Takokoki, Wisata Kuliner Jepang dengan Cita Rasa Jombang

Wisata kuliner Jombang berkembang dengan pesat di Jombang. Salah satu jenis makanan yang paling banyak disukai anak muda adalah makanan Jepang. Melanjutkan acara jalan-jalan sebelumnya di Alun-alun Jombang, kali ini saya berbagi cerita mencicipi kuliner Jombang takoyaki. Terdapat beberapa penjual takoyaki di Jombang mulai dari Alun-alun Jombang hingga foodcourt Kusuma Bangsa. Salah satu diantara mereka ada di Jalan Gubernur Suryo, tepatnya di teras Toko Pojok. Disana terdapat gerai Takokoki yang menjual berbagai macam variasi makanan takoyaki. Suasana di sekitar Jalan Gubernur Suryo cukup ramai pada sore hari. Para pelajar hilir-mudik di sekitar penjual makanan Jepang ini. Mereka adalah calon pembeli potensial bagi bisnis kuliner dan saya pun tertarik untuk mampir dan mencoba wisata kuliner Jepang yang berada di depan SMK Negeri 3 Jombang ini kemarin Kamis, 11 Oktober 2018.

Terdapat beberapa varian takoyaki di stand Takokoki di Jombang. Diantaranya adalah takoyaki isi sosis harganya Rp7.000 per porsi. Takoyaki isi crab stick harganya Rp8.000 per porsi. Selanjutnya takoyaki isi nugget harganya Rp8.000 per porsi. Bagi anda yang menyukai makanan laut bisa mencoba takoyaki isi cumi yang harganya Rp10.000 per porsi. Salah satu menu unik dari Takokoki adalah pizzayaki, yaitu perpaduan makanan pizza dan tokiyaki. Pizzayaki harganya Rp8.000 per porsi.

Sepengetahuan saya di Jombang baru ada makanan unik seperti pizzayaki. Selama ini kita mengenal makanan pizza sebagai hidangan berbahan dasar tepung dengan bahan-bahan topping aneka macam. Topping pizza antara lain daging sapi, jamur, saus pizza, mayonnaise, keju mozarella, jagung manis dan bawang bombay. Kali ini menu Pizzayaki cukup unik karena terdiri dari beberapa biji takoyaki yang disusun menyerupai pizza dan diberi taburan nori yang berbahan dasar daging ikan. Rasanya enak dan bikin ketagihan.

Selanjutnya saya mencoba mengikuti proses pembuatan takoyaki dari awal sampai siap saj. Bahan dasar takoyaki adalah adonan tepung dengan bumbu tertentu. Seperti orang Jawa membuat makanan kue apem, kuliner asal Jepang ini dibuat dengan cara mencetak adonan di atas loyang berlubang dengan suhu sedang selama kurang lebih 10 menit. Proses membuat makanan takoyaki lumayan rumit menurut saya karena penjualnya harus mencetak satu persatu makanan yang berbentuk kecil. Langkah berikutnya pembeli bisa memesan berbagai macam isi takoyaki mulai dari nugget, ayam cincang, daging sapi, sosis, cumi, crab stick dan lain-lain. Jika Anda penasaran silakan mencoba memesan satu persatu menu di atas. Setiap menu pastinya memiliki cita rasa yang berbeda-beda.

Jika sudah matang, kemudian takoyaki disajikan diatas kertas pembungkus. Berikutnya kita tinggal menaburkan potongan daging asap yang dibuat berbentuk lembaran tipis seperti Nori. Hanya saja kali ini bahannya terbuat dari daging ikan laut, bukan rumput laut. Jika anda suka rasa pedas maka anda bisa menambahkan saus tomat pedas di atas takoyaki. Toping paling enak dalam takoyaki adalah saus mayonaise yang ditaburkan di atasnya. Wisata kuliner takoyaki dengan merk tako koki ini bisa anda kunjungi di teras toko pojok depan SMK Negeri 3 Jombang mulai pukul 15.00 sore hari sampai dengan pukul 21.00 malam. Anda juga bisa memesan secara online dengan menghubungi layanan antar atau Delivery Service yang tersedia di lokasi. Wisata kuliner Jombang ini sangat tepat dijadikan sajian istimewa saat berkumpul bersama keluarga dan kawan-kawan di waktu sore hari.

Memilih menu wisata kuliner bukan hanya enak dan harganya murah. Anda juga harus memperhatikan kandungan gizi yang terdapat di dalam makanan tersebut. Jangan sampai Anda bermasalah dengan kesehatan gara-gara mengkonsumsi kuliner Jombang yang tidak sehat. Takokoki di Jalan Gub Suryo ini menurut saya cukup bersih dan higienis sehingga layak dikonsumsi anak-anak hingga orang dewasa. Ragam isian takoyaki menjadi nilai plus wisata kuliner ini. Selamat menikmati wisata kuliner Jombang takoyaki. Nantikan ulasan selengkapnya berbagai macam makanan enak dari Jombang hanya di blog The Jombang Taste.

Bagikan artikel ini melalui:

6 Replies to “Takokoki, Wisata Kuliner Jepang dengan Cita Rasa Jombang”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *