Pilih Menulis di Sosmed Atau Bikin Artikel Blog?

Creative Study Techniques That Actually Work - From Pinterest
Creative Study Techniques That Actually Work – From Pinterest

Bagaimana kabar kawan-kawan komunitas blogger Jombang hari ini? Mudah-mudahan kalian selalu bersemangat mengekspresikan diri melalui artikel blog pribadi.

Hari ini kalian memiliki banyak pilihan untuk berbagi pikiran melalui komunikasi di internet. Setidaknya kalian memiliki pilihan untuk melakukan interaksi melalui sosial media ataupun blog pribadi.

Pada dasarnya sosial media dan blog pribadi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga setiap orang memiliki kecenderungan yang berbeda-beda dalam melakukan aktivitas kehidupan di dunia maya.

Apa saja keunggulan ngeksis di sosial media? Setidaknya alasan pertama adalah kita tidak perlu membeli domain ataupun menyewa layanan hosting secara berkala. Tidak ada biaya yang perlu kita keluarkan secara khusus untuk bisa eksis di sosial media.

Lain halnya jika anda memiliki ketertarikan untuk menekuni blog pribadi. Terlebih lagi jika anda ingin menjadi seorang blogger profesional, tentu Anda membutuhkan biaya untuk membeli domain dan menyewa hosting secara berkala.

Itulah salah satu alasan kenapa saat ini kebanyakan blogger berhenti untuk update menulis artikel di internet. Mereka lebih suka mengekspresikan dirinya melalui aplikasi Android berbasis kreativitas dan hiburan.

Tidak perlu saya bahas disini ragam aplikasi untuk ngeksis karena anda sudah pasti paham berbagai macam aplikasi Android yang bisa menambah popularitas anda di dalam kehidupan dunia maya.

Satu hal yang perlu anda perhatikan ketika melakukan interaksi di dunia maya adalah tanggung jawab sosial dan moral terhadap segala bentuk aktivitas yang telah kita lakukan.

Ketika anda menulis artikel di internet tentu saja pembaca akan mengecek kebenaran tulisan yang telah anda bagikan. Ragam informasi yang tertuang dalam blog pribadi anda apakah sesuai dengan fakta dan tidak mengada-ada?

Terlebih lagi jika jika anda berprofesi sebagai seorang pendidik, pasti setiap artikel yang anda tulis memberikan dampak terhadap peserta didik yang anda ajar di lembaga pendidikan.

Oleh karena itu pertanggungjawaban moral dan sosial terhadap segala bentuk posting di blog artikel pribadi merupakan hal mutlak yang harus anda perhatikan untuk membangun reputasi dan personal branding di dalam kehidupan di dunia maya. 

Bagaimana dengan aktivitas anda selama ini dalam teknologi informasi? Apakah anda sudah memperhatikan sejauh mana dampak dari posting yang telah anda lakukan? Silakan berbagi pengalaman pada kolom komentar dibawah ini.

Bagikan tulisan ini:

Oleh Agus Siswoyo

Teacher in real life, story teller and Indonesian blogger.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *