Nikmat Rujak Cingur di Pujasera Semanggi Mojowarno Jombang

Jawa Timur memiliki beragam wisata kuliner yang enak dan menyehatkan. Ada banyak makanan enak di Jawa Timur bisa anda temui di berbagai tempat wisata di Jawa Timur. Meski demikian, Anda juga bisa berkunjung ke sejumlah tempat wisata kuliner yang ada di Jawa Timur untuk mencicipi makanan khas Jawa Timur. Salah satu tempat wisata kuliner di Jombang adalah Pusat Jajanan Selera Rakyat (Pujasera) Semanggi. Pujasera Semanggi terletak di Dusun Mojoroto Desa Mojowangi Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Walaupun di sana ada banyak menu makanan khas Jawa Timur, makanan yang paling menarik minat penulis adalah rujak cingur.

Rujak cingur merupakan kuliner Jawa Timur yang cara penyajiannya menyerupai salad buah. Perbedaan keduanya adalah pada penggunaan saus. jika salad buah pada umumnya memakai saus mayonnaise maka rujak cingur memakai saus bumbu petis. Rujak cingur terdiri dari potongan buah segar dan sayuran yang direbus. Aneka buah yang bisa dipakai dalam kuliner rujak cingur antara lain mentimun, krai, bengkoang, kedondong dan nanas. Sedangkan sayuran rebus yang digunakan pada makanan rujak cingur adalah kecambah, daun kangkung, dan mentimun. Semua bahan tersebut menyehatkan karena mengandung antioksidan dan vitamin.

Bahan-bahan tersebut dipotong kecil-kecil dan diguyur dengan bumbu rujak cingur. Bumbu rujak cingur terdiri dari petis, cabe, terasi, garam dan ditambahkan dengan sedikit air. Petis adalah pasta berwarna hitam yang terbuat dari daging udang dengan bumbu tertentu. Cara menghaluskan bumbu rujak cingur adalah dengan cara diulek, bukan diblender dengan mesin. Bumbu rujak cingur yang diulek memiliki cita rasa lebih enak daripada bumbu yang dihaluskan dengan cara diblender. Tak lupa, bahan tambahan rujak cingur yang paling khas adalah daging cingur. Daging cingur adalah potongan kulit kepala sapi yang telah direndam air dan dimasak dengan bumbu tertentu sehingga menghasilkan cita rasa khas.

Penulis mencoba mencicipi kelezatan rujak cingur Jombang di Pujasera Semanggi mojowarno satu porsi rujak cingur seharga Rp10.000 saja dengan harga itu anda sudah bisa merasakan nikmatnya rujak cingur. Penulis membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk menunggu proses pembuatan rujak cingur selama waktu menunggu itu penulis tidak merasa bosan karena Pujasera Semanggi telah dilengkapi dengan dilengkapi dengan sistem pengeras suara yang cukup bagus lagu-lagu pop diputar sepanjang waktu dan menemani acara santap siang disana.

Pujasera Semanggi telah beroperasi sekitar empat bulan yang lalu. Tempat makan di Mojowarno ini terbilang bersih dan terjaga higienitasnya. Lokasi rujak cingur Pujasera Semanggi berada di tepi jalan raya Mojoroto, tak jauh dari markas Koramil Mojowarno. Anda bisa mencapai tempat nongkrong di Mojowarno ini dengan mudah. Tempat makan di Jombang Selatan ini memiliki halaman parkir yang luas dan bisa menampung sekitar 15 buah mobil sekaligus. Pelayanan penjual makanan di Pujasera Semanggi cukup ramah. Anda tidak akan kecewa makan siang di sana. Tempat makan murah di Mojowarno ini buka mulai jam sembilan pagi hingga jam delapan malam.

Apakah Anda berminat mencoba kelezatan rujak cingur Jombang? Mari berkunjung ke tempat wisata kuliner di Jombang!

Bagikan tulisan ini:

8 Replies to “Nikmat Rujak Cingur di Pujasera Semanggi Mojowarno Jombang”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *