Nikmat Lele Goreng Dalam Kesegaran Sayur Urap-urap

wpid-mtf_wtsmr_197.jpg.jpg

Apa kabar sobat blogger Jombang? Informasi seputar wisata kuliner Jombang kembali mampir di kawasan Mojowarno dan sekitarnya. The Jombang Taste juga hadir lagi untuk mengulas makanan desa yang menyehatkan dari Kabupaten Jombang. Ada lele penyet dan urap-urap yang hadir sebagai sajian kuliner merakyat di Jombang. Lele penyet bukanlah makanan asing bagi orang Indonesia. Setiap kota di Indonesia memiliki ragam sajian lele penyet dengan sayuran segar. Memang bukan sajian istimewa, namun keberadaan lele penyet yang disajikan di atas sayuran urap-urap tetap menarik dicoba.

Lele penyet pada umumnya disajikan dengan sambal terasi dan tomat yang disangrai. Namun kali ini lele penyet berdampingan dengan urap-urap aneka sayur. Apa yang berbeda? Soal rasa relatif sama. Hanya saja orang lebih suka menggoreng ikan lele yang berukuran tidak terlalu besar. Ikan lele yang berukuran kecil dan sedang dipercaya memiliki cita rasa yang lebih gurih. Untuk lele berukuran besar jarang dipilih orang karena pada umumnya terasa hambar. Dalam bahasa Jawa disebut sepo. Entah ini sifatnya subyektif atau tidak, memang kebanyakan ibu-ibu memilih membeli lele segar yang berukuran kecil.

Namun ada yang berbeda kali ini karena ikan lelenya menangkap sendiri di kolam ikan milik kakak, jadi ukurannya lebih besar dari biasanya. Katanya sih kelewat waktu panen sehingga ukuran ikan lele relatif besar dibanding dengan ikan lele yang biasanya dijual di pasar. Ternyata nggak mudah menangkap lele kalau belum tahu caranya. Meski berukuran besar, kalau racikan bumbu masaknya cocok, maka lele penyet rasa lezat bisa hadir di hadapan Anda. Jadi, masalah ukuran kecil atau besar sebenarnya itu tergantung selera masing-masing orang. Kandungan gizinya tidak terlalu berbeda jauh.

Ditambah dengan melihat sayur urap-urap yang terdiri dari potongan kangkung, kecambah dan kol, selera makan jadi bertambah. Inilah sajian kuliah Jombang lele penyet dan urap-urap di tempat tinggal saya. Mungkin tidak semua kota di Indonesia memiliki sajian kuliner lele penyet, namun pasti ada sajian makanan berbahan ikan air tawar yang unik di kota Anda. Bagaimana dengan sajian kuliner penyetan lele di tempat Anda? Silakan berbagi pengalaman melalui kolom komentar. Mari cintai keragaman kuliner Indonesia!

One Reply to “Nikmat Lele Goreng Dalam Kesegaran Sayur Urap-urap”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *