5 Cara Ayah Muda Menjaga Kesehatan Tubuh di Masa Pandemi, Nomor Terakhir Bikin Ketagihan

Workout at fitness center - Image taken from Travys Kim Facebook Fanspage
Workout at fitness center – Image taken from Travys Kim Facebook Fanspage

Halo kawan blogger Jombang semua! Bagaimana kabar kalian hari ini? Meskipun saat ini kita sedang menghadapi PPKM berlevel-level dan belum ada kejelasan kapan pandemi berakhir, semoga kita semua tetap bersemangat menjalani hidup. Terlebih lagi buat Anda para ayah muda yang memiliki kesibukan bekerja dan berumahtangga, wajib hukumnya menjaga kesehatan tubuh dan pikiran selama masa Pandemi Covid-19 berlangsung.

Lalu, bagaimana cara ayah muda menjaga kesehatannya di masa pandemi ini? Mau pandemi atau tidak, sudah menjadi keharusan bagi setiap ayah muda untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan:

1. Olahraga Teratur

Olahraga harus tetap dilakukan oleh para ayah muda sekalipun Anda memiliki segudang kesibukan yang menyita waktu seharian. Luangkan setengah jam setiap hari untuk berolahraga ringan. Jika Anda tidak mungkin berangkat ke gym, nggak ada salahnya olahraga di rumah saja. Manfaatkan beragam alat rumah tangga yang fungsinya menyerupai perlengkapan gym. Misalnya: galon air, tabung gas elpiji, timba berisi air, dan masih banyak lainnya. Jangan kehabisan akal untuk memanfaatkan beragam barang bekas menjadi alat-alat menyerupai barbel.

2. Jaga Pola Makan

Pola makan adalah bagian yang paling sulit dikendalikan oleh para ayah muda. Kebanyakan pria dewasa tidak memperhatikan bentuk badannya setelah menikah. Segala makanan kesukaannya bisa masuk perut kapan saja dan dalam porsi berapapun. Ingat! You are what you eat. Apapun yang Anda makan akan mempengaruhi kesehatan Anda selama masa pandemi ini. Konsumsi sayur dan buah yang cukup. Kurangi merokok. Kalau bisa ayah muda tidak merokok sekalian. Apalagi jika istri Anda sedang hamil, wajib hukumnya tidak mengotori udara rumah dengan polusi asap rokok.

3. Terapkan Protokol Kesehatan

Ayah muda yang bekerja seharian di luar rumah selama masa pandemi ini sangat beresiko membawa kuman penyakit saat pulang ke rumah. Oleh sebab itu penerapan protokol kesehatan harus tetap dijalankan selama masa PPKM berlevel-level ini. Anda tetap harus memakai masker saat berada di luar rumah, rajin mencuci tangan saat beraktifitas, dan menghindari kerumunan masa. Jangan merasa terbebani oleh penerapan protokol kesehatan. Justru inilah cara terbaik bagi para ayah muda menjaga kesehatan dirinya sendiri dan keselamatan anggota keluarganya.

4. Kerja dan Hiburan yang Seimbang

Jangan melulu kerja keras selama 24 jam. Para ayah muda juga butuh hiburan yang menyenangkan. Melakukan hobi berkebun dan memelihara burung bagus Anda lakukan. Membaca kitab suci juga perlu Anda lakukn untuk ketenangan hati. Mungkin saja hiburan itu bisa Anda temukan di rumah tanpa perlu keluar biaya. Misalnya bermain bersama anak-anak di rumah setelah bekerja. Hal ini bisa menghilangkan ketegangan kerja. Apalagi jika Anda bermain bersama ibunya anak-anak di rumah, dijamin makin tegang dan menyehatkan pikiran.

5. Hubungan Seks Rutin

Langkah terakhir menjaga kesehatan adalah melakukan hubungan seks secara rutin dengan pasangan resmi. Hubungan seks bermanfaat meredakan stress sekaligus memunculkan hormon bahagia dan gembira dalam tubuh. Sekalipun para ayah muda akan merasa capek setelah melakukan hubungan seks, keesokan harinya mereka akan mampu menjalani hari dengan kondisi tubuh lebih bugar dan bersemangat. Bicarakan dengan pasangan Anda kapan waktu dan tempat yang nyaman untuk melakukan hubungan seks yang lebih nikmat tanpa harus terganggu keberadaan anak-anak dan anggota keluarga lain.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu ayah muda perhatikan dalam usaha menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi. Bagaimana dengan pengalaman Anda? Silakan berbagi cerita pada kolom komentar di bawah ini.

Bagikan tulisan ini:
Diterbitkan
Dikategorikan dalam Kesehatan

Oleh Agus Siswoyo

Teacher in real life, story teller and Indonesian blogger.

1 komentar

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *