Seberapa Efektif Pembelajaran Daring Melalui Video Youtube?

Pembelajaran daring memiliki kelebihan dan kekurangannya. Salah satu kekurangan dari sistem pembelajaran daring yaitu siswa menjadi bosan dan merasa jenuh dalam proses pembelajaran. Salah satu mengatasi rasa bosan siswa yaitu dapat memanfaatkan fasilitas teknologi salah satunya menggunakan pembelajaran berbasis Website dan M-Learning melalui Youtube.

Salah satu langkah untuk menerapkan model pembelajaran berbasis tentunya harus mengetahui Bagaimana Deskrispsi mengenai model Website dan M-Learning melalui Youtube? Bagaimana Langkah-langkah dalam menerapkan model pembelajaran melalui Website dan M-Learning melalui Youtube ? Bagaimana kelebihan dan kekurangan model pembelajaran melalui Website dan M-Learning melalui Youtube ? Bagaimana analisis Saluran Youtube Nussa dan Rara Official dalam kajian pembelajaran materi PAI kelas 2 SD/MI ?

Adapun hasil penelitian yang penulis peroleh yaitu Pembelajaran daring yang membosankan dirasakan siswa karena proses pembelajaran bersifat monoton, Salah satu model pembelajaan yang dapat mengatasi hal tesebut yaitu model pembelajaran berbasis Website dan M-Learning melalui Youtubei yang sesuai dengan karakteristik anak SD/MI.

Abstract

One way to overcome students’ boredom is to be able to take advantage of technology facilities, one of which is using- based learning Website and M-Learning via Youtube. The research method used is descriptive qualitative method with library research design, the data sources used are journals, theses, books and theses as well as the Youtube channels Nussa and Rara. One learning model that can overcome this is the-based learning model Website and M-Learning via Youtubei which is in accordance with the characteristics of SD / MI children. One of the channels Youtube that can be used as teaching material for the development of PAI class 2.

METODE PENELITIAN

Subjek di dalam penelitian ini yaitu berupa jurnal dan tesis mengenai pembelajaran melalui Website, M-Learning dan Youtubeserta saluran serta analisis saluran Youtube Nussa dan Rara yang berkaitan dengan materi PAI kelas 2 SD/MI.

Dalam menggunakan media berbasis internet langkah pertama yaitu Guru harus melihat keefektifan waktu dalam mengakses situs internet, dan melihat layak atau tidaknya media tersebut digunakan serta melihat penerimaan siswa untuk media tersebut

Kendala lainnya jika menggunakan media atau sumber belajar Youtube dalam pembelajaran yaitu jaringan internet, siswa merasa tidak nyaman karena menunggu pemutaran video yang terlalu dikarenakan jaringan internet yang tidak stabil dan kelemahan lainnya yaitu kita tidak bisa memantau secara langsung apakah siswa benar membuka dan menyimak materi ajar yang kita berikan melalui Youtube.

Salah satu saluran Youtube yang mempunyai nilai edukasi yang bernuansa islami yang tidak hanya memiliki nilai moral dan ajaran agama tetapi juga sangat menghibur untuk anak khususnya anak SD/MI yaitu channel Youtube Nussa official. Film animasi Nussa dan Rara yang di unggah via Youtube merupakan hasil produksi dari The Little Giant, Animasi Nussa dan Rara bercerita tentang kisah kakak beradik yang lucu dan menggemaskan yang selalu berpakaian baik dan sopan serta saling mengingatkan jika salah satu dari mereka berbuat suatu kesalahan. Serta terdapat nilai Pendidikan Aqidah dalam film animasi Nussa dan Rara, seperti Episode yang membahas tentang 25 Nabi, Rukun Islam, Rukun Iman, Asmaul Husna dan lainnya.

Episode tersebut bisa dijadikan bahan ajar Guru dalam pembelajaran PAI kelas 2 SD/MI yang terdapat materi khusus yang membahas tentang Asmaul Husna. Contoh lainnya pendidikan Aqidah yang berkaitan dengan iman kepada Allah dalam cuplikan film Nussa dan Rara yaitu ketika Nussa menasehati adiknya yaitu Rara untuk membaca Bismillah sebagai bukti selalu mengingat Allah. Pendidikan lainnya yang terkandung dalam Chanel Youtube Nussa dan Rara Official yaitu pendidikan ibadah, hal tersebut dapat dilihat dalam cuplikan video Nussa dan Rara yang membahas tentang Wudhu, Shalat dan Puasa. Hal tersebut sesuai dengan materi PAI kelas 2 SD/MI yang membahas pokok pembelajaran menge nai shalat.

Banyak kesesuaian antara Film animasi Nussa dan Rara di Youtube dengan Kompetensi Dasar di dalam pembelajaran PAI kelas 2 SD/MI sehingga diharapkan dapat menjadi salah satu tambahan informasi untuk menerapkan pembelajaran dengan bantuan media Youtube untuk mengembangkan materi pembelajaran PAI di SD/MI. Hambatan lainnya jika menggunakan media atau sumber belajar Youtube dalam pembelajaran yaitu jaringan internet, siswa merasa tidak nyaman karena menunggu pemutaran video yang terlalu dikarenakan jaringan internet yang tidak stabil.

Analisis saluran Youtube yang dapat menjadi referensi guru dalam mengembangkan bahan ajar melalui video Youtube untuk pembelajaran PAI di SD/MI salah satunya yaitu Chanel Youtube Nussa dan Rara Official , yang memberikan Pendidikan Agama Islam yang baik dan sesuai dengan karakter anak ,kompetensi dasar serta materi pada mata pelajaran PAI kelas 2 SD/MI, mencakup nilai Akidah, akhlak dan Ibadah serta nilai lainnya dalam setiap episode yang di unggah ke Youtube sehingga akan lebih memudahkan Guru untuk mengembangkan pmebelajaran PAI menjadi lebih menarik.

Bagikan tulisan ini:

Oleh Agus Siswoyo

Teacher in real life, story teller and Indonesian blogger.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *