Liburan ke Agrowisata Bale Tani di Masa New Normal Per 17 Agustus 2020

Bagaimana kabar kawan-kawan komunitas blogger Jombang hari ini?  Mudah-mudahan anda selalu bersemangat menjalani kegiatan di bulan Agustus yang penuh dengan kemeriahan ini. Masa pandemi belum sepenuhnya berakhir di wilayah kabupaten Jombang. Kendati demikian, sebagian besar tempat wisata di Jombang sudah dibuka untuk kunjungan umum. Salah satu objek wisata di Jombang yang kembali dibuka adalah Agrowisata Bale Tani. 

Hari ini Senin, 17 Agustus 2020 penulis berkunjung ke objek wisata Bale Tani. Khusus untuk tahun 2020 ini pemerintah tidak melaksanakan kegiatan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan negara Republik Indonesia ke-75 di lapangan kecamatan maupun lapangan kabupaten. Para Aparat Sipil Negara (ASN) hari ini mengikuti upacara secara virtual. Oleh karena itu penulis berkesempatan untuk meluangkan waktu jalan-jalan ke tempat wisata di Jombang. Penulis berangkat sekitar pukul 9 pagi. Lokasi objek wisata Bale Tani masih sepi kunjungan pada jam seperti itu

Tempat wisata Bale Tani berada di Dusun Serning, Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Anda dapat mencapai tempat liburan di Jombang ini melalui dua arah, yaitu dari arah utara maupun selatan. Jika Anda berangkat liburan dari kota Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Lamongan, dan sekitarnya maka anda bisa mencapai dari arah utara. Rute perjalanan yang anda lalui adalah sub terminal Mojoagung ke arah selatan kurang lebih 8 km. Jika Anda berangkat liburan dari kota Malang, Kediri, Nganjuk, dan sekitarnya maka tujuan perjalanan Anda yang pertama adalah ke Ngoro. Dari Ngoro kemudian rute dilanjutkan ke Pasar Bareng. Dari Pasar Bareng ke Bale Tani jaraknya sekitar 3 kilometer saja.

Ayo Liburan ke Bale Tani Banjaragung Jombang, Wahana Edukasi dan Wisata Tani Terbaru di Kabupaten Jombang
Cari ide kreatif? Ayo Liburan ke Bale Tani Banjaragung Jombang, Wahana Edukasi dan Wisata Tani Terbaru di Kabupaten Jombang

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke tempat wisata Bale Tani per 17 Agustus 2020 sebesar Rp10.000 per orang. Dengan harga tiket masuk Rp10.000 per orang itu anda sudah bebas memasuki semua area wisata mulai dari Bale Sawah, Bale Kebon, kolam renang anak, maupun area utama Bale Tani. Jika anda memiliki keinginan untuk bernyanyi karaoke bersama dengan teman-teman satu perjalanan liburan, maka anda bisa menikmati layanan karaoke gratis di dalam Bale Tirta yang berada di area Bale Kebon. Tapi bila anda ingin karaoke di tempat yang lebih terbuka anda bisa menikmati layanan karaoke berbayar sebesar Rp10.000 untuk setiap 5 lagu yang ada nyanyikan di Bale Bengok. 

Secara umum tidak ada perubahan yang cukup berbeda pada pengelolaan obyek wisata Bale Tani. Penulis berkunjung ke obyek wisata Bale Tani sebelumnya pada Februari 2020. Sejak Februari 2010 hingga Agustus 2020 ini tidak ada perubahan yang cukup signifikan pada pengelolaan tata lokasi obyek wisata Bale Tani. Perubahan kecil tampak pada layanan petik sayur yang dapat Anda pilih ketika berlibur ke obyek wisata Bale Tani. Pengunjung tempat wisata Bale Tani dapat memilih sayuran untuk mereka beli dengan cara di petik sendiri. Pilihan sayuran yang tersedia hari ini adalah sayur sawi. Anda bisa memilih, memetik, dan membeli sayuran sawi yang ditanam oleh para petani di sebelah timur Aula utama Bale Tani.

Penjual makanan di obyek wisata Bale Tani pada masa new normal ini tidak seramai pada masa-masa sebelum datangnya pandemi Covid-19 dulu. Sejumlah kios makanan terlihat tutup hari ini padahal hari ini merupakan hari libur nasional dan pengunjung wisatawan lokal banyak yang berlibur ke obyek wisata Bale Tani. Meskipun pengunjung membludak, sejumlah ruas kios wisata kuliner banyak yang belum buka di masa new normal ini. Bila Anda ingin mencoba wisata kuliner Bale Tani sebaiknya tunda dulu sampai suasana lebih mendukung.

Kemeriahan Lomba Agustusan

Kemeriahan peringatan hari ulang tahun kemerdekaan negara Republik Indonesia ke-75 tahun 2020 ini pun tampak di tempat wisata Bale Tani Banjaragung Bareng Jombang. Pagi ini penulis menjumpai adanya kegiatan perlombaan permainan tradisional di aula utama tempat wisata Bale Tani. Pengelola Bale Tani telah menyiapkan sebuah tim pemain musik beserta 2 orang pembawa acara untuk mengajak pengunjung Bale Tani bermain lomba Agustusan. Serunya permainan tradisional ini memberikan kesempatan bagi para wisatawan untuk menyemarakkan peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-75.

Tampak empat orang pengunjung Bale Tani sedang memainkan sebuah permainan kerjasama dalam memasukkan sebuah paku yang terikat pada 3 ruas tali ke dalam sebuah botol dengan arahan suara seorang pengunjung yang lain. Permainan ini terlihat sangat mengasyikkan dan mendapatkan tepuk tangan meriah dari pengunjung lain yang sedang menontonnya. Walaupun ibu-ibu peserta lomba permainan tradisional ini sudah tidak lagi muda namun mereka masih tampak bersemangat mengikuti lomba yang seharusnya dimainkan oleh anak-anak ini.

Tepat pukul 10.15 WIB pengelola Balai Tani menggumumkan melalui pengeras suara di beberapa lokasi area wisata bahwa akan dilaksanakan peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan negara Republik Indonesia. Beberapa titik sumber suara itu mengajak para pengunjung tempat wisata Bale Tani untuk berdiri dalam sikap sempurna selama 3 menit sambil mendengarkan sirine tanda detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Usai melakukan penghormatan dan berdiri sejenak selama 3 menit, lagu kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan dengan iringan instrumen musik yang telah disediakan oleh pengelola tempat wisata Bale Tani.

Liburan seru ke tempat wisata agrowisata Bale Tani di Serning Banjaragung Bareng Jombang
Liburan seru ke tempat wisata agrowisata Bale Tani di Serning Banjaragung Bareng Jombang

Liburan di Tengah Pandemi

Tidak semua wisatawan Bale Tani mampu mengikuti kegiatan peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan negara Republik Indonesia ini, terutama para orang tua dan anak-anak yang sedang bermain di kolam renang. Namun setidaknya upaya pengelola obyek wisata Bale Tani ini patut diapresiasi sebagai bagian dari langkah meningkatkan nasionalisme di kalangan masyarakat Indonesia. Walaupun wisatawan sedang berlibur namun mereka seharusnya tetap menghormati dan menghargai jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan negara Republik Indonesia ini dengan cara berdiri dalam sikap sempurna. Mereka pun ikut mendoakan arwah para pahlawan yang telah gugur berjuang demi negara.

Pengelolaan obyek wisata Bale Tani menyiapkan protokol kesehatan dengan sangat baik di masa new normal. Para pengunjung diwajibkan untuk memakai masker kesehatan selama mereka berlibur dan berjalan-jalan di area wisata. Pengelola agrowisata Bale Tani telah menyiapkan setidaknya 11 tempat untuk mencuci tangan dengan air mengalir. Semua tempat mencuci tangan itu disediakan untuk para pengunjung Bale Tani.

Selain penyediaan tempat cuci tangan, sejumlah petugas wisata Bale Tani tampak aktif melakukan penyemprotan cairan disinfektan terhadap fasilitas umum yang disediakan di sana. Upaya menerapkan social-distancing pun tampak dari pengaturan antrian pembelian tiket masuk obyek wisata Bale Tani. Pengelola Bale Tani selalu mengingatkan kepada para pengunjung untuk selalu menjaga jarak selama mereka berlibur di sana.

Demikian pengalaman penulis hari ini mengikuti kegiatan liburan ke tempat wisata Bale Tani di Banjaragung Bareng Jombang tepat pada tanggal 17 Agustus 2020. Mudah-mudahan tulisan ini bisa menambah wawasan anda untuk merencanakan liburan di masa pandemi ini. Sampai jumpa dalam artikel review tempat wisata The Jombang Taste berikutnya. Semoga Anda tetap bersemangat menjalani aktivitas di masa pandemi.

Bagikan tulisan ini:

2 Replies to “Liburan ke Agrowisata Bale Tani di Masa New Normal Per 17 Agustus 2020”

  1. Minta tolong informasinya Apakah tempat wisata Bale Tani memperbolehkan pengunjungnya untuk melakukan pemotretan prewedding?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *