Ronde Kadilangu, Sajian Penghangat Malam di Wisata Religi Makam Sunan Kalijaga

Apa kabar sobat pembaca The Jombang Taste? Saya hadir kembali menyapa Anda melalui artikel wisata kuliner Jawa Tengah. Traveling ke berbagai tempat wisata di Jawa Tengah rasanya belum lengkap kalau tidak mencicipi wisata kuliner setempat. Ada bakpia pathok, lunpia Semarang, soto Kudus, rawon Lasem, nasi gandul Pati, hingga gudeg Jogja yang sudah terkenal. Kali ini saya ulas salah satu jajanan khas masyarakat Jawa yang bernama ronde yang saya temui di TKP pekan lalu (30/6/2018). Awas jangan salah ucap ya! Suara huruf E pada kata RONDE terdengar sama persis dengan huruf E pada kata sore dan tempe. Ronde disini tidak ada hubungannya sama sekali dengan babak-babak adu kekuatan dalam olahraga tinju.

Makanan ronde bisa ditemui di hampir semua tempat wisata di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ronde Kadilangu adalah salah satunya. Semangkuk ronde harganya Rp5.000 per porsi. Tidak mahal bukan? Sama seperti halnya minuman ronde di Jawa Timur, ronde di Jawa Tengah terdiri dari nasi ketan, potongan roti, kacang goreng, dan kuah santan manis. Nasi ketan memberi manfaat mengenyangkan perut. Kacang gorengnya terasa renyah di mulut. Kuah santan pada minuman ronde telah ditambahkan irisan jahe bikin hangat tenggorokan. Minuman ronde disajikan dengan suhu panas dan hanya dijual pada malam hari. Menyantap ronde di malam hari bisa menambah hangat suhu tubuh dan menghindarkan diri kita terserang masuk angin. Ingat, walau asyik jalan-jalan, kesehatan tubuh tetap nomor satu.

Ada banyak stand penjual ronde di sekitar Kadilangu, khususnya area wisata religi Makam Sunan Kalijaga. Anda bisa menemuinya pada malam hari di sepanjang jalan raya dari lokasi parkir bus hingga area perkampungan warga Desa Kauman. Anda bisa memilihnya sesuai dengan selera bergaul Anda apakah suka tempat makan yang rame atau yang agak sepi. Anda juga bisa menemui penjual ronde di sekitar Masjid Sunan Kalijaga. Untuk memasuki lokasi masjid, setiap wisatawan harus melewati deretan stand pedagang kaki lima. Dari gapura utama, Anda jalan lurus menuju pintu masuk makam. Sebelum pintu masuk makam ada belokan ke kanan. Ikuti jalan itu. Harga semangkok ronde Kadilangu semua sama walau berbeda pedagang, yaitu lima ribu rupiah.

Minuman ronde Kadilangu menjadi kuliner pilihan menarik untuk menghangatkan malam Anda saat menginap di losmen sekitar obyek wisata Makam Sunan Kalijaga. Selain ronde, Anda juga bisa mencoba nasi goreng Kadilangu yang rasanya lezat dan terjangkau isi dompet. Bagi yang suka sayuran, jangan lewatkan menu nasi pecel Demak yang memiliki sambal gurih dan manis. Selamat merencanakan liburan ke berbagai obyek wisata di Jawa Tengah. Jangan lupa mencicipi ragam wisata kuliner daerah setempat yang pastinya unik dan tidak bisa Anda dapatkan di tempat lainnya. Ayo jalan-jalan keliling Nusantara!

Bagikan artikel ini melalui:

10 Replies to “Ronde Kadilangu, Sajian Penghangat Malam di Wisata Religi Makam Sunan Kalijaga”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *