Kesegaran Es Oyen Mendinginkan Acara Berlibur Kamu di Jombang

Menikmati Kuliner Mie Ayam Jamur depan GOR Merdeka Jombang ditemani minuman khas Jombang

Indonesia saat ini sedang dilanda musim kemarau panjang. Suhu luar ruangan pada siang hari terasa sangat panas. Inilah saat yang tepat bagi kita untuk mencoba wisata kuliner Jombang es oyen. Es oyen adalah salah satu jenis wisata kuliner minuman yang murah, enak dan populer di kabupaten jombang. Es oyen merupakan minuman yang mudah ditemui di berbagai penjual di pinggir jalan dan warung-warung kuliner. Bahan utama es oyen adalah buah-buahan dan kuah bersantan. Untuk isian buah-buahan bisa bermacam-macam tergantung ketersediaan bahan dan musim buah yang berlangsung. Buah yang biasa dijadikan pengisi sajian es oyen antara lain buah nangka, buah bengkoang, buah nanas, buah kelapa muda, bubur mutiara, buah pepaya, dan buah semangka. Sedangkan untuk kuah es oyen, bahan yang digunakan terdiri dari santan, gula asli, susu krimer dan mungkin sedikit kayu manis.

Minuman es oyen harganya cukup murah. Harga es oyen bervariasi antara Rp3.000 sampai dengan Rp7.000 per porsi. Kali ini saya mampir di salah satu warung es oyen yang ada d Mojowarno,tepatnya di depan kantor Polsek Mojowarno. Disana ada sebuah warung yang menjual es oyen seharga Rp5.000 per porsi. Pada sore hari yang cukup panas saya lewat di sana dan mampir mencoba minuman es oyen. Sungguh menyegarkan bisa meneguk manisnya kuliner dari Jombang ini. Rasa santannya yang manis cenderung membuat tenggorokan kita merasa cepat haus kembali. Meski demikian kandungan vitamin dan antioksidan pada buah-buahan yang ada di es oyen cukup baik untuk kesehatan. Es oyen dengan rasa segar ini disukai oleh semua masyarakat mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Acara berkumpul bersama keluarga jadi lebih menyenangkan dengan sajian minuman segar es oyen.

Bagi anda yang memiliki keluhan masalah persendian dan penyakit asam urat, ada baiknya Anda tidak terlalu sering mengkonsumsi es oyen yang mengandung santan kelapa. Anda cukup mengkonsumsi buah-buahan segar yang ada pada kuliner es oyen. Namun secara umum bagi masyarakat yang menyukai buah dan kuliner es oyen ini bagus sebagai digunakan untuk menu diet anda sehari-hari. Es oyen memiliki kandungan lemak yang rendah. Kalaupun ada lemak itu biasanya berasal dari lemak santan kelapa. Oleh karena itu es oyen ini bisa anda gunakan sebagai menu diet yang tepat. Mitos yang berkembang di masyarakat adalah banyak minum es bisa menjadikan tubuh kita gemuk. Anggapan ini tidak selamanya benar karena tubuh kurus dan gemuk dipengaruhi oleh pola makan dan aktifitas pekerjaan sehari-hari.

Ada satu tips utama yang perlu anda perhatikan saat membeli kuliner es oyen. Pastikan gula yang digunakan merupakan gula pasir asli dan bukan pemanis buatan. Pemanis buatan umumnya terbuat dari bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Konsumsi pemanis buatan dalam jumlah banyak akan menyebabkan berbagai penyakit organ dalam. Dampak paling mudah yang bisa kita rasakan ketika kita mengkonsumsi pemanis buatan adalah batuk dan gejala radang tenggorokan. Akibat buruk minum es oyen biasanya disebabkan oleh penggunaan pemanis buatan yang berlebihan pada minuman tersebut. Jika anda menyukai es oyen ada baiknya anda membuat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang aman untuk kesehatan Anda sekeluarga.

Liburan ke berbagai tempat wisata di Jombang jadi terasa lebih menyenangkan dengan minum es oyen. Kuliner Jombang yang satu ini barangkali tidak akan Anda jumpai di tempat lain di Indonesia. Namanya yang unik dan cita rasanya yang khas menjadikan es oyen sebagai wisata kuliner khas Jombang yang menggoda setiap wisatawan untuk mencoba. Mari jalan-jalan mengunjungi berbagai obyek wisata di Jombang sambil menikmati kesegaran Es Oyen dari Mojowarno. Selain es oyen, mungkin Anda akan tertarik juga untuk menjajal kuliner tahu campur, bakso tumpeng, lontong balap, soto ayam, rujak cingur dan beragam cita rasa kuliner khas Kota Jombang yang enak dan lezat. Liburan ke Jombang jadi lebih maknyus dengan kuliner Jombang!

Bagikan artikel ini melalui:

19 Replies to “Kesegaran Es Oyen Mendinginkan Acara Berlibur Kamu di Jombang”

  1. Aku sudah sering mencoba berbagai kuliner minuman segar di kota-kota besar di Indonesia. Kebanyakan kuliner itu terbuat dari bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan, misalnya penggunaan pemanis buatan dalam minuman es.
    Kalau sudah begitu maka wisatawan akan enggan mencoba untuk yang kedua kali.
    Mereka sudah kapok mencoba kuliner pada pengalaman pertama kalau pengalaman pertama mencoba kuliner sudah gagal maka jangan berharap pengalaman kedua akan datang kepada pelaku bisnis kuliner.

  2. Biarpun nama makanannya agak berbau pedesaan tapi jika disajikan dengan teknik plating yang bagus maka bisa menarik minat pembeli.

  3. Nama-nama minuman dari Desa memang Terdengar agak kolot dan kuno….
    tapi rasa dan kandungan gizinya tidak kalah dibanding menu diet artis terkenal di televisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *