bisa membuat hidup Anda lebih hidup lagi. Kalau sudah dapat gairah hidup, kemungkinan besar Anda akan lebih rileks dan nyaman bekerja di keesokan harinya.

Sibuk berjibaku dengan segudang project bisa saja membuat Anda lupa sama keluarga, kawan sepermainan, teman dekat dan orang-orang lain yang pernah Anda kenal. Apalagi sekarang moment-nya Lebaran Idul Fitri, nggak ada salahnya buat menyambangi mereka dan bercakap-cakap sebentar. Topik obrolan bisa yang ringan sampai yang agak berat sekalipun. Yang penting untuk sejenak Anda bisa terbebaskan dari rutinitas dan mendapatkan inspirasi baru.

Kesimpulannya, jangan sia-siakan waktu karena kalau sudah lewat dia nggak bisa diambil kembali (kecuali lewat mesin waktu dalam filem-filem barat). Mari manfaatkan waktu sebaik-baiknya. Enjoy Blogging, Enjoy Writing!

Selamat Merayakan Idul Fitri. Mohon Maaf Lahir dan Batin.

11 Replies to “Freelancer Tidak Mendapat Job Bukan Berarti Sedang Menganggur”

  1. Blogging took the digital world by storm a decade ago and remains the most popular form of website. While many people use blogging as a tool for self-expression, there are many valid reasons to start a blog.

  2. We recently arrived throughout your posting and are currently analyzing along. We desire to talk my admiration of your crafting ability and capability to help to make audience study through the use of the starting to the finish. I would like to research more recent articles and to write about my personal ideas with you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *