Update Wisata Pemandian Pandansili di Ngampungan, Bareng, Jombang per Oktober 2020

Apa kabar teman-teman komunitas blogger Jombang? Hari ini Rabu, 7 Oktober 2020 penulis berkunjung ke salah satu tempat wisata alam terbaru di Jombang bagian selatan yang bernama Pemandian Pandandili. Ini adalah kunjungan kedua bagi penulis ke tempat wisata alam di Jombang ini. Kunjungan pertama penulis kesana adalah bulan Februari 2020 lalu. Saat Februari 2020 dulu harga tiket masuk ke Wisata Pandansili sebesar Rp2.000 per orang. Apakah ada perkembangan terbaru disana?

Secara administratif, obyek wisata Pandansili berada di Dusun Ngampungan Desa Ngampungan Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Tempat wisata alam di Jombang ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat. Bisa dipastikan bahwa pengelolaan obyek wisata Pemandian Pandansili di Ngampungan dikerjakan oleh warga setempat. Dampak baiknya adalah terserapnya tenaga kerja lokal dan menumbuhkan beragam potensi desa setempat.

Penulis hari ini datang ke Wisata Pemandian Pandansili untuk melakukan sesi pemotretan prewedding. Keindahan alam kaki Gunung Anjasmoro menarik minat penulis untuk membuat foto prewed disana. Sawah terasering, hijau daun padi, bentangan sawah yang luas, dan air sungai yang mengalir gemercik di kaki membuat betah siapa saja yang ingin melepas kepenatan disana. Sesi foto prewed di sawah sekitar wisata Pandansili terasa menyenangkan. Semilir angin musim kemarau membelai wajah setiap wisatawan yang datang kesana.

Keindahan obyek wisata air terjun Grojogan Asmoro di Desa Jarak Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang - Foto: Evin Sudarwati
Keindahan obyek wisata air terjun Grojogan Asmoro di Desa Jarak Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang (Foto: Evin Sudarwati)

Pukul sembilan pagi telah banyak pengunjung memenuhi area wisata Pemandian Pandansili. Harga tiket masuk obyek wisata Pemandian Pandansili Ngampungan sebesar Rp5.000 per orang. Harga tiket masuknya kok naik? Tidak masalah. Pada bulan Oktober 2020 ini sudah banyak perkembangan di area obyek wisata alam Pandansili. Sekarang telah dibangun kios-kios kecil tempat warga setempat berdagang. Kesannya jadi lebih rapi dan bersih serta bebas dari pemandangan kumuh.

Tiga area kolam renang telah tersedia dengan sumber air alami yang bersih dan menyegarkan. Beberapa kamar mandi juga telah dibangun di sisi utara kolam renang. Area jalan kaki di sekitar kolam renang telah dibangun paving. Paving itu mengelilingi kolam renang dan mencegah tanah becek saat wisatawan berjalan-jalan. Nyaman banget pokoknya. Nggak rugi deh bayar tiket masuk Rp5.000 per orang.

Spot favorit penulis saat berlibur ke tempat wisata alam pemandian Pandansili Ngampungan adalah warung kopi yang ada di sudut barat daya kolam renang. Warung kopi itu terletak lebih tinggi dari kolam renang sehingga penulis bisa menyaksikan pemandangan alam Pandansili secara leluasa. Harga makanan dan minuman yang dijual disana pun masih bersahabat dengan kantong.

Bagi Anda yang suka ngeksis ngevlog waktu liburan nggak usah khawatir. Tempat wisata Pandansili di Ngampungan telah menyediakan koneksi internet wifi. Anda bisa memberi voucher wifi sebesar Rp2.000 untuk main internet seharian disana. Oh ya, asal tahu saja ya. Internet Service Provider (ISP) Indosat dan Telkomsel tidak terdeteksi jaringannya disana. Satu-satunya koneksi internet yang memungkinkan adalah pakai wifi.

Apakah Anda pernah berkunjung ke tempat wisata alam Pemandian Pandansili di Desa Ngampungan Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang? Siapkan waktu Anda untuk bersenang-senang di tempat wisata alam di Jombang ini pada hari libur mendatang!

Bagikan tulisan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *