Bale Sawah, Wahana Baru Wisata Alam Bale Tani di Jombang

Liburan seru ke tempat wisata agrowisata Bale Tani di Serning Banjaragung Bareng Jombang
Liburan seru ke tempat wisata agrowisata Bale Tani di Serning Banjaragung Bareng Jombang

Wisata Edukasi Bale Tani Jombang makin cantik bersolek diri. Penulis masih ingat, awal Agustus 2017 lalu penulis berkunjung ke tempat wisata di Jombang tersebut masih sepi peminat. Saking sepinya, bahkan penulis tidak perlu membayar tiket masuk obyek wisata Bale Tani dan biaya parkir. Penulis bisa keluar masuk tempat wisata Bale Tani dengan bebas di Dusun Serning Desa Banjaragung Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur. Itu dulu, sekitar delapan bulan lalu. Suasana tenang sangat terasa di lokasi obyek wisata di Jombang tersebut.

Tapi kini wisata edukasi Bale Tani telah berhasil menyedot perhatian wisatawan Jombang dan sekitarnya secara cepat berkat teknologi internet. Internet membantu banyak warga untuk mengakses sosial media. Beragam sosial media menjadi ajang pembuktian eksistensi diri mereka saat melakukan traveling ke berbagai obyek wisata di Jombang. Meningkatnya minat kunjungan wisatawan ke Bale Tani disambut pengelola Bale Tani dengan menambah wahana baru yang bernama Bale Sawah. Bale Sawah kini banyak dikunjungi wisatawan lokal, baik yang berasal dari Jombang maupun kota-kota lain di Jawa Timur.

Bale Sawah adalah spot kunjungan terbaru dari obyek wisata Bale Tani yang baru dibuka untuk umum pada awal Februari 2018 kemarin. Penulis telah berkunjung ke Bale Sawah pada Minggu, 4 Maret 2018 lalu. Ibaratnya, Bale Sawah adalah tempat foto istimewa di Bale Tani. Mengapa? Karena tidak semua wisatawan yang berkunjung ke Bale Tani dapat masuk ke area Bale Sawah. Wisatawan harus membeli tiket masuk Bale Sawah sebesar Rp5.000 per orang selain membeli tiket masuk Bale Tani sebagaimana umumnya. Fasilitas premium ini merupakan upaya pengelola obyek wisata Bale Tani untuk menambah pemasukan.

Ada apa saja di tempat wisata Bale Sawah? Sesuai dengan namanya, obyek wisata Bale Sawah menyajikan pemandangan sawah yang hijau. Saat penulis berkunjung ke Bale Sawah, saat itu sedang masa tanam padi usia sekitar tiga minggu. Hamparan tanaman padi menghijau mengelilingi Bale Sawah. Terdapat lima buah gubuk dan enam spot foto di area Bale Sawah. Lokasi obyek wisata di Jombang ini sangat cocok dikunjungi oleh para wisatawan yang hobi berfoto. Di tengah-tengah lokasi wisata Bale Sawah terdapat sebuah kota ikan berukuran sangat panjang. Sayangnya, sejumlah tanaman merambat yang baru ditanam pengelola belum mampu memberikan keteduhan bagi pengunjung Bale Sawah. Untungnya ada beberapa gubuk atau dangau yang bisa Anda gunakan berteduh dari cuaca Kota Jombang yang sangat terik.

Obyek wisata Bale Tani makin dikomersilkan oleh pengelola. Kalau kita hitung, masing-masing biaya tiket masuk di tempat wisata Bale Tani adalah sebagai berikut:

  1. Tiket masuk Bale Tani = Rp5.000,00 per orang.
  2. Tiket masuk Bale Sawah = Rp5.000,00 per orang.
  3. Tiket masuk karaoke = Rp10.000,00 per lima buah lagu.
  4. Paket Farm Tour = Rp15.000,00 per anak.
  5. Outbound anak-anak = Rp75.000,00 per anak.
  6. Outbound dewasa = Rp100.000,00 per orang.
  7. Sewa rumah gubuk = Rp50.000,00 per dua jam.

Fasilitas liburan di obyek wisata pada dasarnya sudah lumayan bagus, bahkan lebih baik dibanding Wisata Banyu Mili di Carangwulung Wonosalam dan Wisata Pemandian Sumberboto. Disana sudah ada kolam renang anak, rumah panggung, panggung cinta, kantin jajanan rakyat, festival kopi Jombang, kebun hidroponik, taman kelinci, dan lain-lain. Jika semua spot foto tersebut belum cukup, Anda bisa mencoba wahana Bale Sawah. Tidak masalah tambah biaya sedikit asalkan bisa terus eksis dan bergaya saat berlibur ke tempat wisata di Jombang. Kegembiraan yang Anda dapatkan saat berlibur adalah modal berharga untuk menjalani hari-hari berikutnya dengan lebih bersemangat. Bagaimana, apakah Anda tertarik berkunjung ke obyek wisata Bale Sawah?

Bagikan artikel ini melalui:

32 Replies to “Bale Sawah, Wahana Baru Wisata Alam Bale Tani di Jombang”

  1. Apakah di sana sering hujan?
    Apakah di sana ada harga khusus untuk kunjungan wisatawan berjumlah lebih dari 100 orang dalam satu rombongan?

  2. Bale Tani sudah sangat terkenal di jagad internet dan sosial media. Banyak pengguna Instagram yang menggunakan baletani sebagai tempat berfoto.

  3. Instansi tempat saya bekerja akan mengadakan rapat kerja selama 2 hari di Bale Tani. Kalau boleh tahu saya minta nomor kontak pengelola tempat tersebut untuk booking lokasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *