Jemblem Pancawarna, Kuliner Tradisional Jombang Warna-warni Bikin Kenyang

Makanan Jemblem Pancawarna - Kuliner Tradisional Jawa Khas Jombang
Makanan Jemblem Pancawarna – Kuliner Tradisional Jawa Khas Jombang

Jemblem adalah salah satu makanan tradisional Jombang yang keberadaannya makin sulit ditemui. Anda bisa mendapatkan makanan jemblem hanya pada sejumlah warung tradisional yang tersebar diberbagai desa di Kabupaten Jombang. Mengapa makanan jemblem makin jarang ditemukan dalam wisata kuliner Jombang?

Alasan pertama adalah karena makanan ini cukup ribet dalam hal pembuatannya. Proses membuat jajan tradisional jemblem dimulai dengan mengupas ketela pohon atau singkong. Setelah kulit singkong terkelupas, langkah selanjutnya adalah mencucinya hingga bersih dari getah dan tanah yang mungkin menempel.

Tahap berikutnya dalam pembuatan jemblem adalah memarut singkong hingga berbentuk bubur. Langkah ini menghasilkan larutan singkong dengan kandungan air yang cukup banyak. Anda harus menyaring hasil larutan singkong hingga tersisa pati (tepung) saja. Selanjutnya, tepung basah dari parutan singkong ditambahkan gula, pewarna makanan dan sedikit garam. Selipkan potongan gula aren di bagian tengah adonan  jemblem. Maka jadilah adonan jemblem berwarna-warni sesuai  warna kesukaan Anda.

Adonan jemblem tersebut kemudian digoreng selama 20 menit dalam api sedang. Langkah ini menghasilkan makanan jemblem tawar. Setelah matang, makanan ini sudah siap dinikmati. Makan jemblem selagi masih hangat rasanya sangat nikmat. Selain cara makan seperti di atas, Anda bisa menyiapkan parutan kelapa muda. Taburkan parutan kelapa muda diatas jemblem. Maka sensasi jemblem akan berbeda rasanya.

Alasan kedua mengapa makanan tradisional jemblem makin jarang ditemui adalah karena perubahan selera pasar. Masyarakat sudah tidak terlalu menyukai makanan tradisional Jawa ini. Mereka lebih suka makanan instan yang bisa dinikmati dengan cepat dan terjamin kualitas rasanya. Jika Anda kangen ingin merasakan nikmatnya makanan tradisional Jawa Jemblem, Anda bisa memesan melalui forum Jombang Kuliner.

Harga jajan khas Jombang jemblem sebesar Rp10.000 per porsi. Setiap porsi isinya 10 buah. Jika Anda berminat bisa kirim pesan WhatsApp ke nomor 085733566671. Ayo lestarikan makanan tradisional Jombang! Dengan menikmati beragam jajanan tradisional Jawa, Anda sudah ikut serta berpartisipasi dalam melestarikan budaya Jawa.

Bagikan tulisan ini:

One Reply to “Jemblem Pancawarna, Kuliner Tradisional Jombang Warna-warni Bikin Kenyang”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *