Menciptakan Personal Branding Statement Dalam Waktu 15 Detik

Setiap blogger, pebisnis online, freelancer online dan pekerja internet lainnya memiliki kebutuhan agar dikenal oleh orang lain. Percuma punya kemampuan hebat kalau tidak bisa membangun jejaring sosial dengan pengguna internet lainnya sehingga potensi tersebut memberi manfaat. Oleh karena itu, kita membutuhkan cara ‘menjual diri’ di internet dalam waktu singkat. Kita seharusnya memiliki identitas diri yang unik dan membedakan dengan blogger lainnya. Hal ini disebut juga dengan Unique Selling Proposition (USP) sebagai bagian dari personal branding building Anda.

USP bisa dihadirkan melalui teknik repetisi (pengulangan kata-kata) secara teratur melalui gaya penulisan blog. Misalnya Anda punya blog pribadi dan tertarik dunia marketing. Ya sudah, Anda tidak perlu bingung mencari topik blog. Bahas saja dunia marketing beserta seluk-beluknya dari A sampai Z. Cara ini membutuhkan waktu relatif lama. Anda harus rajin menulis artikel marketing supaya ingatan pembaca melekat dan menganggap Anda sebagai marketer andal.

Tapi bagaimana kalau Anda nggak punya banyak waktu menulis dan ingin segera dikenal memiliki personal branding. Untuk cara yang satu ini, saya belajar dari Febe Chen, salah satu pakar pengembangan diri yang sudah membantu banyak klien menemukan kesuksesan karir mereka. Febe Chen mengajarkan agar kita bisa membuat personal branding statement secepat mungkin ketika berkomunikasi dengan orang lain, khususnya calon klien atau pembaca blog. Tujuannya bukan untuk pamer, tetapi agar memiliki posisi unik di mata mereka.

Menciptakan Personal Branding Statement Dalam Waktu 15 Detik
Menciptakan Personal Branding Statement Dalam Waktu 15 Detik

Menentukan USP Melalui Pemilihan Tagline Website

Dalam dunia blogging, membangun USP dalam 15 detik bisa dilakukan melalui tagline website. Apakah yang dimaksud dengan tagline? Bahasa sederhana tagline blog adalah semboyan atau motto yang dipakai untuk menjelaskan identitas diri. Untuk blog Catatan Motivasi Blogging Indonesia ini, saya memakai tagline ‘Enjoy Blogging, Enjoy Writing!‘ sebagai identitas diri. Apakah alasan pemilihan tagline tersebut? Nggak ada. Alasannya klise, cuma pengen aja 🙂 Saya merasa sreg dengan kata BLOGGING dan WRITING, jadi saya ambil mudahnya saja dengan mencomot sebagai tagline blog ini.

Unique Selling Proposition (USP) sebuah website nggak harus pendek. Ada kalanya sebuah situs komersil memakai USP sebuah kalimat singkat (meski singkat tapi panjang) yang menjelaskan visi dan misi mereka. Contoh:

Profesional freelance writing terbaik di Indonesia, menyajikan konten unik dan fresh, dan menghadirkan limpahan traffic website Anda.

Singkat kata, membuat USP dalam 15 detik adalah cara yang bisa Anda pakai untuk mencegah pengunjung website keburu kabur dari halaman yang mereka baca. Lebih dari itu, mereka akan tertarik mengetahui lebih lanjut website Anda.

Seringkali kita perlu proses trial and error agar USP didapatkan dan memberi respons terbaik di mata pengunjung. Jika tagline A tidak mempan, jangan ragu memakai tagline B atau C yang lebih mujarab dalam menyedot perhatian pengunjung. Meski demikian, tagline tersebut jangan beda terlalu jauh, minimal harus ada benang merah terkait topik atau niche blog yang Anda pilih. Karena kalau bedanya terlalu jauh, pengunjung setia Anda akan bingung memberi label atau identitas blog. Dan itu adalah salah satu blunder yang sifatnya unforced error.

foto jonas sulzbach mister brazil 2010 dan miss brazil 2010
foto jonas sulzbach mister brazil 2010 dan miss brazil 2010

Nah, itulah sedikit pengetahuan yang bisa saya bagi tentang personal branding building melalui pemilihan Unique Selling Proposition. Semoga artikel ini berguna bagi Anda dalam membangun konten website dan mengembangkan situs penjualan untuk hasil optimal. Bagaimana dengan Anda, apakah sudah memiliki tagline website? Lalu, seberapa besar pengaruh yang telah Anda dapatkan selama ini melalui pemilihan tagline tersebut?

Enjoy Blogging, Enjoy Writing!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

30 thoughts on “Menciptakan Personal Branding Statement Dalam Waktu 15 Detik”

  1. Baru dengar istilah USP ini mas, dan terima kasih karena di dalam artikel juga dijelaskan caranya menggunakan USP ini melalui pemilihan tagline website. Sukses mas.

  2. Konsep awal sebuah blog memang harusnya begini. Mempunya tagline yang jelas, seperti halnya blog ini yang ber-tag line-kan enjoy blogging, enjoy writing. Tapi kadang blogger juga punya idealisme mas, yaitu menciptakan tagline sendiri – yang kadang artinya gak jelas – tapi itu mendongkrak ke-pede-an dan identitas diri. Kalau kasusnya begitu, gimana kira-kira ya?

    Ada pendapat yang lain?

  3. I need to say, as very much as I enjoyed reading what you had to express, I couldnt support but lose interest following a while. Its as should you had a good grasp on the subject matter matter, but you forgot to include your readers. Perhaps you should think about this from more than one angle. Or perhaps you shouldnt generalise so much. Its far better if you take into consideration what others may have to say rather than just going for the gut reaction for the theme. Consider adjusting your own thought procedure and giving other people who may study this the benefit of the doubt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *