Cendol Dawet Mojowarno, Petang Ewuan Seger Tenan!

Wisata kuliner kolak ketan durian khas Wonosalam
Wisata kuliner kolak ketan durian khas Wonosalam

Cendol dawet… cendol cendol cendol… dawet dawet seger…. Itulah beberapa kata yang menjadi ciri khas dari sebuah lagu campursari berirama koplo. Lagu cendol dawet sangat terkenal selama beberapa bulan terakhir ini. Popularitas lagu berjudul Pamer Bojo karya Didi Kempot itu mengilhami banyak pebisnis kuliner untuk menciptakan produk minuman menggunakan nama cendol dawet.

Salah satu warung cendol dawet yang ada di Mojowarno berada di jalan raya Kayen-Mojowarno. Lokasi warung cendol dawet ini berada di timur jalan raya tuangan Sidoluwih. Es cendol dawet Mojowarno adalah salah satu wisata kuliner Jombang yang menarik untuk Anda nikmati. Cuaca musim pancaroba seperti saat ini kerap kali terasa panas di siang hari. Inilah waktu yang tepat untuk minum es cendol dawet.

Satu gelas minuman segar cendol dawet seharga Rp4.000 saja. Di dalam segelas minuman cendol dawet terdapat cendol berwarna hijau, potongan janggelan berwarna hitam, tape manis, gula aren, santan kental dan bubur mutiara. Menikmati segelas es cendol dawet Mojowarno di siang hari rasanya sangat menyegarkan.

Penulis berkesempatan mampir ke warung cendol dawet Mojowarno kemarin Sabtu, 29 November 2019. Cuaca kemarin siang sungguh sangat panas. Saat sekitar jam 12.00 siang penulis lewat di sana dan mampir mencoba wisata kuliner Jombang ini. Rasa minuman cendol dawet Mojowarno sungguh mantap dan tidak mengecewakan.

Minuman es cendol dawet Mojowarno dijual di warung cendol yang lokasinya tidak jauh dari pom bensin Mojowarno. Warung es cendol dawet ini buka mulai jam delapan pagi sampai jam empat sore. Jika anda bepergian dari Surabaya menuju Pare atau sebaliknya dan melalui daerah pom bensin Mojowarno, maka tidak ada salahnya jika anda mampir ke warung es cendol dawet Mojowarno.

Pelayanan penjualannya cukup ramah. Hanya saja lokasinya yang berada di pinggir jalan raya padat kendaraan membuat kita was-was. Pendengaran sangat bising dan udara berdebu bisa memperburuk suasana mati istirahat di siang hari. Meski demikian, jika Anda memang seorang penyuka kuliner sejati maka beberapa gangguan di atas tidak terlalu berpengaruh bagi aktivitas anda menikmati segelas es cendol dawet segar dari Mojowarno.

Wisata Kuliner Jombang

Saingan terberat dari es cendol dawet Mojowarno adalah es degan. Kecamatan Mojowarno sendiri memiliki banyak warung rakyat yang menjual es degan dengan harga yang sama murah, yaitu Rp4.000 per gelas. Lalu ada juga penjual es degan yang menjual minuman dengan harga Rp5.000 per gelas.

Popularitas es degan menjulang tinggi karena dikenal sebagai minuman yang mampu melunturkan racun yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, kandungan mineral dalam air kelapa degan dipercaya banyak orang bisa meningkatkan vitalitas dan stamina untuk melanjutkan kegiatan sehari-hari.

Barangkali Anda pernah berlibur ke sejumlah tempat wisata di Wonosalam, Anda pasti tidak akan asing dengan keberadaan Warung  Gunung. Cafe Warung Gunung menjual es kolak ketan duren yang juga sama-sama enak dan bisa menyaingi popularitas es cendol dawet Mojowarno.

Kuliner Warung Gunung sangat legendaris di kalangan pecinta kuliner Jombang. Menu kolak duren pun menjadi Primadona bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke warung gunung dan melanjutkan aktifitas ke berbagai objek wisata di Wonosalam.

Liburan ke tempat wisata Jombang makin seru karena kelezatan ragam wisata kuliner Jombang. Bagaimana dengan pengalaman anda berlibur ke tempat wisata kuliner di Jombang? Minuman apakah yang paling Anda sukai ketika berlibur di Jombang? Ceritakan berbagai pengalaman kuliner Jombang Anda di kolom komentar.

Bagikan tulisan ini:

3 Replies to “Cendol Dawet Mojowarno, Petang Ewuan Seger Tenan!”

  1. Pemanisnya Itu pakai gula asli atau pemanis buatan? jangan-jangan rasa manisnya pakai Sari manis. Nggak kebayang bagaimana pengaruhnya untuk kesehatan kita kalau kebanyakan mengkonsumsi pemanis buatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *