Kuliner Kebab Pak Raden di Agrowisata Bale Tani Bareng Jombang

Wisata kuliner Jombang turut dipengaruhi oleh beragam menu kuliner dari luar negeri. Diantara sekian banyak wisata kuliner yang berkembang di Jombang dan mendapat perhatian masyarakat adalah makanan kebab. Menu kebab yang paling terkenal di Indonesia adalah Kebab Turki Baba Rafi. Makanan yang berasal dari kawasan Jazirah Arab ini terkenal rasanya yang lezat. Daging isian kebab umumnya terbuat dari daging kambing yang dipanggang dalam waktu yang lama sehingga teksturnya sangat khas dan lezat.

Pada hari ini Sabtu, 1 Februari 2020 penulis berkunjung ke obyek wisata Bale Tani. Agrowisata Bale Tani terletak di Dusun Serning Desa Banjaragung Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Tempat wisata di Jombang ini ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap akhir pekan. Pada Sabtu tadi pagi telah dilaksanakan lomba mewarnai untuk peserta dari tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD). Keramaian suasana obyek wisata Bale Tani berhasil mendukung kemajuan bisnis kuliner di Jombang. Di sana telah berdiri puluhan stand makanan dan penjual jajanan anak-anak dan makanan khas Jombang.

Makanan penggugur kandungan ibu hamil
Makanan penggugur kandungan ibu hamilu

Harga Kuliner Kebab

Ternyata ada juga menu kuliner kebab di obyek wisata Bale Tani Jombang. Penulis pun penasaran ingin mencoba variasi cita rasa daging kebab yang ada di tempat wisata Bale Tani. Ada beberapa pilihan menu kebab yang tersedia di tempat wisata Bale Tani Jombang. Anda bisa memilih menu kebab Unyil yang harganya Rp8.000 per porsi.

Selain itu, ada juga menu kebab Usrok dengan harga Rp12.000 per porsi. Sementara itu untuk kuliner kebab menu spesial harganya Rp15.000 per porsi. Anda bisa memilih tingkat kepedasan kebab mulai dari level biasa, sedang, maupun sangat pedas.

Kali ini penulis memilih menu kuliner kebab Usrok dengan harga Rp12.000 per porsi. Penulis penasaran bagaimana cara memasak kuliner kebab versi Jombang ini. Dulu penulis sudah sering membuat sendiri makanan daging kebab saat masih tinggal di kota Surabaya dan bekerja di salah satu waralaba makanan cepat saji. Kali ini penulis memperhatikan proses pemasakan kuliner kebab.

Kreasi Kebab Jombangan

Ternyata daging yang digunakan bukanlah daging kebab asli seperti standar kebab pada umumnya. Isian daging kebab yang digunakan kali ini adalah daging burger potong. Daging burger dicincang kasar dan dicampur dengan beberapa sayuran seperti mentimun, tomat, dan daun selada. Kombinasi daging dan sayuran menghasilkan cita rasa yang segar dan gurih pada kuliner kebab.

Semua bahan tersebut dijadikan satu dan ditaburi dengan saus tomat. Untuk kulit bagian luar digunakan kulit lumpia basah. Ternyata penyajian makanan ini tidak semenarik yang penulis bayangkan sebelumnya. Saat kebab ini sudah jadi maka dibungkus dengan kertas makanan berwarna coklat.

Bagaimana dengan cita rasanya? Cita rasa makanan kebab versi Bale Tani ini cukup enak. Bila penulis menilai dari skala 1 sampai dengan 10 maka rasa kebab yang ada di tempat wisata Bale Tani nilainya 7. Sayang sekali daging yang digunakan adalah daging burger. Seandainya digunakan daging kebab asli seperti standar Kebab Turki Baba Rafi tentu akan menghasilkan cita rasa yang lebih lezat. Soal harga jual makanan bisa disesuaikan dengan biaya produksinya.

Bagaimana dengan pengalaman Anda mencicipi wisata kuliner di Jombang? Apakah anda sudah pernah mencoba makan kebab turki ala Jombang? Mungkin Anda memiliki menu kuliner Jombang favorit yang berbeda dari ulasan penulis kali ini. Silakan berbagi pengalaman mencoba ragam wisata kuliner di Jombang pada kolom komentar dibawah ini.

Bagikan tulisan ini:

5 Replies to “Kuliner Kebab Pak Raden di Agrowisata Bale Tani Bareng Jombang”

  1. Dengan latar belakang kota santri yang sangat kental memang tidak mengherankan kalau wisata kuliner Jombang dipengaruhi oleh budaya Arab. Fakta ini jadi kesempatan bagus bagi setiap bisnis kuliner untuk mengembangkan bisnisnya.

  2. Nggak ada menu makanan yang sama sekali baru di dunia ini. Setiap kemunculan menu kuliner baru bisa dipastikan hasil dari modifikasi dari menu-menu sebelumnya yang sudah ada. Nggak apa-apa. Itu adalah bukti bahwa kreativitas pebisnis kuliner zaman sekarang sudah semakin maju.

  3. Sekarang coba bayangkan kalau orang desa pegang uang Rp12.000 akan lebih suka dihabiskan untuk membeli sebuah kebab atau sepiring nasi pecel? pikirin pakai logika deh…

  4. Soal makanan itu seleranya orang-orang berbeda. Anda nggak bisa membuat satu solusi terhadap semua jenis permasalahan wisata kuliner.

    Dan bahkan harga Rp12.000 pun bagi saeorang bisa berbeda nilai. Yg bisa anda lakukan hanyalah menyajikan informasi dari objek wisata Jombang secara jujur. Perkara pembaca nanti akan menerima pemikiran Anda atau tidak Itu sudah urusan belakangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *