Mitos Atau Fakta: Air Petirtaan Sumberbeji Keramat dan Sakti

Obyek wisata Situs Petirtaan Sumberbeji merupakan tempat wisata bersejarah di Jombang yang baru dibuka untuk umum selama tiga bulan terakhir ini. Obyek wisata Situs Petirtaan Sumberbeji terletak di Dusun Sumberbeji Desa Kesamben Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Inilah salah satu obyek wisata bersejarah yang saat ini sedang trending di Kabupaten Jombang.

Popularitas tempat wisata Sumber Beji semakin meningkat seiring dengan menyebarnya foto-foto dan video viral yang menunjukkan adanya temuan benda-benda bersejarah dari Kerajaan Majapahit di sana. Balai Pelestarian Cagar dan Budaya Kabupaten Mojokerto pun telah melalukan penelitian awal terkait dugaan masih tersimpan benda-benda bersejarah lain di dalam tanah. Proses penelitian ini masih terus dilakukan hingga diketahui informasi yang terkandung di dalam area Situs Sumberbeji Ngoro.

Obyek wisata Sumber Beji di Kesamben Ngoro sebenarnya masih berupa lahan yang belum dikelola dengan baik. Dua pekan yang lalu penulis berkunjung ke Sumberbeji dan menyaksikan langsung kondisi terkini obyek wisata ini. Masyarakat sekitar Sumberbeji sangat antusias mengembangkan situs bersejarah ini sebagai sumber pencaharian yang bernilai ekonomis.

Puluhan warga menggelar barang dagangan mereka di sekitar area parkir obyek wisata. Mereka menjajakan berbagai hasil bumi yang dibudidayakan oleh warga di sekitar Kesamben, Ngoro dan sekitarnya. Potensi wisata Dusun Sumber Beji tampak mulai beranjak naik seiring dengan viralnya berita penemuan situs Sumberbeji di sosial media.

Air Sakti Petirtaan Sumberbeji

Kabar terbaru terkait keberadaan obyek wisata situs Sumberbeji membuat penulis penasaran karena info yang penulis dapat menyebutkan bahwa air petirtaan Sumber Beji memiliki nilai kesaktian dan dikeramatkan oleh sebagian orang. Air yang diambil dari kolam petirtaan Sumber Beji konon telah membantu banyak orang untuk menyembuhkan penyakitnya dan mendapatkan keturunan.

Entah mitos atau fakta, yang jelas saat ini makin banyak orang yang berkunjung ke obyek wisata Sumberbeji lalu mengambil air di sana dan dibawa pulang. Tak ayal lagi saat ini banyak pedagang lokal menjual jerigen berukuran kecil yang siap digunakan untuk menampung air dari sumber Petirtaan Sumber Beji Ngoro Jombang. Kesaktian air Sumberbeji telah menyebar dari mulut ke mulut. Warga Jombang dan sekitarnya ada yang mempercayainya dan menggunakan air ini sebagai media penyembuhan.

Cerita Hikayat Raja Arief Imam - Wedding ilustration by Hidayat Said
Cerita Hikayat Raja Arief Imam – Wedding ilustration by Hidayat Said

Bisa Hamil Karena Minum Air Sumberbeji

Salah satu kisah menarik yang berkembang di masyarakat seputar kesaktian air Petirtaan Sumberbeji adalah khasiatnya dalam membantu sepasang suami istri dari Malang hingga berhasil memiliki anak. Mereka tetap berusaha, berdoa, dan rajin mengkonsumsi air dari Petirtaan Sumberbeji. Pasangan suami-istri itu telah bertahun-tahun menikah dan belum dikaruniai putra. Setelah rajin minum air dari Petirtaan Sumberbeji maka mereka perlahan-lahan memiliki tubuh yang bugar. Sang istri pun bisa hamil dan sekarang telah memiliki anak.

Mereka pun menyatakan rasa syukur dengan mengirimkan puluhan tumpeng ke lokasi Petirtaan Sumberbeji. Warga sekitar menyambut acara bancakan itu dengan riang gembira. Tumpeng bancakan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan syukur atas karunia dan nikmat yang diberikan tuhan kepada masyarakat Jawa. Entah sekedar mitos atau memang telah menjadi fakta, air petirtaan Sumberbeji dianggap bisa menyuburkan kandungan.

Menyembuhkan Penyakit Kronis

Selain berkhasiat membantu mendapatkan momongan, kesaktian air Petirtaan Sumberbeji berikutnya adalah dikenal mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit kronis dan menahun. Cerita berikutnya adalah mengenai seorang lelaki paruh baya asal Ngoro Jombang yang menderita penyakit stroke selama bertahun-tahun. Atas saran dari salah satu anggota keluarganya, maka pria ini rajin meminum air yang diambil dari petirtaan Sumberbeji. Entah mitos atau fakta air, terapi ini ternyata berhasil menyembuhkan penyakit pria itu. Saat ini dia kembali sehat dan bugar seperti tidak pernah merasakan sakit. 

Sebagai wujud rasa bersyukur atas kesembuhannya, maka keluarga dari pria itu melakukan sedekah bancakan nasi tumpeng di lokasi Petirtaan Sumberbeji Ngoro. Warga sekitar yang kebetulan hadir di sana pun ikut meramaikan dengan menikmati sajian kuliner Jombang nasi tumpeng yang jumlahnya tentu saja tidak sedikit. Lagi-lagi acara makan bersama menjadi rutinitas yang tak terpisahkan dari semangat gotong-royong masyarakat Jawa.

Cerita Rakyat Jawa Barat Legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi
Cerita Rakyat Jawa Barat Legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi

Mendatangkan Jodoh

Cerita paling fenomenal yang membuat popularitas situs Petirtaan Sumberbeji meroket adalah kabar khasiat air ini dalam membantu pemuda atau pemudi usia siap nikah untuk segera mendapatkan pasangan. Para remaja, pemuda, pemudi, maupun pria dan wanita lajang yang ingin segera mendapatkan pasangan biasanya datang ke lokasi situs petirtaan sumber Beji pada waktu malam hari. Mereka membeli jerigen kecil untuk menampung air situs Petirtaan Sumberbeji. Tempat wisata sejarah di Jombang ini pun hampir tidak pernah sepi dari kunjungan warga.

Para manusia lajang itu kemudian melakukan serangkaian ritual yang bertujuan untuk meminta cepat mendapat jodoh. Lagi-lagi kisah ini ini terlanjur menyebar di masyarakat. Banyak pemuda yang telat menikah mempercayainya dan merekapun datangi situs Petirtaan Sumberbeji untuk mengambil air ini. Sebagian pemuda yang menjalankan ritual ini mengaku telah berhasil mendapatkan pasangan karena rajin mandi menggunakan air dari sumber Petirtaan Sumberbeji. Namun kebenaran cerita ini masih diragukan karena validitasnya tidak jelas.

Apapun hajat yang Anda miliki jangan pernah berhenti berusaha dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Bagaimana dengan pendapat Anda terkait mitos kesaktian air Petirtaan Sumberbeji di Kesamben, Ngoro, Jombang? Apakah Anda juga mempercayai bahwa tempat-tempat bersejarah seperti situs Sumberbeji mampu memberikan kesaktian atau nilai keramat tertentu pada orang yang menjalankannya?

Bagikan tulisan ini:

4 Replies to “Mitos Atau Fakta: Air Petirtaan Sumberbeji Keramat dan Sakti”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *