Kelezatan Bakso Gratis untuk Pecinta Wisata Kuliner Jombang

Ragam kuliner di Jombang berkembang secara pesat. Para pengusaha kuliner dan bisnis makanan menggunakan nama-nama menu makanan yang unik agar calon konsumen datang mengunjungi gerai mereka. Hali ini (31/10/2018) saya berkunjung ke salah satu tempat wisata kuliner di Jombang Selatan, yaitu Bakso Gratis. Warung Bakso Gratis terletak di Dusun Kedawung Desa Kertorejo Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Tempat makan bakso ini lokasinya lumayan dekat dengan tempat tinggal saya. Namun baru kali ini saya berkesempatan mencoba wisata kuliner bakso gratis. Nama bakso gratis menggoda setiap pengguna jalan raya yang menghubungkan antara Mojoagung dan Ngoro untuk mencoba kuliner tersebut. Kata gratis identik dengan tidak berbayar alias free. Oleh karena itu banyak orang yang mencoba makan di sana untuk membuktikan bagian kuliner yang manakah yang digratiskan? Ternyata pemilihan nama sangat tepat digunakan dalam bisnis kuliner. Terbukti banyak orang yang datang berkunjung ke gerai Bakso Gratis di Jombang Selatan ini.

Terdapat dua menu Bakso Gratis yang ditawarkan kepada pembeli. Menu pertama adalah Balik alias bakso cilik, yaitu bakso dengan pentol berukuran kecil. Bakso cilik dijual seharga Rp5.000 per porsi. Menu kedua adalah bakso gede atau disingkat Bade. Bakso gede dijual dengan harga Rp7.000 per porsi dengan kombinasi pentol berukuran besar dan tahu putih serta satu buah pentol berukuran kecil. Saya mencoba bakso berukuran gede sekaligus berukuran kecil. Jika saya bandingkan keduanya, pentol bakso berukuran gede di sana terasa lebih enak daripada pentol yang berukuran kecil. Bakso berukuran besar memiliki cita rasa daging yang terasa lebih enak dibandingkan yang kecil. Sedangkan bakso berukuran kecil komposisi dagingnya tidak terlalu banyak sehingga rasa yang dominan adalah tepung dan sedikit hambar. Cita rasa kuah bakso gratis lumayan enak dan tidak eneg. Hanya sedikit sekali kandungan lemak yang ada di dalam kuah bakso. Jika dibandingkan dengan Bakso Agista masih lebih enak Bakso Gratis ini. Tapi jika Bakso Gratis dibandingkan dengan Bakso Nuklir di Mojowarno tentu saja masih enak citarasa bakso nuklir.

Kuliner Murah di Jombang

Setelah makan bakso saya mencoba minuman jeruk hangat yang dijual seharga Rp2.000 per gelas. Rasa jeruknya tidak terlalu terasa dan justru dominan rasa manis gula pasir yang ada di dalamnya. Selain es jeruk, di sana juga terdapat minuman es teh seperti halnya penjual bakso pada umumnya di Kabupaten Jombang. Minuman pendamping bakso memang cenderung es teh dan es degan serta tak lupa es jeruk. Untuk menjawab rasa penasaran calon pembeli, bakso gratis menyediakan permen secara gratis. Nah, inilah asal mula pemilihan nama bakso gratis sebagai salah satu kuliner Jombang terbaru. Jangan bayangkan Anda bisa menikmati seporsi bakso enak secara gratis di sana karena pemilihan nama itu tak lain adalah untuk mendukung promosi wisata kuliner setempat. Namun jika anda berkunjung ke sana pada hari Jumat maka anda bisa mendapatkan satu porsi bakso gratis setelah pembelian yang keenam. Misalkan Anda membeli 5 bungkus bakso di sana maka akan mendapatkan 1 bungkus bakso secara gratis. Menarik sekali bukan?

Daya tarik utama wisata kuliner bakso gratis adalah rasa pentolnya yang enak dan pelayanannya yang ramah. Namun ada juga sisi kekurangan wisata kuliner Jombang ini, yaitu lokasi penjualan bakso yang berada di pinggir jalan kurang terjaga kebersihannya. Saat saya makan di sana hari ini banyak sekali debu berterbangan di atas meja dan di lantai lesehan. Kurangnya tingkat kebersihan ini sangat mengganggu selera makan saya. Oleh karena itu, jika Anda berniat membeli Bakso Gratis sebaiknya dibungkus dan dibawa pulang saja. Namun jika anda ingin menikmati makan kuliner bakso bersama teman di sana, lebih baik anda bersiap membawa alat-alat kebersihan sendiri. Setidaknya Anda harus membersihkan meja makan sendiri supaya debu-debu itu tidak tercampur ke mangkok bakso yang sedang anda makan. Agak mengganggu juga keadaan ini.

Setelah membaca tulisan ini, sekarang Anda memiliki lebih banyak pilihan untuk menjajal berbagai kelezatan wisata kuliner di Jombang. Selain Bakso Gratis ini, Anda juga bisa mencoba wisata kuliner lontong balap, tahu campur, soto ayam, nasi pecel dan berbagai makanan khas kota Jombang lain yang tersebar di berbagai sudut desa di kota beriman. Selamat jalan-jalan santai di Kota Jombang dan menyusuri tempat-tempat wisata yang indah dan mengesankan. Jangan lupa mencicipi wisata kuliner Jombang untuk liburan Anda yang mengesankan bersama keluarga. Selamat makan-makan dengan teman!

Bagikan artikel ini melalui:

16 Replies to “Kelezatan Bakso Gratis untuk Pecinta Wisata Kuliner Jombang”

  1. Hari gini masih cari makanan gratis…
    Pipis dan beol saja bayar apa lagi cari makan.
    Ya maklum saja namanya usaha berdagang pasti butuh kreativitas olah nama…
    tapi jangan sampai menipu konsumen ya..

  2. Sejak ada internet dan sosial media, semua orang sekarang bisa mengulas makanan yang baru saja mereka makan. Seperti halnya blog ini yang rajin bikin update daftar wisata kuliner Jombang yg enak.
    Sukses selalu untuk semua pengusaha kuliner Jombang.

  3. Kalau betulan ada menu bakso gratis tolong hubungi saya.
    Saya siap hadir 24 jam ke lokasi wisata kuliner gratis itu. Hahaha…

  4. Wong Jombang pancen kreatif dan banyak akal… mereka tidak pernah berhenti berkarya dalam berbagai bidang kehidupan. Namanya saja bakso gratis ternyata gratis nya itu hanya diberi permen hahaha….
    walaupun banyak orang tertipu ternyata masih banyak yang menyukai berkunjung ke sana.
    Itulah bukti bahwa wisata kuliner di Jombang banyak penggemarnya.

  5. Berbisnis kuliner hrs pintar bikin strategi bertahan hidup. Nggak cuma jago masak, kita juga bth ilmu marketing agar produk yg kita jual laku keras.

  6. Kreatif sekali….
    tidak banyak orang yang berani memberi label gratis pada barang dagangannya.
    mungkin ini strategi dia supaya bisa terkenal dan memancing rasa penasaran pembeli untuk mencoba bakso.

  7. Strategi pemasaran yang bagus dan bisa dicontoh oleh setiap pengusaha kuliner di Indonesia. Pemilihan nama sangat berpengaruh terhadap kemajuan bisnis makanan yang Anda jalani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *