5 Alasan Pentingnya Mengetahui Peraturan Terkini untuk Naik Pesawat

Tri Sudarwanto, S.Pd., MSM.
Gambar ilustrasi salah satu wisatawan yang akan naik pesawat terbang.

Bagaimana kabar kawan komunitas blogger Jombang hari ini? Sadarkah Anda bahwa bepergian naik pesawat di masa new normal seperti saat ini bukan hal yang mustahil. Pemerintah dan otoritas penerbangan sudah menetapkan berbagai aturan tambahan untuk memastikan penerbangan tetap aman serta penumpang juga terlindungi dari potensi penyebaran virus selama terbang.

Meski demikian, terbang di masa new normal tidak begitu sama dengan saat sebelum-sebelumnya. Ada beberapa tambahan peraturan yang mesti Anda patuhi agar diperbolehkan terbang. Peraturan tersebut akan berbeda-beda untuk setiap kota karena bergantung pada kondisi penyebaran virus corona di daerah yang dituju. Anda bisa cek traveloka safe travel di Traveloka sebelum terbang agar penerbangan lancar dan juga aman.

Ada banyak alasan yang mendasari pentingnya untuk selalu update mengenai aturan terbaru untuk naik pesawat atau berkunjung ke daerah tertentu. Berikut beberapa diantaranya:

1. Melindungi Diri Dari Potensi Paparan Virus Corona

Peraturan tambahan yang disyaratkan untuk terbang di saat pandemi ini bertujuan untuk menghindarkan Anda dari potensi penularan virus corona di ruang publik. Contohnya adalah penyertaan surat negatif COVID-19 dari rapid test antigen hingga PCR bisa disesuaikan dengan kota tujuan Anda.

Anda juga wajib memakai masker selama berada di area bandara, di atas pesawat hingga tiba di bandara tujuan. Pengisian eHAC secara online lewat aplikasi juga salah satu cara tracking penumpang beserta kondisi kesehatan agar bisa dimonitoring oleh pejabat yang berwenang.

2. Tiba di Tempat Tujuan Dengan Selamat

Mematuhi peraturan yang ada di ketika naik pesawat juga berkaitan dengan keselamatan diri sendiri maupun penumpang lainnya sehingga Anda diwajibkan mentaati peraturan yang ditetapkan pihak penerbangan agar selamat sampai tujuan.

Pelanggaran atas peraturan yang sudah ditetapkan oleh pihak penerbangan tentunya akan berdampak buruk, baik bagi Anda sebagai penumpang maupun orang lain dan juga awak pesawat yang ada disana. Misalnya mengganggu kenyamanan penumpang lain hingga Anda dilarang terbang (blacklist) oleh maskapai.

3. Tidak Batal Liburan

Sesuai dengan peraturan terkini, calon penumpang pesawat yang gagal atau tidak memenuhi syarat terbang dan juga tidak melengkapi diri dengan surat-surat yang disyaratkan, maka otoritas bandara bisa menolak Anda untuk naik pesawat.

Jika sudah begini, rencana bepergian akan berantakan bukan? Maka dari itu Anda diharapkan bekerja sama dengan menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan dan menerapkan protokol kesehatan yang baik saat berada di bandara maupun di atas pesawat. Melaksanakan kebiasaan hidup bersih dan sehat akan berdampak bagus untuk Anda sendiri maupun orang-orang di sekitar Anda.

4. Perjalanan Lebih Nyaman

Peraturan terbang, termasuk yang paling baru mengenai menyertakan hasil rapid tes atau PCR, merupakan peraturan resmi yang ditetapkan pemerintah dan berkekuatan hukum yang wajib dipatuhi semua calon penumpang. Lakukan PCR beberapa hari sebelum keberangkatan Anda sehingga Anda memiliki waktu cukup untuk melakukan persiapan yang lain.

Anda tidak perlu merasa terbebani oleh peraturan ini. Yang jelas, peraturan yang ada ini dibuat untuk memberi kenyamanan dan keamanan kepada para penumpang sehingga perjalanan dapat berjalan dengan lancar. Jika Anda terbiasa hidup disiplin, teratur dan terencana, maka kegiatan bepergian naik pesawat terbang bukanlah hal yang rumit dilakukan.

5. Menjaga Keselamatan Diri Sendiri dan Orang Lain

Peraturan naik pesawat yang ditetapkan juga untuk melindungi Anda sebagai penumpang dan juga orang lain di dalam pesawat. Misalnya saja di masa pandemi seperti ini, jika Anda tetap nekat tidak mematuhi protokol kesehatan maka hal itu akan mempersulit diri Anda sendiri. Percayakan dan patuhi kebijakan Pemerintah dan perusahaan penerbangan demi kemudahan aktifitas penerbanan Anda.

Anda perlu melakukan hal-hal penting seperti memakai masker, melampirkan hasil rapid, berangkat terlebih dulu jika sedang sakit. Mengabaikan beberapa hal penting tersebut akan membahayakan penumpang lain yang sehat. Kebiasaan hidup buruk dan tidak disiplin membuat Anda rentan terpapar virus jika memaksakan diri terbang saat kondisi imun tubuh sedang rendah.

Gambar ilustrasi virus corona Covid-19 - Gambar diambil dari website tci-research.com
Gambar ilustrasi virus corona Covid-19 – Gambar diambil dari website tci-research.com

Nah itulah 5 alasan penting kenapa Anda harus tahu mengenai peraturan terkini ketika Anda akan naik pesawat. Anda juga harus tahu ada sanksi yang bisa dikenakan kepada orang-orang yang tidak patuh dengan peraturan terbang di masa pandemi ini.

Seperti sudah disebutkan di atas salah satunya, yaitu batal berangkat karena tidak diijinkan naik ke pesawat. Anda juga bisa dikenakan hukuman kurungan jika memalsukan surat keterangan negatif hasil rapid tes maupun PCR untuk pemeriksaan COVID-19. Sanksi tersebut diberlakukan agar bisa memberikan efek jera kepada pelanggar yang melanggar aturan penerbangan sekaligus berusaha mengendalikan pandemi ini.

Tata tertib atau peraturan penerbangan mesti diterapkan dari mulai diri sendiri, jangan menunggu kena sanksi baru taat dengan peraturan tersebut. Dengan kita mematuhi peraturan yang ada, anda akan lebih mawas selama melakukan perjalanan.

Sebagai bentuk dukungan kenyamanan dan juga keamanan selama melakukan perjalanan naik pesawat, Traveloka sebagai salah satu penyedia semua kebutuhan perjalanan Anda menyediakan fitur Traveloka safe travel yang berisi peraturan terkini tentang penerbangan, terlebih di masa pandemi ini yang selalu berubah tergantung kondisi dari daerah yang akan anda kunjungi.

Nah, dengan mengetahui peraturan terbaru dan terkini saat naik pesawat, Anda akan terhindar dari berbagai masalah dan penerbangan pun akan terasa lebih nyaman. Jadi pastikan Anda mengikuti peraturan yang berlaku saat ini ya dan selamat terbang!

Bagikan tulisan ini:
Diterbitkan
Dikategorikan dalam Gaya Hidup

Oleh Agus Siswoyo

Teacher in real life, story teller and Indonesian blogger.

1 komentar

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *