Jangan Berhenti Menggali Mata Air Kreatifitas

Kreatifitas adalah sesuatu yang harusnya ada dalam setiap orang yang mau melakukan sesuatu, baik di dunia nyata maupun di internet. Kreatifitas itu seperti mata air, jangan biarkan sumbernya ikutan mengering. Agar tetap berair, mestinya kita bersedia menggali terus sumber tersebut hingga menemukan mata air cinta, eh mata air kreatifitas.

Dalam dunia blogging, kreatifitas seringkali menjadi hal penting yang membedakan satu blogger dengan lainnya. Mustahil seorang blogger bisa terus eksis dan berkembang tanpa menciptakan sesuatu yang baru setiap harinya. Sekecil apapun kreatifitas tersebut, syukuri ajalah. Senorak apapun posting Anda, pede ajalah. Nggak mustahil dari situ akan tercetus ide brilyan berikutnya.

Berpikirlah kreatif setiap hari, setiap jam, setiap menit bahkan setiap saat. Kreatifitas bisa datang dari mana saja, dari siapa saja dan dari apa saja. Seringkali ide kreatif itu muncul dari interaksi dengan sosial dengan kawan-kawan lain, baik dunia nyata maupun dunia maya. Interaksi itupun nggak selalu berupa pengalaman yang menyenangkan. Bahkan hujatan, kritikan dan makian bisa jadi sumber kreatifitas baru.

Menggali Mata Air Kreatifitas

Original Nggak Harus Jadi Yang Pertama

Kreatif seringkali identik dengan kata orisinil. Dan memang nggak mudah menunjukkan sesuatu yang orisinil atau baru sama sekali. Bisa saja dia adalah hasil poles sana poles sini pada karya yang telah ada plus ditambahi ide sendiri. Dalam hal blogging, bagi saya hal ini nggak masalah. Orang berkomunikasi adalah hal yang wajar, apalagi kalau informasi yang didapat bisa menancap ke otak dan melahirkan ide baru. Itulah yang membedakan kita dengan Tarzan si manusia hutan dalam hal mengolah informasi.

Nah, pertanyaannya kemudian, bisa nggak ya kita memiliki kemampuan kreatif? Apakah kreatif itu cuma dimiliki orang-orang tertentu? Saya yakin setiap orang punya sisi kreatif, hanya saja dalam kadar (kualitas dan kuantitas) yang berbeda-beda. Sebenarnya kalau kita berani tampil berbeda, nggak peduli berbeda dalam hal kebaikan atau kejelakan, itu berarti kita memiliki kreatifitas.

Tak jarang kreatifitas baru muncul saat kita berada di lingkungan atau suasana yang mendukung kelahiran ide. Misalnya dengan mengikuti seminar menggali ide kreatif, membaurkan diri dengan orang-orang kreatif dan tentu saja mengkondisikan diri sebagai orang kreatif. Nah, buat yang belum daftar acara seminar gratis menggali ide kreatif bersama IBMT International University, jangan lewatkan kesempatan kali ini ya. Be creative with your own world!

Enjoy Blogging, Enjoy Writing!

30 Replies to “Jangan Berhenti Menggali Mata Air Kreatifitas”

  1. Mas agus, saya udah kontak dengan mbak Asria [@asriadiastra](ngasal ne) hehehe

    Saya juga kadang2 lemot dalam menggali ide tulisan yang kreatif khususnya dengan niche yang saya bidik sekarang yaitu “marketing bisnis”. Semoga saja tidak ada halangan nanti saya bisa ikutan acara IBMT.

    Tapi mas, saya disuruh posting tulisan, maksudnya tulisan spt apa itu ya mas?

  2. Kreatifitas bisa juga dianalogikan ATM ya mas… Amati, Tiru dan Modifikasi.. Tidak harus original asal disebutkan sumber inspirasinya..

  3. Dengan berbagai cara yang mudah-mudahan baik dan benar, saya pun mencoba menggali ide yang lebih kreatif berkaitan dengan yang sedang dijalani saat ini. Semoga!
    Tulisan Mas Agus ini jua memotivasi untuk lebih kreatif lagi dan akan muncul beberapa tulisan dari sini di beberapa blog yang sedang saya garap ๐Ÿ™‚
    Jazakallah!

  4. ide kratif hanya perlu sentuhan menarik, tambahan fungsi, pelengkap, dan marketing yang baik, agar terlihat lebih “fresh” dan “baru” daripada pendahulunya yang pernah ada.

  5. Memang kreatifitas serta ide-ide menulis sangatlah diperlukan apabila kita ingin menjadi seorang blogger yang eksis. Namun bagi saya itu bukanlah merupakan sebuah masalah karena sangat banyak sekali bahan-bahan tulisan yang dapat dituangkan kedalam sebuah blog. Berpikir simpel aja, selama kita hidup dan menjalani hidup maka selama itu pula kita akan memperoleh bahan untuk membuat tulisan. Benar apa benar? Thanks for share bro…

  6. Setuju dengan komen Bung Dhany. Salah satu bentuk kreatifitas aadalah dengan teknik ATM. Tapi, terus-terusan ATM tentu tidak bagus juga. ATM hanyalah langkah awal, setelah itu harus mencoba membuat kreativitasnya sendiri.

  7. I am not sure where you are getting your info, but great topic. I needs to spend some time learning more or understanding more. Thanks for excellent info I was looking for this information for my mission.

  8. Saya terkesan membaca seperti cerita yang kuat tentang Menggali Mata Air Kreatifitas | Catatan Motivasi Blogging Indonesia. Saya akan posting link di situs kupon saya untuk posting blog ini . Aku akan kembali untuk membaca lebih.

  9. Thanks for making the effort to speak about this, Im fervently about this and I appreciate learning this subject. Make sure you, as you acquire information, make sure you revise this website with increased info. Ive found it very useful. There has to be charging stations everywhere.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *