Resiko Seranjang Dua Nyawa: Blog High Load dan Kena Suspend

Choose your chair
Choose your chair! Tidak mungkin engkau menduduki dua kursi sekaligus.

Menempatkan dua database website dalam satu akun cpanel sungguh sangat riskan. Hal ini saya alami ketika menggabungkan database blog ini dengan salah satu blog saya lainnya. Yang terjadi adalah sering mendapat teguran dari pihak penyedia layanan webhosting karena website ini dianggap high load.

Website yang high load menyebabkan terganggunya kinerja sebuah server secara keseluruhan. Anda bisa menebak kelanjutan ceritanya kalau ada sebuah website yang mengganggu online-nya banyak website lain maka satu web tersebut otomatis akan ‘disemprit’ oleh wasit. Sanksi itu nggak main-main: suspend. Suspend ini berlaku juga kalau kita telah membayar tagihan perpanjangan sewa hosting.

Kalau suspend sudah diberlakukan pada sebuah website maka website tersebut tidak bisa online. Otomatis nggak ada satupun orang yang bisa mengakses informasi di dalamnya. Jadi, percuma saja Anda menjadwalkan banyak artikel yang akan terbit secara otomatis kalau ternyata website tersebut nggak bisa online. Efek domino kondisi ini adalah jumlah pengunjung berkurang, merosotnya Alexa Rank, hingga berkurangnya Google Pagerank.

Image Gagal Loading

Akibat lain dari bersatunya dua database website adalah image (gambar) website ini tidak muncul. Saat artikel ini dipublikasikan, Anda bisa melihat bahwa gambar-gambar dalam website ini tidak bisa dimuat (di-load). Mungkin hal tersebut terjadi karena efek high load tadi, atau bahkan efek dari pemberlakuan hot link protection terhadap file image yang saya setting dari cpanel.

Bagaimana solusinya? Sampai sekarang saya masih mencari cara terbaik menyelesaikan masalah ini. Saya sudah mengutak-atik beberapa plugin yang menghabiskan resource secara boros. Barangkali dari kinerja mereka ada yang nggak bisa cucok dan menimbulkan error dalam database. Solusi lain yang sedang saya proses adalah memindahkan database blog ini ke dalam cpanel tersendiri.

Bagaimanapun tidur seranjang dengan dua nyawa akan lebih besar resikonya daripada tidur di ranjang sendirian. Bagaimana dengan pengalaman Anda menempatkan dua database website dalam satu cpanel? Apakah website Anda pernah mengalami high load juga? Silakan berbagi pengalaman di kolom komentar.

Enjoy blogging, enjoy writing!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *