Manfaat Blogging Bukan Hanya Meningkatkan Traffic Website

Blogging bukan hanya usaha meningkatkan traffic blog. Lebih dari itu, Anda bisa membangun relasi dengan orang-orang baru, meningkatkan kemampuan diri dan mendapatkan berbagai peluang emas.

Pada awal-awal ngeblog, saya pastikan sebagian besar blogger pemula melakukan blogwalking untuk meninggalkan komentar ke sebanyak mungkin blog tetangga. Tujuan utama adalah mendapatkan kunjungan balik sekaligus mendapatkan backlink dari blog do follow. Tapi tahukah Anda bahwa blog commenting bukan cuma acara jalan-jalan lintas blog dan bertegur sapa dengan kenalan baru?

Meningkatkan Kemampuan Diri

Dengan rajin ngeblog, entah artikel Anda menarik kunjungan maupun tidak, tanpa sadar Anda telah melakukan banyak hal. Tiap tiga hari sekali diburu deadline harus menerbitkan artikel baru. Mungkin hal ini pada mulanya terasa sebagai sebuah siksaan. Duh, ngapain juga ribet-ribet cari bahan tulisan. Kan nulis artikel nggak dapat bayaran.

Bagi yang tertantang dengan keadaan ini, dia akan berjuang menambah pengetahuan baru. Entah melalui buku cetak, surat kabar, majalah, portal berita maupun referensi dari blog lain. Secara nggak langsung perlahan-lahan Anda telah meningkatkan kemampuan diri. Dari yang nggak ngerti apa-apa jadi sedikit tahu tentang satu hal.

Membangun Relasi Baru

Karena terlalu sering bertegur sapa melalui blog, boleh jadi Anda memiliki kecocokan minat dengan seseorang dan berlanjut dalam hubungan tatap muka. Ini bukan isapan jempol. Banyak peristiwa seru terjadi waktu kopdar dan memberikan kesan yang berbeda dibanding chit chat melalui internet.

Berkenalan dengan orang-orang baru berarti masuk ke dalam lingkungan baru. Ini artinya Anda memperoleh social circle baru dan lebih luas dari semula. Nggak harus punya obsesi jadi artis ngetob dalam hal ini, namun dengan banyaknya orang yang mengenal Anda merupakan moment bagus untuk promosi potensi diri.

Blog commenting bukan hanya datang berkunjung lalu meninggalkan komen seadanya dengan url blog tertarget. Kalau komentar Anda bagus dan memberi manfaat bisa dipastikan yang punya rumah tertarik berkunjung balik. Asal jangan nulis komen spam ataupun ngejunk, kalau yang ini siapapun bakal males berkunjung balik. Bisa-bisa url blog Anda dihilangkan saat moderasi dari admin blog.

Selain dua hal di atas, ada yang mau menambahkan manfaat lain dari kegiatan ngeblog?

Bagikan artikel ini melalui:

22 Replies to “Manfaat Blogging Bukan Hanya Meningkatkan Traffic Website”

  1. Banyak blogger yang belum sadar tentang ini, termasuk saya 😀
    selama ini saya blogwalking dan comment hanya sekedar mengharap kunjung balik dan backlink, ternyata…. Haha 😀

  2. Makasih mas, menyadarkan saya atas sebagian besar alasan kenapa mau ngeblog.
    Ini juga buat “pembelaan” kalau ada orang sekitar nanya tg kesibukan depan kompi 😀

  3. Satu lagi, dengan ngeblog, kita malah bisa mendalami berbagai topik yang mau kita angkat sebagai postingan/artikel. Biasanya kan sebelum nulis, kita melakukan survei dulu (sok mau mendalami, biar nanti kalau ditanya di kolom komentar nggak keliatan oon..hihihi). Kalau nggak ya ujicoba berkali-kali (jika yang mau ditulis bersifat teknik). Dari situ, lama-lama kita bisa menjadi ahli pada satu/beberapa topik yg sering kita angkat 🙂

  4. setuju bro. Yang penting blogger juga harus ikhlas dalam memberikan informasi kepada orang lain, ikhlas dalam blog walking dan berkomentar, dll. Jika semua didasari ikhlas maka tidak akan mencak-mencak jika kunjungannya tidak dapat kunjungan balik. Yang penting bangun kwalitas diri, kreatif dan tetap nyaman bagi visitornya

  5. salam kenal dlu ah 😀

    bisa jg buat ajang promosi,,,misal untuk postingan tmpat2 wisata yg spa tw blm prnh anda knjungi atau bahkan postingan tntang pelajaran atau mata kuliah yg anda pelajari,,bagi2 ilmu deh hehehheh 😀

  6. Karena belum bisa nulis mau gak mau harus banyakin referensi dari mana saja. Jadi inget waktu mau posting 1 artikel diawal ngeblog, saya sampe beli 2 buku. Tapi saya puas, walaupun postingan sendiri biasa aja. Silahkan tengok mas tulisan saya “Belajar Bisnis Itu Mahal”. Terima kasih.

  7. Setju sekali. saya juga merasakan itu. Dari awal saya sudah berpikir bahwa kolom comment bukan hanya sekedar say hello untuk dapat kunjungan balik, tetapi juga sarana belajar untuk mengasah kemampuan kita untuk mengulas sebuah artikel. Dan tidak mungkin para pembaca yang lain akhirnya tertarik ngunjungin blogg kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *