Internet Membuat Saya “XLangkah Lebih Maju” Menggali Potensi Diri

Internet menjadi bagian penting dari perkembangan sejarah manusia di bidang teknologi dan komunikasi. Internet telah XLangkah Lebih Maju mengubah perilaku manusia dalam beragam bidang kehidupan, termasuk pilihan menekuni satu profesi.

Ketika masih kecil hingga usia menjelang dewasa, pada umumnya kita semua di doktrin oleh kedua orang tua untuk menjadikan orang yang nriman ing pandum dan berpikir konvensional. Termasuk dalam memilih jenis pekerjaan untuk anak-anak mereka. Pilihan yang mereka sarankan tidak jauh dari menekuni pekerjaan petani, pekerja pabrik dan pekerja kantoran. Mungkin hanya sebagian kecil orang tua yang memberikan keleluasaan bagi putra-putrinya untuk menentukan masa depan dengan caranya sendiri.

Sejujurnya pemikiran tersebut masih saya alami sampai menjelang dewasa. Tawaran bekerja pada salah satu pusat waralaba fastfood saya terima dan menjadikan saya seorang pekerja kantoran. Tujuan saya cuma satu: menyenangkan hati orang tua yang sudah capek-capek membiayai sekolah. Meski demikian, saya berusaha enjoy dengan pekerjaan sebagai Cost Analyst yang mengharuskan saya keliling ke sejumlah wilayah di Jawa Timur untuk memastikan standard operation yang dibuat oleh perusahaan dijalankan dengan benar.

Internet Membuat Saya “XLangkah Lebih Maju" Menggali Potensi Diri
Internet Membuat Saya “XLangkah Lebih Maju" Menggali Potensi Diri

XLangkah Lebih Maju Menjadi Online Freelancer

Sampai akhirnya saya berkenalan dengan internet pada tahun 2008 dan secara intensif mulai ngeblog gratisan di blogspot hingga mampu menyewa domain. Saya tak menyangka bahwa dari aktifitas online ini saya menemukan dunia baru yang sesuai dengan alam berpikir saya. Dunia itu adalah bisnis online. Tanpa bermaksud merendahkan profesi lainnya, inilah bidang yang mampu memberikan ruang hidup bagi saya seutuhnya. Selain profesi bidang internet, tentu saja kita masih butuh profesi lainnya karena roda kehidupan harus terus berputar menurut jalannya masing-masing.

Ketika saya memutuskan menjadi fulltime blogger pada Desember 2010, ada beberapa pihak yang menyayangkan hal tersebut. Mereka menyatakan saya terlalu tergesa-gesa dalam bertindak. Saya sendiri waktu itu belum memiliki kerangka kerja yang jelas tentang arah tujuan menekuni profesi di internet. Namun saya yakin dengan passion yang saya miliki bahwa internet adalah kunci masa depan manusia. Era informasi telah hadir dan memegang kendali hidup masyarakat dunia.

Berkat internet saya mulai membangun dasar-dasar untuk XLangkah Lebih Maju lebih yakin dalam menatap bisnis online. Potensi internet telah berkembang sedemikian cepat ke berbagai bidang kehidupan masyarakat. Hampir tidak ada cela untuk meniadakan manfaat dan fungsi internet bagi manusia. Era informasi juga mampu menghubungkan manusia satu dengan lainnya lebih dekat dan lebih nyata, seperti jargon salah satu perusahaan telekomunikasi. Saya pun tidak ragu berkonsentrasi dalam pekerjaan yang berbasis internet.

Pilihan saya jatuh kepada profesi online freelancer, khususnya bidang penulisan. Dasar pemikirannya adalah setiap hari orang butuh membaca informasi. Bahkan ada yang berkeyakinan bahwa pola pikir manusia saat ini disetir oleh informasi. Informasi tulisan memegang kendali hampir 80 persen perilaku masyarakat, selain melalui media gambar dan audio-video. Kenyataan ini diperkuat oleh fakta bahwa saat ini banyak media televisi melakukan back up usaha dengan menceburkan diri dalam portal berita berbasis tulisan.

Internet Membuat Saya “XLangkah Lebih Maju" Menggali Potensi Diri
Internet Membuat Saya “XLangkah Lebih Maju" Menggali Potensi Diri

XLangkah Lebih Maju Membangun Kesuksesan

Setiap orang memiliki jalan hidup dan strategi yang unik dalam mencapai kesuksesan. Tanpa bermaksud menggurui, seandainya manusia memanfaatkan semua potensi yang tersimpan dalam dirinya, niscaya tak akan tersisa kesempatan bagi perilaku destruktif untuk berkembang merusak hidupnya. Jika kita mampu menguasai hati dan nurani, maka tidak akan ada lagi keraguan yang menghambat langkahnya. Dalam memilih profesi yang kita tekuni pun demikian. Ada banyak pilihan jenis pekerjaan di luar sana, baik yang sesuai dengan norma-norma maupun yang bertentangan. Kita hanya perlu fokus di satu bidang dan membangun keahlian di niche tersebut.

Apa yang menyebabkan memilih profesi yang awalnya mudah tapi waktu mengerjakannya jadi penyebab stress? Kalau menurut teori psikologi, penyebabnya adalah sulit berkonsentrasi pada lebih dari satu persoalan pada waktu yang sama. Kalau dirunut pakai logika, tidak mungkin kita berkhayal dua hal di saat yang sama. Kita pun tidak bisa menghimpun dua perasaan yang kontradiktif satu sama lain. Di luar kemampuan kita untuk bisa bersemangat dalam melakukan sesuatu pada saat yang sama kita juga merasa risau. Jadi galau, beib! Kedua perasaan ini saling bertentangan satu sama lain.

Hukum dasar inilah yang memungkinkan para dokter jiwa yang ditugaskan dalam pasukan perang mampu melakukan hal-hal yang menakjubkan selama perang berlangsung. Saya pernah baca salah satu cerita peperangan selama Perang Dunia II. Waktu dokter tersebut dihadapkan kepada salah satu prajurit yang anggota tubuhnya terkena senjata dalam medan laga, para dokter tersebut menyuruh teman-teman prajurit tersebut agar membuat si prajurit terluka sibuk dengan apa saja. Tujuannya agar tidak sempat merasakan sakit dan berfokus kepada anggota tubuh lain yang masih sehat.

Selain membawa manfaat, tentu saja internet membawa konsekuensi buruk bagi yang tidak bijak berperilaku di internet. Namun demikian, potensi internet sebagai pemberi warna kehidupan masih menjanjikan untuk ditekuni. Internet telah menjadikan manusia XLangkah Lebih Maju dalam menjalani hidup, memilih profesi dan memaknai hubungan antar manusia. Bagaimana dengan Anda, apakah yang telah Anda lakukan untuk menjadi XLangkah Lebih Maju berkat internet? Silakan berbagi pengalaman di kolom komentar.

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

40 thoughts on “Internet Membuat Saya “XLangkah Lebih Maju” Menggali Potensi Diri”

  1. Saya sendiri mengenal internet khususnya blog sejak tahun 2008, kalau cuma sekedar bikin blog sudah lama banget namun ya cuma buat aja… mulai nulis di blogspot sejak tahun 2008 itu… Internet memang membuat orang lebih maju karena laju informasi disini jau lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya…

  2. Pingback: Meninggalkan Bangku SMA Selamanya | The Jombang Taste
  3. Dunia blogging juga membuat saya menemukan diri saya sendiri. Dalam dunia tulis menulis yang selama ini tidak tersalurkan, akan tetapi ini masih hanya sekedar hobi, dan saya belum bisa melihat ini sebagai profesi.

    Untaian kata yang bagus sehingga enak dibaca. Saya link blogg mas Agus di blog saya agar saya bisa terus belajar dari mas Agus

  4. Internet adalah bagian dari kehidupan yang dapat menyediakan informasi2 penting. Semua dapat diakses sesuai keinginan. Tetapi tanpa kita sadari hal-hal yang bersifat negatifpun juga terdapat disini. Hanya satu kuncinya: Menggunakan internet sebagai media untuk menggali potensi dan untuk berbagi.

  5. saya juga mulai ngeblog sejak 2008, tepatnya setelah kantor dipasang internet oleh Pemda (ceritanya kerja di kantor pemerintah ni)…
    dari sekedar iseng sekarang mulai seneng..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *