Tataplah Matahari dan Abaikan Bayanganmu

Ketika Anda menatap matahari, bayangannya selalu jatuh di belakang Anda.

Cerita motivasi ini berasal dari kehidupan Helen Keller. Helen Keller mendorong orang berpikir secara optimis melalui sebaris puisi di atas. Apa yang Anda lihat dan apa yang Anda hadapi tumbuh dalam hidup Anda. Apa yang Anda abaikan jatuh di belakang Anda. Namun jika Anda berbalik dan hanya melihat pada bayangan, maka bayangan itulah yang akan menjadi hidup Anda.

tataplah matahari dan abaikan bayanganmu
tataplah matahari dan abaikan bayanganmu

Helen Keller tidak mengeluh karena ia terlahir sebagai seorang perempuan dan berasal dari keluarga yang mengalami gangguan. Ia juga tidak mengeluh karena Pemerintah tidak memberi uang santunan yang cukup untuk cacat fisiknya. Ia menghadapi tantangan yang bahkan tidak dapat kita bayangkan oleh orang-orang bertubuh normal. Bahkan ia menolak mendramatisir kekurangannya dan menjadikan cacat sebagai bagian hidupnya.

Apa inti dari kisah motivasi kehidupan Helen Keller? Pada zaman ini, kita begitu cepat memandang diri kita sebagai korban. Kita semua adalah korban penyalahgunaan emosi, sosial, gender dan rasial. Kita tampak menikmati kesulitan yang telah kita alami dalam hidup dan memandangnya sebagai hal yang sangat tidak adil. Itu tidak benar. Fokuslah pada pandangan di depan. Abaikan bayangan-bayangan yang ditimbulkan matahari.

Menyalahkan orang lain bukanlah tindakan bijaksana. Ambillah tanggungjawab untuk masa depan Anda sendiri. Semoga terinspirasi. Enjoy blogging, enjoy writing!

One Reply to “Tataplah Matahari dan Abaikan Bayanganmu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *