Membangun Kesadaran Relatifitas Waktu

Awal tahun ini rutinitas saya terasa berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Label fulltime blogger ternyata membawa konsekuensi pada beberapa hal. Dan ini butuh penyesuaian diri yang nggak mudah. Memang benar saya hampir tidak pernah menjejakkan kaki ke halaman tetangga. Hampir semua proses kerja saya lakukan di dalam kamar. Namun itu bukan berarti saya bisa tidur-tiduran 24 jam. Mulut diam tapi tangan dan pikiran tidak pernah berhenti bergerak.

Dan setiap awal tahun seperti saat ini kita alami (mungkin sudah agak telat ya, sudah seminggu yang lalu) saya berusaha membangkitkan kembali kesadaran saya tentang waktu, cara mengelola dan cara menikmatinya. Setiap orang mempunyai cara yang berbeda-beda dalam menikmati waktu, tergantung karakter, falsafah dan prinsip hidup yang dipegang. Oleh karena itu, setiap orang mempunyai standard yang berbeda dalam memaknai waktu dan kehidupan.

Disiplin Waktu: Membangkitkan Keasadaran Relatifitas Waktu

Saya teringat salah satu pernyataan Anis Matta. Tidak semuanya bagus sih, tapi ada beberapa hal yang patut dicermati. Jika kita memaknai hidup sebagai pertanggungjawaban, maka waktu adalah masa kerja. Waktu adalah kehidupan itu sendiri. Pemahaman ini sedikit banyak akan memaksa kita untuk tetap aktif bergerak. Jika berdiam diri berarti membuang kesempatan emas. Ini tak jauh beda dengan pemikiran sebagian masyarakat abad pertengahan yang menganggap bekerja adalah sebagai salah satu bentuk hukuman bagi Adam dan Hawa ketika diturunkan ke bumi.

Pertanggungjawaban Akhirat

Sedangkan orang-orang yang beriman membagi waktu dan kehidupan kedalam waktu dunia dan waktu akhirat. Inilah dua sistem waktu yg sama sekali berbeda. Waktu dunia adalah waktu kerja, sedangkan waktu akhirat adalah waktu pertanggungjawaban dan pembalasan atas nilai waktu kerja di dunia.

Waktu kerja di dunia mengharuskan kita memaknai setiap satuan waktu sebagai satuan kerja. Satu unit waktu harus sama dengan satu unit amal. Dengan kata lain satu unit waktu sama dengan satu unit kerja. Hal ini membuat hidup kita menjadi padat sepadat-padatnya, nilai waktu terletak pada isinya, yaitu bekerja.

Tidak ada hal yang paling tidak bisa dipertanggungjawabkan dalam hidup orang yang beriman selain waktu luang. Inilah hidup yg tidak terencana. Waktu luang lahir dari pikiran dan jiwa yang kosong yang tidak punya daftar pekerjaan yang harus dieksekusi. Bisa ditebak, hidup mereka longgar tak bernas. Sebaliknya, mereka yang punya daftar pekerjaan untuk dieksekusi menempatkan waktu sebagai sumber daya tak tergantikan. Karena itu tidak boleh terlewat tanpa nilai.

Bagaimana cara Anda mengisi waktu dan kehidupan? Silakan berbagi di kolom komentar.

57 Replies to “Membangun Kesadaran Relatifitas Waktu”

  1. Musti banyak bikin skala prioritas, karena waktu terbatas sedangkan pekerjaan cukup banyak. Salah prioritas bisa membuat banyak waktu makin banyak terbuang

    1. Ikutan mas Lutvi Avandi deh…. Waktu yang utama adalah ibadah dan salah satu/dua/tiga ibadah adalah Sholat dll, kerja, menafkahi anak istri (bersama2 membangun keluarga) dan sekarang nge-blog tentunya….

      1. iya, setuju dengan mas tony, kadang kita lupa hanya menetapkan skala prioritas hanya dengan urusan dunia.

        padahal dengan kembali ke fitrah kita, maka segala urusan akan lebih mudah.

  2. memang kita harus memperhatikan waktu sob,,baiklah di tahun 2011 ini mari kita coba untuk disiplin lagi.. 🙂

  3. Setuju. Waktu adalah satu-satunya sumber daya yang tak bisa tergantikan, dan hanya waktulah yang dibagi rata dari sang Pencipta bagi semua manusia.

    Skala prioritas? Lanjuut! 🙂

  4. Waktu saya=malas
    malas saya=sadar
    sadar saya=penyesalan
    penyesalan saya=berubah
    berubah saya=memanfaatkan waktu yang terbuang percuma waktu itu untuk nge-game diubah untuk nge-blog… 😀

  5. waktu sebagai sumber daya tak tergantikan
    jadi bahan perenungan saya nih…banyak waktu yang terbuang sia-sia di tahun2 seblmnya
    moga tahun ini bisa jadi titik balik awal yang baik

  6. Alangkah baiknya jika waktu kita digunakan untuk aktifitas yang mewakili

    1. Olah Fikir

    2. Olah Dzikir

    3. Olah Raga

    Saya rasa ketiga kebutuhan itulah yang harus di manage dalam waktu hidup kta.

  7. Waktu memang sangat berharga bagi saya, jam tangan pun saya pakai disebelah kanan karena penghargaan saya terhadap waktu. Goal saya mengawali tahun ini adalah membuka Rumah Nutrisi serta membuat satu usaha lagi di kampung halaman, tinggal menunggu waktu serta dana yang tersedia. Doakan semoga berjalan lancar ya Mas. 😛

  8. Sampai sekarang aku belum bisa memenej waktuku dengan sempurna, kabanyakan aku biarkan berjalan dengan apa adanya . Skala prioritas memang bagus dan perlu, namun itu untuk jangka pendek (sehari, seminggu dan paling lama sebulan) namun untuk menej waktu seumur hidup 😕 itu perlu perjuangan keras serta disiplin :mrgreen:
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  9. wah, pertama kalinya saya nongkrong dimari, salam kenal mas!!
    numpang komen aja dah.., 🙂
    blog emang bikin kecanduan (udah kayak narkoba aja), tapi jadi seorang blogger gak harus menganut paham anti-social kan mas?? wkwkwkwkwk…
    Kalo saya akhir2 ini juga lumayan sering menghabiskan waktu dengan mempekerjakan tangan dan pikiran saya didepan sebuah monitor laptop, tapi entah kenapa jari – jari saya tersebut seakan menari dengan luwesnya diatas keyboard mengikuti arahan dari sang koreografer yaitu otak saya yang gak bisa menahan nafsunya untuk membuat buah pikirannya menjadi sebuah tulisan…
    meskipun gak semua saya tuangkan di blog sih…hehehe
    nyari tahu semua rahasia yang ada dunia ini, hal2 yang blum pernah saya dengar dan lainnya juga menjadi pengisi beberapa waktu luang saya akhir – akhir ini…
    pokoknya, banyak banget hal yang bisa saya lakukan untuk mengisi waktu luang, mekipun hanya berkutat di pemukiman pc dan buku saja…akakakaka!!

  10. 2ne1 Excellent read, I just passed this onto a friend who was doing some research on that. 2ne1 And he just bought me lunch because I found it for him smile Therefore let me rephrase that Thanks for lunch!

  11. Somebody essentially help to make seriously articles I would state. This is the very first time I frequented your web page and thus far? I amazed with the research you made to make this particular publish incredible. Magnificent job!

  12. Hello there Can you tell me precisely what template it is your working with for the site? we have tried to use shopperpress to market acne products and solutions but i cannot manage to convert my traffic with it here is a sample of a acne product i am advertisingIn the event you might sent me a link to your developer or style provider that would be great, ill actually throw in a link for your site for helping me outCheers Anna

  13. Hey there Can you explain to me exactly what template it is your working with for your site? i have experimented with to use shopperpress to promote acne products and solutions however i cannot manage to convert my traffic with it here is a sample of an acne product we are offeringIn case you could sent me a web link to your developer or style supplier that would be excellent, ill actually throw in a link for your site for helping me outBless you Anna

  14. Hello there Could you explain to me precisely what template it is your working with for the blog? we have used to use shopperpress to advertise acne solutions but i can’t manage to convert my visitors with it here is a sample of an acne product i am marketingIf you could sent me a web link to your developer or theme company that would be wonderful, ill actually throw in a backlink for your site for helping me outThank you Anna

  15. I’m not sure exactly why but this website is loading extremely slow for me. Is anyone else having this problem or is it a problem on my end? I’ll check back later and see if the problem still exists.

  16. Terima kasih webmaster untuk suatu posting blog yang bermakna . Saya terkesan dengan pandangan Anda pada Membangun Kesadaran Relatifitas Waktu | Catatan Motivasi Blogging Indonesia.

  17. Hello everyone. I was just surfing the Internet for fun and came upon your website. Terrific post. Thanks a lot for sharing your experience! It is good to know that some people still put in an effort into managing their websites. I’ll be sure to check back from time totime.

  18. Excellent put up, very informative. I wonder why the other specialists of this sector don’t understand this. You must proceed your writing. I am sure, you’ve a huge readers’ base already!|What’s Going down i am new to this, I stumbled upon this I’ve discovered It absolutely useful and it has aided me out loads. I hope to give a contribution and aid different users like its helped me. Good job.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *