Mie Balikpapan, Kuliner Enak di Sudut Tenggara Alun-alun Jombang

Kuliner Mie Ayam Jamur depan GOR Merdeka Jombang

Lagi-lagi saya kecantol dengan menu kuliner Jombang mie ayam. Kali ini mereknya adalah mie Balikpapan. Mie Balikpapan berada di sudut tenggara Alun-alun Kabupaten Jombang tepatnya di depan SDN Jombatan 4 Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang. Mie Balikpapan sangat ramai dikunjungi oleh pengunjung maupun warga yang kebetulan lewat di Alun-alun Jombang. Pekan lalu saya berkunjung ke Mie Balikpapan setelah melaksanakan sholat Jumat di Masjid Baitul Mukminin Jombang. Suasana siang hari sekitar pukul 13.00 sungguh sangat semarak. Keramaian jam makan siang bukan hanya disebabkan oleh kehadiran pengunjung warung tetapi juga para pengamen. Mereka menyajikan alunan musik yang kadang terdengar merdu, tapi sering kali terdengar sumbang di telinga. Keadaan itu tidak mengurangi minat masyarakat untuk makan mie disana.

Satu porsi Mie Balikpapan harganya Rp9.000 saja. Meski harganya lumayan tetapi anda bisa merasakan makanan ini dengan puas. Cita rasa mie Balikpapan tidak murahan seperti mie ayam pada umumnya. Rasa mie Balikpapan kenyal dan gurih dengan sedikit sekali kandungan minyak lemak. Takaran bumbunya pun pas antara garam dan bawang putih. Dalam satu porsi mie Balikpapan terdiri dari mie kuning yang sepertinya dibuat sendiri oleh penjualnya dan juga beberapa bahan toping. Toping yang digunakan adalah pentol bakso. Kemudian ada juga daging ayam cincang, telur puyuh dan daun bawang yang dipotong kecil. Kombinasi yang bagus antara mie dan sayur tampak dalam semangkuk mie Balikpapan. Suasana sekitar lokasi makan cukup teduh. Beberapa pohon besar memberikan asupan oksigen yang menyegarkan rongga pernapasan.

Untuk urusan minum, Anda bisa memesan es degan yang gerobaknya berada tepat di sebelah gerobak mie Balikpapan. Es degan adalah minuman yang terbuat dari daging buah kelapa muda beserta air kelapa muda. Segarnya tak terkira. Sensasi pedas pada Mie Balikpapan bisa anda takar sendiri sesuai dengan sambal yang akan anda gunakan. Rasanya pas dengan bumbu bumbu mie Balikpapan yang tidak terlalu kentara rasa pedasnya. Inilah salah satu mie ayam terbaik yang ada di Kabupaten Jombang. Teman-teman saya pun menyarankan untuk selalu mampir ke sana di waktu luang. Pada kunjungan saya kemarin Jumat, saya dan beberapa orang kawan lama asik bercengkerama di sana. Pelayanan penjualan lumayan ramah. Oleh karena itu kami betah berlama-lama duduk di sana makan dan bercakap-cakap sambil melepas rindu dengan awan lama.

Mie Balikpapan termasuk mie yang paling enak jika dibandingkan beberapa merek mie ayam yang ada di Jombang, misalnya mie ayam  Klepek-klepek, mie ayam jamur di GOR Merdeka, maupun mie ayam Ragil. Makanan yang ada di warung makanan mie ayam ini bisa menjadi menu yang sangat menyenangkan untuk waktu makan siang Anda Anda bisa mencobanya kelezatannya mulai dari jam 09.00 pagi sampai sore hari menjelang waktu salat asar sekitar jam 03.00 pastikan anda mendapatkan tempat duduk yang nyaman sambil menikmati my Balikpapan dan memandang hamparan rumput yang hijau di alun-alun Kabupaten Jombang semilir angin yang menyertai sekeliling lingkungan alun-alun Kabupaten Jombang menambah Asri suasana makan di Balikpapan. Cobain yuk makan mie Balikpapan!

Bagikan artikel ini melalui:

15 Replies to “Mie Balikpapan, Kuliner Enak di Sudut Tenggara Alun-alun Jombang”

  1. Terima kasih sudah menceritakan banyak hal tentang hal-hal yang baik dari Kota Jombang. Semoga makin banyak orang mengunjungi kota santri ini.

  2. Mie adlh makanan yg sudah jadi selera umum di masyarakat.
    Tua muda kaya Miskin semuanya Suka.
    Jadi wajar saja jika warung mie Balikpapan itu Laris Manis dikunjungi pembeli.

  3. Setelah Mie Balikpapan terkenal berikutnya pasti akan disusun oleh nama-nama mie yang lain….
    mie samarinda…. mie Tenggarong… mie Makassar dan sejumlah nama-nama mie dari kota di pulau Kalimantan lainnya…

  4. Makanan Jombang memang terkenal enak dan pedas. Saking pedasnya sampai saya tidak berani beli lagi di sana krn takut perut jadi mules mules. Hahaha…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *