Nasi Soto Ayam Srapah, Wisata Kuliner Enak dan Murah di Jombang

Bagaimana kabar kawan pembaca The Jombang Taste hari ini? Kalau boleh tahu apakah makanan favorit anda di saat musim hujan seperti ini? Makanan musim penghujan yang paling enak dinikmati bersama keluarga adalah makanan yang berkuah dan disajikan dalam keadaan panas. Saat ini di Jombang banyak sekali makanan bercita rasa pedas dengan kuah kental dan disajikan dalam kondisi panas dari perapian. Kita mengenal kuliner nasi soto, nasi rawon, tahu campur, nasi capcay, dan lain-lain. Di antara sekian banyak wisata kuliner itu penulis paling suka dengan nasi soto.

Kali ini penulis berbagi pengalaman wisata kuliner nasi soto Srapah. Sesuai dengan namanya, nasi soto Srapah dijual di warung nasi soto yang berada di Dusun Srapah Desa Karanglo Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Kuliner ini termasuk kategori nasi soto ayam karena menggunakan bahan dasar daging ayam. Nasi soto Srapah dijual oleh Pak Ri dan dan Buk Mi. Penulis tidak tahu namun asli pasangan suami-istri penjual nasi soto ini. Para pembeli umumnya memanggil mereka berdua dengan panggilan Pak Ri dan Buk Mi.

Tempat wisata kuliner nasi soto Srapah berlokasi di jalan Dusun Srapah yang menghubungkan Gondek dengan Kedawung Ngoro. Anda bisa mengunjungi warung nasi soto Srapah melalui jalur selatan maupun jalur Utara. Jika anda melakukan perjalanan ke arah selatan maka rute yang bisa Anda ambil adalah dari rumah sakit Mojowarno ke arah pertigaan Pancasila lurus terus ke selatan sampai dengan Desa Latsari. Usai melewati jembatan Desa Latsari, tepat di selatan jembatan itu terdapat belokan ke kanan. Anda ambil arah kanan terus sampai menuju ke Dusun Kedunglo. Dari Dusun Kedunglo Anda bisa melaju lurus ke desa Karanglo, tepatnya di Dusun Srapah.

Wisata Kuliner Enak di Jombang

Cita rasa nasi soto ayam di Dusun Srapah ini cukup mantap. Takaran bumbunya pas, tidak terlalu asin, dan tidak terlalu pedas. Kuah sotonya tidak terlalu banyak mengandung lemak. Tersedia jeruk nipis dan kecap untuk menambah cita rasa lezat nasi soto. Pelayanan penjualnya juga terbilang ramah. Pak Ri tak segan mengajak ngobrol pembeli yang baru dikenalnya. Satu porsi nasi soto ayam dijual seharga Rp6.000 saja. Dengan harga seperti itu anda sudah bisa merasakan nasi soto ayam dengan cita rasa lezat dan mengenyangkan perut. Makan siang di warung nasi soto Srapah rasanya sangat nikmat.

Tempat wisata kuliner nasi soto Jombang ini buka mulai jam 10.00 pagi sampai dengan jam 20.00 malam. Tempat makan murah ini buka dari hari Senin sampai dengan hari Minggu. Anda bisa berkunjung di sana setiap saat pada saat jam buka. Warung nasi soto ini tidak terlalu besar. Ukurannya sekitar 3×2 meter saja. Jadi agak risih juga kalau penulis harus berdesakan dengan pembeli yang bukan muhrim. Sekedar info, tempat wisata kuliner di Jombang ini juga menjadi tempat nongkrong sopir-sopir truk dan mobil pick up. Itu wajar saja mengingat harga makanan disana cukup murah dan rasa makanannya enak.

Selain nasi soto, sebenarnya Pak Ri dan Buk Mi juga menjual mie ayam. Rasa mie ayamnya juga lumayan enak. Penulis penulis sudah berlangganan makan mie ayam di sana sejak tahun 2013 lalu. Setiap kali makan di sana selalu saja ada pengalaman menarik, misalnya penulis berkesempatan bercakap-cakap dengan para petani yang kebetulan makan di sana. Penulis jadi tahu bahwa nasib petani di desa saat ini tidak terlalu baik. Mereka sedang mengalami beberapa masalah terkait ketersediaan pupuk maupun jadwal pengairan yang seringkali tidak terlalu menguntungkan petani kecil.

Demikian sharing wisata kuliner Jombang kali ini. Semoga bermanfaat. untuk Anda. Bagaimana kesan Anda setelah baca artikel ini. Apakah Anda berminat mencoba kelezatan wisata kuliner Nasi Soto Srapah?

Bagikan tulisan ini:

11 Replies to “Nasi Soto Ayam Srapah, Wisata Kuliner Enak dan Murah di Jombang”

  1. Makan-makan di Jombang memang harganya murah tapi rasanya juga cukup enak.
    liburan ke Jombang nggak menguras isi kantong malah kita dapat banyak pengalaman baru di sana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *