Keberanian Memikul Tanggung Jawab

Pejuang wanita tangguh
Pejuang wanita tangguh

Nilai seorang pemimpin ditentukan oleh keberaniannya dalam memikul tanggung jawab kerjasama dalam sebuah tim. Seringkali kita mendapatkan kenyataan bahwa begitu banyak pemimpin membebankan tanggungjawabnya kepada bawahan tanpa memperhatikan kemampuan anak buah, tenggang waktu yang sesuai, serta kondisi-kondisi lain yang memungkinkan terselesaikannya sebuah pekerjaan.

Tantangan dunia kerja profesional mengharuskan setiap individu berpikir kreatif serta mampu bergerak cepat memenuhi kebutuhan jaman. Mereka yang bergerak lamban akan tertinggal dan mendapatkan sisa keberuntungan yang ada. Disadari atau tidak, masyarakat kita terlalu banyak menyimpan rasa takut. Ketakutan tersebut pelan tapi pasti mampu mematikan potensi mereka sendiri. Mereka dihantui oleh bayangan kegagalan dan terlalu banyak pertimbangan.

Mereka juga terlalu memaklumi keadaan sendiri. Bukannya mereka melawan ketakutan-ketakutan yang bersarang dalam diri, kebanyakan dari mereka justru mencari pembenaran dan dalih untuk diri sendiri. Mereka tidak sadar bahwa pembenaran yang mereka lakukan selama ini sesungguhnya adalah racun yang menghempaskan ke dalam lubang kegagalan yang lebih dalam lagi. Sesungguhnya mereka terjangkit penyakit mental, penyakit bermalas-malasan dan penyakit mencari alasan.

Pada akhirnya kita semua akan menjalani masa depan berdasarkan keberanian melangkah di masa sekarang. Mereka yang berani memperjuangkan mimpi-mimpinya akan dapat hidup lebih baik di masa depan. Sebaliknya, mereka yang terdiam dan tidak berani mengambil langkah akan hidup dalam kondisi menyedihkan dan memprihatinkan. Semoga artikel ini bisa memberi inspirasi untuk menambah motivasi hidup Anda.

Enjoy blogging, enjoy writing!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

One thought on “Keberanian Memikul Tanggung Jawab”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *