Bale Dhahar, Tempat Wisata Kuliner Enak di Bale Tani Bareng Jombang

Hari ini Sabtu, 19 Januari 2019 penulis menghabiskan akhir pekan di Bale Dhahar yang berada di kawasan Agrowisata Bale Tani. Bale Tani terletak di Dusun Serning Desa Banjaragung Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Obyek wisata di Jombang ini setahun terakhir banyak dikunjungi oleh wisatawan dan traveler baik yang berasal dari sekitar kota Jombang maupun Jawa Timur. Bale Tani mudah diakses dari berbagai penjuru kota.

Jika Anda berangkat liburan dari arah Surabaya ke Bale Tani, maka tujuan Anda berkendara adalah ke Sub Terminal Mojoagung. Dari pertigaan sub terminal Mojoagung Anda ambil jalur ke kiri menuju arah lurus sampai kurang lebih 10 kilo meter ke selatan. Anda akan melewati Sumberboto, Mojoduwur dan Penggaron. Selepas dari Penggaron Anda perlambat laju kendaraan karena sudah dekat lokasi Bale Tani.

Sebaliknya, kalau Anda berangkat dari arah selatan ke Bale Tani, misalnya dari kota Kediri, Kandangan dan sekitarnya maka anda mengambil jalur ke Pasar Bareng. Dari Pasar Bareng ke Bale Tani hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja untuk menempuh jarak sekitar 3 KM. Akses jalan raya di depan pintu masuk Bale Tani sudah cukup bagus karena menjadi jalur alternatif yang menghubungkan Surabaya dan Kediri.

Kelezatan Nasi Soto Ayam

Akhir pekan berlibur ke Agrowisata Bale Tani memberikan kesempatan bagi penulis untuk mencicipi beragam wisata kuliner Kota Jombang. Pusat jajanan rakyat dan kuliner Jombang di Bale Tani berada di Bale Dhahar. Bale Dhahar adalah sebuah Mini Resto atau restoran berukuran kecil yang menjual berbagai kuliner khas Jombang. Anda bisa mencoba berbagai menu makanan orang pedesaa seperti nasi lodeh, nasi pecel, nasi soto, dan juga nasi botokan.

Penulis hari ini mencoba nasi soto ayam yang dijual di Bale Dhahar. Nasi soto ayam dijual kepada pengunjung Bale Tani seharga Rp10.000 per porsi. Aroma kunyit dan rempah-rempah pada kuah soto sungguh sangat menggoda selera. Makan siang di Bale Dhahar terasa berbeda suasananya. Semilir angin lembar menambah syahdu liburan akhir pekan.

Satu porsi nasi soto ayam lumayan banyak isinya. Satu porsi nasi soto Bale Tani terdiri dari nasi putih, irisan daging ayam, taburan daun seledri, bawang goreng, bihun, tauge, dan juga kuah soto. Kuah soto ala Jombang yang dijual di Bale Dhahar berciri khas agak bening, berwarna kuning dan tidak terlalu kental. Varian nasi soto ini sama seperti kebanyakan nasi soto yang dijual di warung-warung pedesaan di sekitar Pasar Bareng.

Tempat wisata kuliner Bale Dhahar dikelola dengan sangat baik oleh Agrowisata Bale Tani Jombang. Tempat wisata kuliner di Jombang ini terjaga kebersihannya. Terdapat sejumlah pelayan yang melayani pembeli dengan ramah. Mereka tidak segan-segan membantu pembeli yang meminta bantuan untuk mengambilkan beberapa keperluan makan.

Liburan seru ke tempat wisata agrowisata Bale Tani di Serning Banjaragung Bareng Jombang
Liburan seru ke tempat wisata agrowisata Bale Tani di Serning Banjaragung Bareng Jombang

Suasana Makan Nyaman

Suasana sekitar Bale Dhahar terbilang cukup ramai hari ini. Suara anak-anak terdengar semarak. Mereka berteriak dan tertawa. Tepat di sebelah utara Bale Dhahar terdapat kolam renang anak. Sedangkan di sebelah timur Bale Dhahar terdapat Bale Tirta. Bale Tirta adalah salah satu wahana baru liburan di Bale Tani yang menawarkan pengalaman makan sambil berendam di air kolam yang berisi puluhan ikan-ikan emas.

Anda harus memasuki Bale Kebon untuk bisa menggunakan fasilitas Bale Tirta. Tiket masuk ke Bale Kebon sebesar Rp5.000 per orang. Harga tiket masuk Bale Kebon sama seperti harga tiket masuk ke gerbang utama Bale Tani. Sensasi makan di Bale Tirta tentu saja berbeda dibanding dengan makan di Bale Dhahar. Meski demikian, keduanya memiliki kesamaan memberikan kenyamanan dan pengalaman santap siang yang unik dan menarik kepada pengunjung.

Demikian review penulis mengenai tempat wisata kuliner Bale Dhahar yang berada di kawasan Agrowisata Bale Tani Bareng Jombang. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda untuk merencanakan kegiatan berlibur yang menyenangkan untuk anda dan keluarga. Selamat menghabiskan akhir pekan Anda dengan berjalan-jalan mengelilingi tempat wisata indah di Jombang!

13 Replies to “Bale Dhahar, Tempat Wisata Kuliner Enak di Bale Tani Bareng Jombang”

  1. Salut untuk pengusaha kuliner di kota jombang mereka selalu punya ide kreatif untuk bisa menarik kunjungan calon pembeli. inilah sifat baik yang harus ditiru oleh semua pengusaha di bidang kuliner.

  2. Wisata kuliner enak selalu dikunjungi orang. Thanks mas Agus sdh bantu promosikan bisnis kuliner di jombang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *