Ubah Barang Bekas Menjadi Mainan Berkelas di Pesantren Ramadan Kreatif 2019

Sesi terakhir Pesantren Ramadhan Kreatif Yatim Mandiri Jombang berlangsung pada Minggu, 12 mei 2019. Kegiatan 90 orang peserta pada acara tersebut adalah membuat kerajinan tangan dengan menggunakan bahan barang-barang bekas. Para peserta sudah diberitahu sebelumnya untuk membawa berbagai barang bekas yang mudah ditemui di sekitar lingkungan mereka.

Mereka telah membawa barang-barang seperti botol plastik bekas, korek api bekas, stick es krim bekas, dan berbagai bahan bekas lain yang memiliki sifat keras. Mereka akan membuat mainan robot yang akan dipandu oleh Tim Badala Nusantara. Para peserta dibentuk menjadi 7 buah kelompok. Setiap kelompok beranggotakan 9 sampai 10 anak. Masing-masing kelompok diberikan tugas untuk membuat kerajinan tangan menggunakan barang-barang bekas yang telah mereka bahwa sebelumnya dari rumah.

Acara kreatifitas barang bekas dimulai pada pukul 09.00 pagi. Setiap peserta telah bersiap di lapangan bola basket SMK PGRI 2 Jombang. Langkah pertama dalam kegiatan ini adalah membuat desain bentuk robot. Para peserta diharuskan bekerja sana untuk membuat rancangan desain robot. Mereka berunding untuk menentukan bentuk benda apa yang akan mereka buat.

Setiap kelompok merencanakan membuat berbagai bentuk mainan, misalkan bentuk kendaraan tempur, pesawat terbang, manusia robot, hewan-hewan robot, dan lain-lain. Masing-masing kelompok memiliki imajinasi yang berbeda-beda. Kemudian mereka mulai merangkai berbagai barang bekas yang mereka bawa dari rumah.

Tahap kedua setelah tercapai kata sepakat dalam membuat desain robot adalah menyatukan berbagai potongan barang bekas itu menjadi sebuah bentuk yang mereka inginkan. Benda-benda bekas itu mereka potong sesuai dengan kebutuhan. Kemudian mereka tempelkan satu sama lain dengan menggunakan lem tembak. Sebagian peserta menggunakan lem yang dibakar untuk menggabungkan dua bahan atau lebih. Setiap kelompok diajarkan untuk bekerjasama menghasilkan sebuah produk karya seni dengan tenggang waktu yang telah ditentukan oleh panitia pelaksana.

Kegiatan Belajar Matematika Anak Yatim Piatu di Sanggar Genius Yatim Mandiri Jombang
Kegiatan Belajar Menulis dan Mengerjakan Soal Matematika Anak Yatim Piatu di Sanggar Genius Yatim Mandiri Jombang

Tahap terakhir dalam kegiatan kreatif ini yaitu mengecat barang-barang bekas yang telah mereka bentuk menjadi sebuah benda. Langkah terakhir ini dilakukan oleh tim Badala Nusantara. Beberapa anggota tim meletakkan hasil karya para peserta di tengah lapangan di bawah terik sinar matahari.

Mereka bersiap menyemprotkan cat dengan menggunakan sprayer. Pilihan warna cat kali ini adalah warna emas dan warna perak. Dua warna itu sangat ikon untuk membuat benda-benda robot dan mainan anak. Warna emas dan perak juga mewakili semangat milenial para peserta yang kreatif dan memiliki daya imajinasi tinggi dalam berekspresi membuat karya seni.

Hasil karya peserta Pesantren Ramadhan Kreatif Yatim Mandiri tahun 2019 di Jombang segera dijemur di bawah panas matahari selama sekitar 15 menit. Sambil menunggu hasil karya mereka kering, para peserta diajak untuk berteduh di bawah pohon sambil mendengarkan cerita dari Kak Alfan.

Kegiatan membuat mainan robot kreatif dari barang bekas ini berakhir pada pukul 10.00 pagi. Para peserta menerima robot buatan mereka dengan gembira. Hasil karya robotik yang telah dibuat para peserta diperbolehkan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh kegiatan.

Kreativitas mendaur ulang barang bekas menjadi mainan berkelas merupakan salah satu agenda utama dalam Pesantren Ramadhan Kreatif tahun ini. Para peserta diajak untuk memanfaatkan berbagai benda yang dianggap tidak berguna di lingkungan mereka menjadi benda yang bermanfaat dan bernilai ekonomis.

Selain itu, para peserta pesantren ramadhan kreatif dilatih untuk lebih mencintai lingkungan tempat tinggal mereka. Anak-anak dibiasakan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Mereka diajak menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal mereka.

Manfaat lain dari kegiatan ini adalah mengajarkan setia peserta untuk bekerjasama dengan orang-orang baru yang belum pernah mereka kenal sebelumnya. Meskipun mereka baru pertama kali mengenal dalam kegiatan ini, namun mereka bisa bekerjasama menghasilkan sebuah karya seni yang kreatif unik dan memiliki nilai ekonomis.

Bagikan tulisan ini:

4 Replies to “Ubah Barang Bekas Menjadi Mainan Berkelas di Pesantren Ramadan Kreatif 2019”

  1. Ah…. Andaikan aku masih kecil aku pasti tidak akan malu untuk ikut di sana. sayangnya sekarang usia sudah tidak memenuhi syarat untuk ikutan pesantren Ramadhan kreatif yatim Mandiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *