Ibarat Daun Kering di Atas Aliran Sungai

apakah tujuan hidup anda?Milikilah tujuan dalam hidup, walaupun sederhana. Hidup tanpa tujuan ibarat selembar daun kering yang terjatuh di atas aliran air sungai yang deras. Ia akan terus dihanyutkan oleh arus sungai tanpa tahu muara yang pasti. Jika saat ini Anda belum menemukan tujuan hidup, segera temukan sebelum waktu dan energi Anda terbuang secara sia-sia.

Saya meyakini setiap manusia ketika terlahir ke dunia memiliki takdir yang unik. Setiap manusia diciptakan Allah dalam sebaik-baik bentuk dan untuk misi tertentu pula. Sayangnya, tidak semua manusia memiliki kesadaran diri untuk apa dirinya terlahirkan di dunia. Life is so flat, begitulah kelompok yang satu ini berpikir. Dan memang, tidak semua orang bisa menemukan tujuan hidupnya seketika. Perlu proses. Ada yang cepat, ada pula yang lambat.

Ibarat sehelai daun kering yang terombang-ambing di tengah arus sungai, tujuan yang tidak jelas akan mengaburkan misi hidup. Maka ubahlah kondiri tersebut menjadi lebih berarti. Di atas daun masih ada ranting, cabang dan batang. Kalau Anda tidak bisa menjadi sebatang pohon yang kuat, minimal Anda berusaha menjadi cabang yang terpaut erat pada pokok tanaman. Jika Anda tidak mampu menjadi cabang yang berdaun hijau, paling tidak Anda berusaha menjadi ranting yang mampu mengalirkan sari-sari makanan ke seluruh bagian pohon.

Jadilah yang terbaik dalam situasi apapun. Mungkin Anda belum mampu menjadi sebatang pohon yang kokoh dan mampu digunakan untuk menyangga bangunan rumah. Tapi paling tidak, Anda sudah berusaha menjadi cabang yang mampu memberikan keteduhan kepada pejalan kaki ketika panas atau hujan. Jangan biarkan diri menjadi daun kering yang jalan hidupnya ditentukan oleh mekanisme alam yang tidak pernah bisa kita prediksi. Sebaik-baik manusia adalah yang mempersiapkan payung sebelum datang hujan lebat.

Semoga tulisan ini bisa memberi inspirasi untuk Anda. Enjoy blogging, enjoy writing!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *