Ayam Geprek Sambal Jeruk Nipis Ala Pujasera Adni Tebuireng Jombang

Wisata kuliner Jombang setiap hari bertambah dengan kehadiran menu-menu baru yang menarik untuk dicoba. Pada Selasa, 12 Februari 2019 kemarin penulis berkunjung ke Pujasera Adni. Pujasera Adni berada tepat di selatan pondok pesantren Tebuireng Desa Cukir Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Lokasi Pujasera Adni berada di lingkungan sejumlah pondok pesantren, sekolah Islam milik swasta, perguruan tinggi, dan obyek wisata religi. Tempat berjualan seperti ini sangat strategis untuk dijadikan bisnis kuliner. Terbukti, ratusan orang berkunjung ke tempat makan murah di Tebuireng ini setiap hari. Tempat wisata kuliner di Jombang ini menyimpan beberapa jenis makanan enak yang patut Anda coba kelezatannya.

Salah satu wisata kuliner yang ada di pujasera Adni Tebuireng adalah ayam geprek bumbu jeruk nipis. Menyebut nama makanan ini saja sudah membuat perut kita menjadi lapar. Penulis pun tertarik untuk mencoba kelezatan makanan ini. Pada kesempatan sebelumnya penulis sudah mencoba pedasnya Mie Astaghfirullah di pujasera Adni. Kali ini penulis mencoba wisata kuliner nasi ayam geprek bumbu jeruk nipis. Kuliner ini terbilang padat karbohidrat dan bersifat mengenyangkan perut. Makanan ini tepat dijadikan menu makan siang saat Anda berkunjung ke wisata religi Makam Gus Dur maupun Museum Islam Nusantara.

Sesuai dengan namanya, nasi ayam geprek terdiri dari nasi putih, ayam goreng crispy, sambal geprek, dan sayur lalapan. Sambal geprek yang digunakan kali ini berbahan dasar cabe tanpa tomat. Sambal ini menggunakan perasan jeruk nipis untuk penyegar aroma makanan. Wisata kuliner Jombang ini terasa gurih. Aroma segar jeruk nipis mengundang nafsu makan dan menjadikan kita lebih lahap untuk menghabiskannya. Tidak sedikitpun makanan ini berbau amis meski berbahan dasar ayam. Lingkungan sekitar lokasi makan cukup teduh. Angin semilir menjadi pendingin alami untuk memberi kenyamanan di siang hari yang panas.

kuliner Jombang penggugah selera…

Wisata Kuliner Murah di Jombang

Satu porsi geprek ayam di Pujasera Adni Tebuireng dijual seharga Rp9.000 per porsi. Anda bisa mencoba kuliner Jombang ini mulai hari Senin sampai dengan hari Minggu sejak pukul 09.00 pagi hingga pukul 18.00 WIB. Pelayanan di sana terbilang cukup ramah. Hanya saja penulis merasa kecewa karena harus menunggu makanan siap selama 30 menit sebelum bisa menyantap makanan ini. Waktu 30 menit tentu saja terasa membosankan dan buang-buang waktu saja. Apalagi jika kita memesan makanan di siang hari tepat pukul 14.00 pasti terasa jengkel. Panasnya cuaca siang hari ditambah kondisi perut lapar memaksa kita untuk segera mendapatkan makanan sesegera mungkin.

Penulis hampir saja putus asa dan meninggalkan lokasi makan itu karena pelayanan lambat dari Cafe Wahyu. Untungnya satu menit sebelum penulis memutuskan kabur dari pujasera, makanan pesanan sudah siap di depan mata. Penulis pun segera menyantap makanan ini dengan lahap. Kurang dari 10 menit saja makanan itu sudah habis tak bersisa. Ekspresi wajah antara rasa lapar dan boring yang memuncak memang beda tipis. Pengalaman yang mengecewakan seperti ini membuat penulis kapok makan lagi disana. Wisata kuliner selanjutnya mungkin akan bergeser ke deretan cafe di sebelahnya.

Geprek ayam buatan Cafe Wahyu di Pujasera Adni Tebuireng ini rasanya biasa-biasa saja. Tidak ada kekhususan cita rasa ayam geprek jika dibandingkan dengan beberapa menu ayam geprek yang sudah ada. Wisata kuliner ayam geprek di Pujasera Adni terbilang menunya biasa-biasa saja. Rasa makanan ini masih masih kalah enak dibanding menu ayam geprek punya Rocket Chicken yang pernah penulis cicipi beberapa hari sebelumnya. Orang Jawa bilang: Ono Rego Ono Rupo. Kualitas produk yang kita terima sebanding dengan besarnya uang yang kita berikan. Kalau Anda mau makan enak dan pelayanan prima maka pilihkan Iga Bakar Mojoagung, tahu campur Mojowarno, maupun nasi soto ayam Demak.

Bagaimana dengan pengalaman Anda berwisata kuliner di Jombang? Apakah Anda juga pernah dibuat kecewa pelayanan pramusaji yang tidak memuaskan? Silakan berbagi cerita di kolom komentar.

Bagikan tulisan ini:

10 Replies to “Ayam Geprek Sambal Jeruk Nipis Ala Pujasera Adni Tebuireng Jombang”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *