Kejutan Nasi Soto Ayam Cak Turi Mojowarno Jombang Bikin Kapok

ibu ibu penjual nasi boranan dari lamongan
Ibu penjual nasi boranan dari lamongan. Menu nasi ini mirip dengan soto dengan komposisi utama nasi putih dan irisan daging ayam berkuah kental.

Bagaimana kabar kawan-kawan pembaca blog The Jombang Taste hari ini? Semoga Anda tetap bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari di musim kemarau panjang yang melanda Indonesia saat ini. Saya akan mengulas salah satu wisata kuliner dari Mojowarno Jombang yaitu nasi soto. Kuliner nasi soto sudah sangat populer di Indonesia. Variasi menu kuliner nasi soto pun jumlahnya sudah puluhan rasa dan rupa tergantung lokasi dimana Anda membelinya. Kita mengenal ragam menu nasi soto antara lain soto betawi, coto makassar, soto lamongan, soto solo, dan lain-lain. Masing-masing menu kuliner nasi soto tersebut disajikan dengan keunikan daerah masing-masing. Ada nasi soto yang berkuah santan kental, ada juga menu nasi soto berkuah bening tanpa minyak dan santan. Ada kuliner soto bertabur irisan kentang goreng, ada juga kuliner soto yang bertabur taoge.

Untuk nasi soto yang dijual di Mojowarno Jombang kurang lebih rasa dan bentuknya sama dengan nasi soto yang dijual di berbagai tempat wisata kuliner di jombang. Wisata kuliner nasi soto di sana satu porsi dihargai Rp10.000 saja. Warung nasi soto itu bernama nasi soto Cak Turi. Lokasi warung berada di selatan rumah sakit kristen Mojowarno. Anda bisa mengunjunginya mulai dari jam 07.00 pagi sampai dengan jam 13.00 siang. Nasi soto di sana disajikan dengan ukuran porsi yang lumayan banyak. Beberapa hari lalu saya berkunjung ke sana dan mencoba mencicipi nasi soto cak turi. Kuah nasi soto dihasilkan dari perpaduan berbagai rempah-rempah khas Nusantara dan bumbu kental dengan komposisi kunyit, kemiri, bawang merah, bawang putih, dan daun serai. Perpaduan aroma berbagai rempah itu menghasilkan rasa yang lezat dan unik. Jika Anda menyukai sensasi pedas, Anda bisa menambahkan sambal kemiri yang pedasnya bercita rasa gurih.

Wisata Kuliner Gagal

Nasi soto cak Turi berada di Jalan Merdeka Mojowarno. Lokasinya lumayan berisik karena terdapat banyak kendaraan hilir mudik yang melewati jalan raya dari Mojoagung menuju Ngoro atau sebaliknya. Jalan raya tersebut merupakan jalur alternatif Surabaya-Pare sehingga lalu lintas lumayan padat. Tempat makan di sana tidak terlalu bersih. Saya pun harus memilih kursi yang bersih supaya saya bisa makan dengan nyaman. Untuk ukuran porsi, nasi soto cak turi lumayan banyak. Awalnya saya suka dengan sajiannya yang menarik dan bersih. Tapi lama-lama saya merasa eneg dengan makanan tersebut. Apalagi di akhir acara makan itu saya mendapati daging yang rasanya pahit seperti jeroan yang harusnya dibuang malah masuk dalam masakan. Sialan. Saya menggerutu dalam hati. Pagi-pagi sudah kena jebakan betmen. Harusnya tuh jeroan dibuang. Saya kecewa dengan pengalaman kuliner kali ini. Kapok dah makan disana.

Bila anda berminat mengunjungi nasi soto cak turi di Mojowarno Jombang ini, Anda bisa berkunjung mulai hari senin sampai dengan sabtu setiap pagi sampai menjelang siang. Hanya saja anda perlu membandingkan antara nasi soto ini dengan berbagai nasi soto yang lain di jombang. Review kuliner pun harus jujur dan adil. Ada satu penjual nasi soto yang saya rasa paling enak, yaitu nasi soto dog di Kebon Rojo Jombang. Ini bukan kuliner berbahan daging anjing lho ya. Dog itu cuma merek, bukan jenis daging. Wisata kuliner disana nasi soto disajikan dengan kecap dan cara menuangkan kecap adalah dengan memukulkan botol ke permukaan meja. Saat bagian bawah botol bertabrakan dengan meja terdengar suara berisik dog dog dog… Oleh karena itu nasi soto di sana disebut nasi soto dog. Pertama makan disana saya asli kaget. Tapi saat makan kedua, ketiga dan seterusnya saya sudah terbiasa.

Itulah ulasan wisata kuliner nasi soto di Mojowarno Jombang kali ini. Jika anda tertarik silahkan berkunjung. Tapi jika anda tidak menyukainya, itu pilihan anda untuk memilih menu wisata kuliner yang anda sukai. Seandainya nanti Anda menjumpai pengalaman kuliner yang tidak enak, itu hanya kasus kecil. Masih banyak kok tempat makan enak di Jombang selain soto Cak Turi. Anda bisa mencicipi nasi pecel Yu Weni di Mojowarno, bakso tumpeng, tahu campur, kuliner Jepang takoyaki, lontong balap, dan rujak cingur khas Jombang. Anda tinggal memilih aneka menu kuliner Jombang itu menurut selera hari ini. Setiap makanan khas Jombang tersebut menawarkan sensasi wisata kuliner yang berbeda menurut selera Anda. Selamat jalan-jalan keliling Jombang!

Bagikan artikel ini melalui:

22 Replies to “Kejutan Nasi Soto Ayam Cak Turi Mojowarno Jombang Bikin Kapok”

  1. Nama-nama soto yang enak di daerah Jombang setahu saya antara lain Soto Pak Sukri… soto Nglaban… dan soto dok di Kebon Rojo. Selain itu saya juga pernah mencoba beberapa kuliner soto di pasar-pasar tradisional di sejumlah Kecamatan masing-masing menu soto memang punya ciri khas yang tidak bisa ditiru oleh penjual yang.

  2. Selamat dapat zonk. Hahaha…
    Namanya wisata kuliner ya gitu mas. Klo gak beruntung ya dpt jebakan betmen. Pedagang Indonesia mmg kurang beradab.

  3. Mencoba wisata kuliner untuk pertama kali ibaratnya seperti membeli kucing dalam karung. kita tidak tahu kualitas makanan itu bahan-bahannya apakah bergizi dan rasanya apakah enak.
    seringkali harganya pun dibuat permainan oleh pedagang makanan sehingga pengunjung merasa ditipu oleh layanan dan kualitas jajanan yang dijual oleh penjual makanan itu

  4. Soto Jombang yang paling khas adalah soto dok di Kebon Rojo… yang lainnya cuma meniru menu soto dari kota lain.
    Saran saya kalau Anda mau mencoba kelezatan nasi soto yang punya ciri khusus Jombang maka cobalah main ke Jombang kota.
    Di sana ada banyak sekali menu kuliner yang dijajakan mulai dari Pujasera Kusuma Bangsa, alun-alun Kabupaten Jombang, GOR merdeka, hingga beberapa foodcourt yang mulai menjamur di berbagai sudut Kota Jombang.

  5. Membeli makanan untuk pertama kali memang seperti membeli kucing dalam karung.
    kita tidak pernah tahu bagaimana rasanya makanan itu.
    bahkan seringkali kita tidak tahu Berapa harga yang akan kita bayar terhadap makanan yang sudah kita makan.
    Oleh karena itu review artikel wisata kuliner seperti ini sangat bermanfaat bagi para penyuka travelling dan acara jalan-jalan ke luar kota terima kasih mas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *