Upacara Adat Larung Sembonyo Warga Pesisir Pantai Prigi, Trenggalek, Jawa Timur

Upacara adat larung sembonyo merupakan tradisi yang dilakukan oleh para nelayan di daerah pesisir Pantai Prigi Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur. Dalam tradisi ini masyarakat melarung tumpeng berukuran besar yang berisi nasi kuning ingkung lengkap dengan dibawa ke tengah pantai. Sebelum tumbang dilarungkan atau dihanyutkan di laut warga terlebih dahulu menggelar ritual khusus.

Dengan diadakannya tradisi larung sembonyo ini diharapkan hasil tangkapan ikan akan membawa berkah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Warga berharap diberi keselamatan saat melaut nelayan. Mereka berharap terhindar dari bencana atau pun marabahaya dengan adanya sedekah larung tumpeng ini.

Upacara larung sembonyo sering diadakan di daerah pantai-pantai di Jawa Timur, khususnya di Pantai Prigi. Dalam upacara adat tersebut seluruh nelayan dan sesepuh mengenakan pakaian ada. Upacara ini merupakan bentuk syukur atas rezeki dari menangkap ikan di laut dan juga merupakan bentuk penghormatan kepada para leluhur penunggu pantai.

Bagikan tulisan ini:

12 Replies to “Upacara Adat Larung Sembonyo Warga Pesisir Pantai Prigi, Trenggalek, Jawa Timur”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *