Pembelajaran Daring Saat Pandemi di Madrasah Ibtidaiyah

Ayah menjadi imam sholat untuk anak lelakinya
Ayah menjadi imam sholat untuk anak lelakinya

Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah beberapa guru di MI Miftahul Huda Ngreco. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran di MI Miftahul Ngreco menggunakan aplikasi whatsapp group dan google doc. Pembelajaran luring juga diterapkan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Adapun faktor pendukung pembelajaran daring di MI Miftahul Ngreco adalah gawai, laptop, kuota internet, dan buku mata pelajaran.

Sedangkan faktor penghambat pembelajaran daring antara lain guru tidak bisa menjelaskan secara maksimal, minat dan motivasi peserta didik, serta faktor ekonomi.

Mi Miftahul Huda Ngreco Kandat Kediri was the place for this research to be held during August 2020. The subjects used in this study were several teachers at Madrasah ibtidaiyah Miftahul Huda Ngreco. The results of this study indicated was the learning at MI Miftahul Ngreco was using the WhatsApp group and google doc applications. The supporting factors for online learning at MI Miftahul Ngreco were devices, laptops, internet quota, and subject books.

Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease2019, bahwa satuan pendidikan yang berada pada wilayah zona oranye harus melaksanakan kegiatan BDR. 4 Tahun 2020, BDR melalui pembelajaran daring dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik, tanpa terbebani tuntutanmenuntaskanseluruhcapaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan.

Pembelajaran daring lebih menitikberatkan pada kecermatan dan kejelian peserta didik dalam menerima dan mengolah informasi yang diberikan secara online . Konsep pembelajaran daring memiliki konsep yang sama dengan e-learning.

Penelitian yang dilakukanolehFatmadewipada2020 menunjukan bahwa selama pandemi COVID-19 penerapan pembelajaran daring di SD dapat tersampaikan dengan baik apabila terdapat kerjasama antara guru, peserta didik, dan orang tua.

Pembelajaran di rumah secara online membuat peserta didik lebih mandiri dan kreatif, dan pembelajaran daringmerupakan wujudkeberhasilan menciptakan socialdistancingdan meminimalisirkeramaianyangdianggap berpengaruhbesarterhadappenyebaran COVID-19.

Dari segi kelebihan pembelajaran daring memberikan fleksibilitas tempat dan waktu, menciptakan suasana belajar baru, menghemat uang transport, peserta didik dapat belajar sesuai dengan gaya belajar masing-masing, waktu berkumpul dengan keluarga lebih banyak, peserta didik lebih bertanggung jawab, kreatif, dan mandiri.

Kelemahan dari sistem pembelajaran daring ialah sulit menemukan titik fokus anak karena situasi dan kondisi rumah kurang mendukung untuk proses pembelajaran daring.

METODE

Pemilihan metode ini diharapkan dapat mendeskripsikandengansangattepat pengalaman pribadi para peserta penelitian . MI Miftahul Huda Ngreco memiliki 28 Guru. Data yang dikumpulkan berupa paparan dan penjelasan tentang pembelajaran daring di MI Miftahul Huda dan Faktor dalam proses pembelajarandaring. Informan utama yang diwawancarai yaitu 3 orang guru MI Miftahul Huda Ngreco.

Teknik analisis data yang digunakan adalah data reduction, datadisplay, dan conclusion drawing/ verivication .

HASIL DAN PEMBAHASAN Proses Pembelajaran Daring

Berdasarkanhasilwawancaraguru kelas 5B, proses pembelajaran di MI Miftahul Huda Ngreco dimulai pukul 08.00 pagi sampai 12.00 siang dan guru meminta bantuan dari orang terdekat peserta didik baik ayah, ibu,kakakataupunpendampinguntuk menjelaskan kepada anak tentang tugas dan materi melalui Whatsapp group.

Selain itu, biasanya juga menggunakan google doc yakni memberikan tautan kepada peserta didik melalui Whatsapp group guna mengerjakan beberapa soal untuk penilaian. Whatsapp group dipilih dan digunakan oleh guru karena lebih familiar untuk orang tua ataupun pendamping peserta didik . Guru kelas 5B menuturkan bahwa pelaporan hasil pembelajaran dibuktikan melalui foto, audio, maupunaudiovisual.

Guru kelas 3A menjelaskan teknis penyampaian materi dan pengumpulan untuk peserta didik kelas 3A MI Miftahul Huda Ngreco. Prosedur pertama untuk pembelajaran daring menggunakan whatsapp dan dibentuk grup kelas. Jadi, guru mengirimkan materi dan tugas melalui grup WA kelas masing-masing kemudian anak-anak nanti mengerjakan tugas dan lain-lain di kirim ke guru mapel masing via Japri. Video pembelajaran juga merupakan faktor pendukung selama pandemi.

Seperti peserta didik yang tidak kunjungpahamterhadapmateriyang disampaikan serta ada campur tangan orang tua ataupun pengasuh setiap pengerjaan tugas termasuk ulangan harian. Evaluasi ini tentu membuat sekolah tersadar bahwa aplikasi yang digunakan selama ini membawa dampak yang berbeda pada proses pembelajaran dan harus segera dicari jalan keluar . Hal ini disampaikan oleh guru kelas 5B.

Faktor Pendukung Pembelajaran Daring

Gawai merupakan alat utama yang digunakan guru selama proses pembelajaran daring. Adanya gawai akan mempermudahguruuntukmemberikan materi dan intruksi-intruksi terkait dengan proses pembelajaran . Jika gawai tidak ada, maka pembelajaran daring akan terhambat karena materi tidak akan tersampaikan kepada anak dengan baik. Disamping itu, karena media untuk mengakses danmenyampaikan materi pembelajaran membutuhkan koneksi internet, dan diperlukan paket data.

Dalam pembelajaran di MI Miftahul Huda Ngreco buku mata pelajaran merupakan alat penunjang lainnya. Karena dalam buku ini,pesertadidikdapatmembaca, mengerjakan soal, maupun memperdalam pengetahuanyangberhubungandengan materi dan tema dalam proses pembelajaran. Hal itu dilakukan karenauntukmenghindaripermasalahan pembelajaran daring. Faktor Penghambat Pembelajaran Daring Faktor penghambat dari pembelajaran daring ialah guru tidak bisa menjelaskan secara maksimal karena perubahan cara dan sistem pembelajaran.

Guru, orang tua, dan peserta didik sendiri, terbiasa dengan budaya interaksi secara langsung seperti bercanda dengan teman dan melakukan metode pembelajaran yang bervariasi, maka peserta didik harus beradaptasi dan menerima perubahan baru yangsecaralangsung akanberpengaruh terhadap kemampuan dan daya serap peserta didik . Motivasi dan dukungan yang diberikan oleh guru dan orang tua sangat penting bagi peserta didikdanberpengaruhterhadapproses pembelajaran bagi peserta didik.

DAFTAR PUSTAKA

Media sosial whatsapp sebagai media pembelajaran jarak jauh mata kuliah ilmu sosial budaya dasar. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar PendidikanKewarganegaraan. Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Efektifitas perencanaan pembelajaran dalampembelajaran pendidikan agama islam di sekolah.

Dampak covid-19 terhadapimplementasipembelajaran daringdi sekolahdasar. Pengelolaan teknologi informasi dalam menciptakan modelinovasipembelajaran. Pembelajaran daring sebagai upaya study from home selamapandemicovid-19.

Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar mahasiswa pada masa pandemik covid-19. Pembelajaran untuk Pendidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Membandingkan antara model number head together dan teams games tornamen pada hasil belajar matematika.

Belajar dan Pembelajaran. Studi eksploratif dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. Analisis proses pembelajaran dalam jaringan masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Pembelajarandaringdi sekolah kejuruan putra indonesia malang pada masapandemicovid-19.

Bagikan tulisan ini:

Oleh Agus Siswoyo

Teacher in real life, story teller and Indonesian blogger.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *