Membuat Diagram Dan Chart Wizard Program Komputer Microsoft Excel

Gambar 6.13 Fungsi Produksi Dalam Pandangan Ekonomi Mikro IslamiHai blogger Jombang! Kita bertemu dalam artikel tips dan trik belajar komputer dengan mudah dan cepat. Artikel ini akan menjelaskan pengenalan diagram dan chart wizard program komputer Microsoft Excel. Presentasi laporan atau lembar kerja dengan tampilan sederetan angka-angka ternyata tidak mudah dipahami. Presentasi dalam bentuk chart atau diagram dapat digunakan untuk menggambarkan perkembangan atau perubahan data dari waktu ke waktu secara lebih efektif.

Microsoft Excel menyediakan fasilitas penyajian diagram dengan mudah dan memiliki banyak tipe chart. Anda dapat dengan mudah mengubah dan menghubungkan data Anda menjadi sebuah diagram yang cukup dinamis untuk digunakan dalam presentasi atau laporan. Manfaat ini akan banyak membantu para pekerja kreatif ketika mereka menyajikan data presentasi di hadapan calon mitra kerja.

Anda dapat membuat diagram pada lembar kerja yang terpisah dengan worksheet yang memuat data sumber pembentuk diagram namun masih tetap tetap pada workbook yang sama. Walaupun letaknya terpisah, Anda tetap dapat mengakses diagram dengan mudah. Selain itu, Anda dapat mencetak diagram tersebut secara terpisah. Anda juga dapat meletakkan diagram yang Anda bentuk pada worksheet yang sama dengan sumber datanya.

Untuk membuat diagram pada worksheet, pilihlah data yang ingin Anda gunakan sebagai sumber data diagram. Kemudian tekan tombol Chart Wizard pada toolbar Standard. Jenis diagram yang Anda buat sangat tergantung pada data yang Anda pilih. Pilihan data hanya dapat diisi rangkaian data atau data series dalam diagram, baik satu kolom data, atau beberapa rangkaian data, beberapa baris atau kolom. Pilihlah tampilan diagram yang menarik sehingga presentasi Anda tidak membosankan audiens.

Sebelum membuat diagram pada lembar kerja Excel, kenali dulu nama-nama bagian diagram. Diantaranya adalah value axis (Z), grid lines, walls, chart title, data point, data labels, data series, legend, value axis title, series axis (X), series axis title, floor, plot area, chart area, category axis (Y), dan category axis title. Untuk penjelasan lengkapnya, silakan lihat gambar.

Semoga artikel belajar komputer kali ini bisa berguna untuk Anda. Ayo lebih bersemangat belajar komputer!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *