Kuliner Kaki Lima Jajan Rangin di Depan Kebun Binatang Surabaya

Surabaya adalah kota yang dipenuhi dengan profesi pedagang. Mereka berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur. Masing-masing pedagang menjajakan barang dagangannya di berbagai sudut Kota Surabaya. Maka tidak mengherankan jika Surabaya mendapatkan julukan sebagai kota perdagangan. Salah satu jenis barang dagangan yang dijual di Surabaya adalah makanan. Wisata kuliner di Surabaya bermacam-macam jenisnya mulai dari kuliner asli Jawa, kuliner Cina hingga kuliner Madura. Kuliner Surabaya yang terkenal adalah semanggi Suroboyo, lontong balap Wonokromo, nasi soto daging Joyoboyo, warung Sambel Bu Rudi, dan lain-lain. Anda tinggal memilih satu diantara daftar makanan tersebut sesuai dengan selera Anda.

Salah satu wisata kuliner di Surabaya yang penulis temui disana adalah jajan rangin. Pedagang rangin bisa Anda temui dengan mudah di depan Kebun Binatang Surabaya (KBS). Kebun Binatang Surabaya berada di Jalan Setail Nomor 1 Surabaya. Lokasi Kebun Binatang Surabaya berdekatan dengan Terminal Joyoboyo. Kebun Binatang Surabaya adalah tempat wisata edukasi sekaligus tempat wisata alam yang menjadi paru-paru kota bagi Surabaya. Di depan Kebun Binatang Surabaya berjajar banyak pedagang makanan. Pedagang makanan rangin berada di sudut utara KBS, tepatnya di sebelah utara dari Patung Suro dan Boyo. Anda harus menyeberang jalan dengan jalan kaki. Perhatikan situasi lalu-lintas Surabaya yang tidak pernah sepi kendaraan bermotor.

Patung Suro dan Boyo merupakan ikon Kota Surabaya. Setiap wisatawan yang berkunjung ke Sota Surabaya biasanya menyempatkan diri untuk berfoto di depan patung ikan hiu dan hewa buaya itu. Anda pun tentu tidak ingin ketinggalan untuk berfoto di sana. Setelah berfoto, sempatkan membeli makanan rangin. Jajan ini dibuat secara manual. Jajan rangin terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan santan dan gula. Adonan tersebut ditambahkan dengan parutan kelapa muda. Adonan rangin dicetak di atas logam yang memiliki lobang memanjang mirip dengan cetakan wingko Babat. Tiga buah jajan rangin itu dicetak menyambung satu sama lain. Permukaan rangin sebagian gosong sehingga menambah cita rasa eksotis pada makanan.

Jajanan Khas Surabaya

Jajan rangin dijual seharga Rp5.000 per tiga biji. Anda bisa mencicipi gurihnya jajan rangin yang berada di Kota Surabaya. Sebagai kudapan yang dijual di pinggir jalan tentu saja makanan ini terkesan kurang bagus untuk kesehatan. Di sepanjang jalan raya depan Kebun Binatang Surabaya bertebaran asap dari kendaraan bermotor. Tentu saja udara itu mengandung kotoran dan mungkin sedikit bakteri lalu bisa masuk ke dalam makanan. Meski demikian, tidak ada salahnya jika sesekali anda mencoba membeli jajan rangin di depan KBS Surabaya supaya tidak penasaran rasanya. Barangkali dengan membeli rangin ini Anda bisa memperkenalkan aneka budaya Jawa pada anak-anak.

Kuliner Surabaya jajan rangin paling enak dimakan ketika masih hangat dan baru diambil dari cetakannya. Makanan khas Surabaya ini bisa jadi teman nongkrong yang tepat saat Anda dihinggapi kebosanan. Pedagang rangin Surabaya terbilang cukup ramah melayani pembeli. Penulis membeli disana dan mengabadikan video di atas pada akhir Desember 2018. Saat itu KBS sedang diserbu pengunjung yang sedang menghabiskan libur panjang di akhir tahun. Para orang tua sedang mengantarkan anak-anak mereka berlibur ke tempat wisata edukasi KBS. Sebagian besar pengunjung KBS adalah warga daerah yang bukan berasal dari Surabaya. Mereka rela bertamasya sambil berdesak-desakan di KBS meski puncak kunjungan wisatawan sedang berlangsung pada Desember dan Januari.

Berlibur ke ibukota provinsi jangan melulu melihat gedung pencakar langit. Sempatkan waktu liburan Anda dengan membeli makanan tradisional khas kota setempat bersama anak. Bagaimana dengan pengalaman Anda berlibur ke Kota Surabaya? Apakah anda juga pernah mencicipi jajan rangin? Apakah anda memiliki tempat wisata kuliner favorit Surabaya lainnya yang pernah anda coba? Silahkan berbagai pengalaman jalan-jalan di Kota Surabaya pada kolom komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini melalui:

12 Replies to “Kuliner Kaki Lima Jajan Rangin di Depan Kebun Binatang Surabaya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *