Super Kenyang! Berlimpah Kuliner Jombang di Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW

Kuliner nasi kuning dan ayam bumbu Bali dari Jombang
Kuliner nasi kuning dan ayam bumbu Bali dari Jombang

Masyarakat muslim di Kabupaten Jombang merayakan Maulid Nabi Muhammad dalam kurun waktu sepekan ini. Mereka mengadakan kegiatan doa bersama dan membagikan beragam kuliner Jombang mulai dari hari Kamis (7/11/2019) hingga hari Minggu ini (10/11/2019). Tak pelak lagi, aneka kuliner Jombang pun tampak dalam kegiatan keagamaan yang dilaksanakan oleh masyarakat Jombang di berbagai pedesaan. Aneka makanan Jombang ini umumnya berbahan tepung dan bersifat mengenyangkan.

Perayaan Maulid Nabi Muhammad dilakukan di berbagai lembaga pendidikan dan lembaga sosial masyarakat. Diantara tempat-tempat pelaksanaan itu adalah di sekolah, di taman pendidikan Alquran, di masjid, di mushola, di kantor desa, maupun kantor organisasi lainnya. Perayaan Maulid Nabi Muhammad dilakukan dengan pembacaan sholawat Diba’, berdoa bersama sebagai ucapan syukur, dan acara makan bersama warga. Inilah keunikan budaya masyarakat Jawa. Apapun acaranya pasti ada ada sesi makan bersama.

Kegiatan paling menarik dalam Maulid Nabi tentu saja ketika dilaksanakan makan bersama. Setiap warga bergotong-royong membawa aneka makanan khas Jombang yang mereka buat di rumah masing-masing. Aneka makanan enak dari Jombang itu antara lain nasi kuning. Nasi kuning merupakan makanan istimewa bagi masyarakat Jawa. Keberadaan nasi kuning sering disimbolkan sebagai sedekah pembawa keberkahan. Nasi kuning disajikan dalam hajatan warga dengan harapan semoga Tuhan memberikan kemudahan bagi tercapainya sebuah keinginan.

Kuliner nasi kuning biasanya ditemani dengan beragam masakan lauk warga Jawa, misalnya ayam bumbu bali, ayam bakar, mie goreng, kering tempe, dan serundeng. Di antara sekian banyak makanan itu, ayam bakar merupakan makanan istimewa yang kerap dinantikan kehadirannya oleh warga. Sementara itu serundeng merupakan parutan pokok kelapa yang disangrai dalam waktu yang cukup lama sehingga berwarna kecoklatan dengan bumbu-bumbu tertentu. Perpaduan antara serundeng dan ayam bakar memberikan cita rasa yang khas pada kuliner Jombang.

Kuliner Nasi Ayam Geprek dan Lalapan Sambel Pencit Khas Jombang
Kuliner Nasi Ayam Geprek dan Lalapan Sambel Pencit Khas Jombang

Ragam Kuliner Jombang

Selain ayam bakar dan nasi kuning, warga Jombang juga mengenal adanya istilah nasi kebuli. Nasi kebuli memiliki kemiripan dengan nasi kuning. Nasi kuning terbuat dari beras dengan bumbu-bumbu khusus yang menghasilkan warna kuning. Sedangkan nasi kebuli berbahan beras dengan bumbu tertentu dengan rendaman santan yang terasa gurih. Jika warna kuning pada nasi kuning dihasilkan dari penggunaan kunyit dan bumbu-bumbu lainnya, maka nasi kebuli cenderung berwarna putih karena direndam dalam santan yang terasa gurih. Keduanya merupakan sajian istimewa masyarakat Jawa yang sedang memiliki hajat.

Kuliner Jombang berikutnya yang bisa anda rasakan dalam perayaan maulid nabi adalah kupat dan lepet. Kupat adalah sebutan bahasa jawa untuk makanan ketupat. Siapa bilang ketupat hanya hadir pada waktu perayaan hari raya Idul Fitri saja. Masyarakat Jombang pun memiliki selera kuliner yang cukup unik. Mereka menghadirkan ketupat pada perayaan Maulid Nabi. Sementara itu lepet merupakan gandengan dari makanan ketupat yang dibuat dari beras ketan, parutan kelapa dan garam dengan sedikit bahan campuran dari kacang tolo. Ketupat dan lepet memberikan keistimewaan bagi siapa saja yang ikut Kenduren Maulid Nabi.

Perayaan Maulid Nabi rasanya belum lengkap jika tidak ada apem. Apem adalah makanan khas Jawa yang yang hadir pada waktu selamatan ataupun perayaan hari-hari tertentu dalam masyarakat Jawa yang beragama Islam. Apem dibuat dari bahan tepung dengan pengembang yang telah dicampur dengan santan dan beberapa bahan tertentu. Kuliner apem Jawa memiliki variasi rasa unik. Saat ini telah hadir apem original, apem dengan rasa nangka, apem dengan varian susu, maupun apem dengan ragam toping lezat lainnya.

Beragam wisata kuliner Jombang ini semakin menambah semarak perayaan Maulid Nabi di berbagai desa di Kabupaten Jombang. Ikut merayakan Maulid Nabi bisa membuat hati senang dan perut kenyang. Bagaimana dengan perayaan Maulid Nabi di tempat tinggal Anda? Apakah warga di sekitar tempat tinggal Anda memiliki menu khusus dalam merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad tahun ini? Silakan berbagi cerita di kolom komentar.

Bagikan tulisan ini:

3 Replies to “Super Kenyang! Berlimpah Kuliner Jombang di Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *