Menghadapi Trend Dunia Blogging Yang Terus Berkembang

Setiap blogger hendaknya menyadari bahwa tidak ada yang pasti dalam pergaulan antar blogger. Dunia blogging dan pergaulan dunia maya selalu berubah. Ada saatnya satu topik ngeblog mengalami lonjakan besar dalam hal jumlah pencarian di internet. Bisa pula mendadak dalam satu tahun trend mengalami perubahan dan mempengaruhi perilaku masyarakat dalam mengakses informasi internet.

Bagi Anda yang menjadikan blogging sebagai salah satu sumber penghasilan, atau bahkan fulltime di bisnis internet, kegiatan menganalisa kebutuhan pasar adalah salah satu hal yang wajib dilakukan. Jangan sampai kita tertipu oleh analisa semu dan melakukan kesalahan dalam mempromosikan produk atau jasa yang dipasarkan melalui internet.

Salah satu website menarik yang pernah saya baca adalah Occupational Outlook Handbook. Web ini menyebutkan bahwa profesi di bidang keuangan, asuransi, dan jasa pelayanan masyarakat telah berkembang sangat cepat dibanding masa-masa sebelumnya. Sebaliknya, artikel yang diterbitkan oleh Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat ini menyatakan bahwa banyak pengamat kurang optimis dengan perkembangan pasar kerja bidang manufaktur, retail, dan grosir.

Menghadapi Trend Dunia Blogging Yang Terus Berkembang
Menghadapi Trend Dunia Blogging Yang Terus Berkembang

Riset Profesi Baru Bukan Hal Tabu

Anda boleh tidak setuju dengan pernyataan website tersebut. Saya sendiri pun tidak bisa langsung menjadikannya sebagai pedoman dalam menekuni profesi fulltime blogger. Namun ada satu saran menarik yang terngiang-ngiang di kepala saya. Salah satu poin menyarankan kita untuk melakukan riset pada profesi tertentu yang menarik perhatian kita, sebelum kita beralih ke profesi yang baru.

Pindah profesi bukanlah hal yang tabu selama kita tahu trend bisnis apa yang menarik pada satu waktu di daerah tertentu. Jadi, pada saat Anda kehilangan pekerjaan, atau ketika posisi Anda sudah mentok, maka jangan ragu berganti profesi yang bisa memberi kesempatan yang lebih besar dan kehidupan yang lebih baik. Tekunilah ilmu dan keahlian baru yang dapat mendukung kita ke arah yang lebih baik.

Artikel ini sekaligus menjawab pertanyaan beberapa kawan blogger pemula mengenai peluang menekuni profesi blogger, pebisnis online, online freelancer, dan beragam pekerjaan lain yang berhubungan dengan internet. Jujur harus saya katakan, blogging itu tidak semudah yang Anda lihat. Anda tidak bisa langsung berharap mendapatkan uang saat baru bangun web semalam suntuk.

Kesuksesan dan kegagalan memiliki peluang yang sama untuk hadir dalam hidup kita. Selama kita tidak takut menjalani proses, semua akan berjalan baik-baik saja. Bahkan para motivator terkenal sepakat bahwa proses itu lebih terasa indah daripada tujuan akhir. Dan sejauh ini saya bisa menikmati kegiatan blogging tanpa mengalami ketakutan yang berlebih akan kehidupan. Jadi, bersiaplah dengan segala perubahan di dunia blogging dan tetap fokus membangun kemampuan.

Enjoy blogging, enjoy writing!

Bagikan artikel ini melalui:

29 Replies to “Menghadapi Trend Dunia Blogging Yang Terus Berkembang”

    1. Kalau yang namanya proses pasti banyak akan sulit melewatinya bro seperti kata Mas Agus bahwa blogging itu tidak semudah yang Anda lihat 😉

      1. PROSES…. sulit untuk bisa menikmatinya,selama belum menghasilkan tapi gampang diucapkan atau dituliskan.
        Pe-NIKMAT-an proses ditandai dengan tidak adanya di diri kita menjadi kutu loncat.
        Tapi sebagai Blogger Pebisnis kita harus memiliki feeling bisnis yang akan membawa kita ke arah kebebasan finansial. Kebebasan finansial bukanlah satu-satunya, tapi dengan bebas finansial akan banyak membantu kita kepada kebebasan lainnya.
        Setelah kita melakukan riset terhadap feeling bisnis kita… maka kutu loncat-pun jangan malu untuk kita sandang.
        Dan yang penting setelah jadi kutu loncat harus fokus, konsisten dan terus belajar.

  1. Dunia blogging tidak seramai dulu. Sekarang sudah pada bosan nulis. Mending main facebook aja. Hahaha.

  2. Dunia blogging adalah dunia maya bisa kita wujudkan persahabatan dengan jalur yang nyata, tergantung dari blogger tsb, apa blogging untuk mencari pertemanan atau hanya mencari bisnis belaka..wasalam

  3. untuk mempertahankan existensi bertahannya suatu blog emnglah tidak mudah,, butuh kreativitas dan inovasi,,agar pengunjung tetep bertahan slalu me lirik blog yg kita bangun,,tapi ini bagi blog yg mmg untu komersil,,kalau blog yg isinya untuk saling share pengalaman dan pengetahuan cukuplah hanya sering2 blogwalking dan update postingan,, biasanya pengunjung setia akan tetep hadir..salam blogger…

  4. kalau menurut saya mas, persaingan di dunia maya jauh lebih ketat bila dibandingkan dengan persaingan bisnis di dunia nyata…

    coba anda bayangkan,,di dunia nyata untuk membeli/ menyewa sebuah tempat untuk berdagang kira-kira berapa….nah kalau didunia maya paling banter $50, itupun buat beli hosting ma domain…

    fultime blogger…kepikiran sih mas, tapi saya belum menginjakkan kaki didunia marketing..

  5. Benar Mas, tanpa rajin mencari tau perkembangan dunia blogging, lalu mengambil tindakan yang tepat, mengadopsi teknik-teknik dan strategi baru kita akan tertinggal dan ditinggalkan. Bila perlu putar haluan, ini butuh perhitungan yang analitis untuk meminimalisir resiko.

  6. oke sangat setuju mas kalau prinsipnya pragmatis dan keuntungan pasti kita perlu riset pasar, tapi bukankah kita menulis tidak sekedar mencari keuntungan pragmatis semata, tetapi bagaimana kita bisa memberikan sesuatu yang bermamfaat kepada banyak orang.

  7. Yang sulit itu meyakinkan diri bahwa kesuksesan itu adalah bukanlah tujuan akhir, tapi justru di sepanjang perjalanan itu sendiri. Jadi, setiap hari kita bisa sukses, tapi juga bisa gagal. Mencerahkan, Pak!

  8. Untuk bertahan dalam dunia apapun, kita harus mengikuti perkembangan. Apalagi di dunia blogging yang perubahannya cenderung cepat. Jadi kalau mau bertahan ya terus belajar dan belajar. Jangan bosan. Dengan praktek tentunya.

  9. Yang diimpikan blogger pemula kebanyakan bukan hobi, tapi memaksa memahami konten laris yang mereka angkat. Padahal minat & tema blogging semua porsi hampir sama. Intinya sabar, tekuni apa yang kita sukai, toh nantinya duit nabok sendiri 🙂

  10. I have been surfing online more than 3 hours today, yet I never found any interesting article like yours. It is pretty worth enough for me. In my view, if all web owners and bloggers made good content as you did, the web will be a lot more useful than ever before.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *