Kuliner Murah Meriah Tahu Matang dan Sambal Petis

Halo kawan-kawan komunitas blogger Jombang! Masih semangat menjalani aktifitas hari ini? Obrolan seputar kuliner Jombang memang selalu menarik dibahas. Jenis makanan tradisional Jawa yang kali ini The Jombang Taste bahas adalah tahu petis. Tapi ini bukan tahu petis punya Kota Sidoarjo ya. Orang Jombang biasanya makan tahu yang digoreng sampai kering, disebut tahu matang, dengan sambal kacang yang dicampur petis.

Terdapat banyak sentra produksi tahu di Kabupaten Jombang. Di wilayah tengah Jombang ada Desa Bapang di Kecamatan Jogoroto yang terkenal sebagai produsen tahu pong enak. Sementara itu di daerah selatan Jombang ada Desa Bajang Kecamatan Mojowarno yang juga terdapat UKM produsen tahu. Maka tidak mengherankan kalau makanan tahu bisa di dapat dengan mudah di Kabupaten Jombang. Harganya pun tidak mahal. Uang sepuluh ribu sudah bisa dapat sebungkus kresek tanggung tahu matang.

Tahu matang yang berwarna coklat gelap bertemu sambal kacang plus petis di acara kumpul-kumpul keluarga. Ini nih yang jadi sasaran empuk para penyuka kuliner serba sambal. Level sambal bisa disesuaikan dengan selera tukang masak. Mulai dari pedas biasa, sampai dengan super pedas. Tahu petis Jombangan terbilang makanan murah meriah. Siapapun tidak ragu untuk mencoba. Apalagi kalau makannya rame-rame bareng teman-teman.Hmm, dijamin bisa nambah dan nambah lagi.

Tapi ingat, ada satu pantangan yang tidak boleh dilanggar oleh penyuka tahu petis Jombang. Hindari makan buah semangka setelah makan tahu petis. Kenapa? Berdasarkan pengalaman selama bertahun-tahun, makan tahu petis dan semangka bisa menyebabkan sakit perut. Saya tidak tahu pasti bagaimana pola kerja kandungan zat-zat pada kedua makanan tersebut. Atau mungkin faktor kebersihan memasak yang lebih dominan berpengaruh. Saran saya, jangan makan semangka setelah Anda makan tahu petis.

Penasaran ingin tahu cita rasa tahu petis khas Jombangan? Ayo jelajahi wisata kuliner Jombang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *