Rujak Cingur Mejono, Kuliner Enak di Tempat Wisata Gronjong Wariti Plemahan Kediri

Makanan penggugur kandungan ibu hamil
Hati-hati kuliner pedas adalah makanan penggugur kandungan ibu hamil.

Gronjong Wariti adalah tempat wisata murah di Kediri yang akhir-akhir ini meningkat pesat popularitasnya di kalangan wisatawan Jawa Timur. Objek wisata Gronjong Wariti berada di Desa Mejono Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Pengelola obyek wisata Gronjong Wariti tidak memungut biaya untuk setiap wisatawan yang akan masuk ke area wisata alias gratis.

Tempat wisata di Kediri ini ramai dikunjungi oleh wisatawan pada libur akhir tahun 2019 lalu dan libur tahun baru 2020. Penulis berkunjung ke wisata air Gronjong Wariti pada Rabu, 1 Januari 2020 kemarin. Suasana obyek wisata Gronjong Wariti pada libur awal tahun baru sangat ramai. Ribuan wisatawan berdatangan dan memenuhi setiap jengkal lahan wisata yang tidak terlalu luas di sepanjang bantaran Sungai Mejono.

Aktivitas travelling dan jalan-jalan ke berbagai tempat wisata murah di Jawa Timur sangat menyenangkan. Anda pasti tidak ingin ketinggalan untuk mencicipi wisata kuliner daerah setempat. Demikian juga pengalaman penulis berlibur ke objek wisata Gronjong Wariti Mejono Plemahan Kediri cukup mengenyangkan.

Pada artikel sebelumnya penulis sudah bercerita pengalaman mencicipi wisata kuliner Nasi Soto Bathok dan kuliner tradisional klanting di wisata air Gronjong Wariti Kediri. Ternyata selain beberapa makanan tradisional itu di sana masih ada makanan tradisional Jawa yang lumayan enak untuk dinikmati, yaitu rujak cingur.

Kombinasi Buah, Sayur dan Bumbu Pedas

Rujak cingur adalah wisata kuliner tradisional Jawa yang banyak dijumpai pada tempat wisata di Jawa Timur dan tempat wisata di Jawa Tengah. Rujak cingur merupakan makanan sejenis salad dengan bahan utama sayur rebus, potongan buah segar, dan bumbu petis. Jenis sayur dan buah yang digunakan dalam kuliner rujak cingur antara lain irisan timun, kangkung rebus, buah bengkoang, buah nanas, buah kedondong, dan sayur krai.

Sedangkan bumbu petis adalah campuran daging udang yang telah diberi bumbu tertentu sehingga bercita rasa gurih, manis dan sedikit asin. Perpaduan antara aneka buah, sayur dan bumbu petis terasa enak. Anda bisa memesan makanan ini dengan tingkat kepedasan yang berbeda-beda sesuai dengan selera anda. Jika anda bermasalah dengan saluran pencernaan lebih baik melewatkan kuliner ini.

Kuliner rujak cingur dijual di tempat wisata Gronjong Wariti Kediri dengan harga Rp5.000 per porsi. Harga makanan yang cukup murah ini menyebabkan banyak wisatawan tertarik untuk mencoba kelezatan rujak cingur Mejono. Penulis menyarankan agar anda tidak membawa bekal makanan saat berlibur ke objek wisata Gronjong Wariti karena disana sudah banyak makanan enak yang dijual dengan harga murah dan menyehatkan.

Rujak cingur Gronjong Wariti bisa disebut sebagai wisata kuliner murah yang ada di Kabupaten Kediri. Makanan rujak cingur ala pedesaan ini cukup menggugah selera setiap orang yang melihatnya. Penulis pun tergoda untuk mencoba rasa makanan ini. Apalagi lokasi warung rujak cingur berada di bawah pohon bambu yang cukup rindang dengan suasana makan yang sejuk dan angin bertiup sepoi-sepoi sangat menyenangkan.

Pelayanan penjual rujak cingur di wisata Gronjong Wariti Kediri cukup ramah dan sopan. Mereka melayani pembeli dengan sabar, telaten serta cekatan. Sedangkan kebersihan lokasi makan rujak cingur cukup baik. Meskipun lokasi makan berada tidak jauh dari pinggir sungai namun faktor sanitasi dan higienitas tetap diperhatikan oleh pengelola warung rujak cingur Gronjong Wariti.

Bagaimana dengan pengalaman anda berlibur ke tempat wisata di Kediri? Apakah Anda juga menyukai kuliner rujak cingur saat berlibur ke objek wisata di Jawa Timur? Silakan berbagi pengalaman wisata kuliner saat Anda menjelajahi berbagai tempat wisata di Jawa Timur yang indah dan berbiaya murah.

Bagikan tulisan ini:

5 Replies to “Rujak Cingur Mejono, Kuliner Enak di Tempat Wisata Gronjong Wariti Plemahan Kediri”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *