Ngemil Asyik Kacang Rebus Bebas Kolesterol dan Menyehatkan

Kisah Inspiratif Menggali Ide Bercerita dan Berani Mendongeng di Sekolah
Kisah Inspiratif Menggali Ide Bercerita dan Berani Mendongeng di Sekolah

Halo kawan blogger Jombang! Boleh tahu nggak kalau kalian pengen ngemil biasanya menunya apa saja? Sekedar saran saja, ngemil asyik dan menyehatkan ya makan kacang rebus. Mengapa kacang rebus? Karena kacang rebus kaya protein dan minim kolesterol. Beda halnya kalau kacang ini digoreng, duh lemaknya kemana-mana. Sudah gitu bisa menyebabkan jerawat lagi. Diantara sekian banyak jajanan tradisional di Jombang, kacang rebus adalah makanan favorit saya. Bukan saja karena sifatnya yang alami dan tidak menggunakan bahan pengawet, tetapi juga khasiatnya yang banyak.

Sajian kacang rebus tidak banyak hadir di meja makan orang-orang jaman sekarang. Biasanya orang lebih suka membeli kacang rebus yang dibungkus dengan bentuk meruncing seperti ‘cone’ yang pakai membungkus es krim. Orang Jawa menyebutnya conthong. Kacang conthong-an itu umumnya dijual secara berkeliling dengan menggunakan gerobak. Untuk menarik minat pembeli, kacang rebus disajikan dalam kondisi hangat dari atas pengukusan. Kalau sudah tiba waktu jam tiga sore, asyiknya duduk manis di depan rumah sambil menunggu penjual kacang rebus lewat.

Aroma wangi daun pandan yang digunakan sebagai teman merebus kacang adalah sisi lain keunikan kacang rebus Jombangan. Makan kacang rebus rame-rame bersama teman dan anggota keluarga paling asyik dilakukan pada sore hari sambil menunggu bedug maghrib tiba. Siapa tahu sambil ngobrol asyik kita bisa bertukar pikiran sekaligus memecah kesunyian dalam komunikasi. Apapun masalahnya kalau diobrolkan sambil makan biasanya masalah cepat selesai. Kalau perut kenyang, mikir pun jadi gampang.

Bagaimana dengan sajian kacang rebus di kota Anda? Apakah ada keunikan kuliner kacang rebus disana? Silakan bercerita di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *