Manajemen Operasional Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia FIA UNIPDU Jombang

Manajemen Operasional Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia FIA UNIPDU Jombang

Perkembangan pasar modal syariah di Indonesia merupakan proses berkelanjutan yang melibatkan peran Pemerintah, institusi pendidikan dan masyarakat. Penyebarluasan informasi dan sosialisasi tentang pasar modal syariah di Indonesia dinilai sangat berperan penting dalam memasyarakatkan fungsi dan peran pasar modal bagi perekonomian Indonesia.

Program-program sosialisasi yang dilakukan secara terpadu dan terarah akan mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya melakukan investasi sejak dini melalui penerbitan instrumen-instrumen pasar modal syariah. Pengetahuan itu tak terkecuali didapat di area perguruan tinggi, baik perguruan tinggi Islam maupun perguruan tinggi umum. Perguruan tinggi dapat berperan sebagai pusat informasi di bidang pasar modal diharapkan dapat memberikan informasinya pada pengguna baik di lingkungan civitas akademika maupun bagi masyarakat umum.

Pendirian Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (BEI) dimaksudkan untuk mengenalkan pasar modal sejak dini pada dunia akademis, baik pasar modal syariah maupun pasar modal konvensional. Pendirian Galeri Investasi BEI berkonsep three in one yang melibatkan kerjasama antara BEI, Perguruan Tinggi dan Perusahaan Sekuritas sehingga diharapkan civitas akademika tidak hanya mengenal Pasar Modal dari sisi teori saja akan tetapi dapat langsung melakukan prakteknya. Sasaran Galeri Investasi BEI sebagai langkah untuk menjangkau kelompok yang berpendidikan agar dapat lebih memahami dan mengenal pasar modal.

Dengan adanya Galeri Investasi BEI ini diharapkan dapat saling memberikan manfaat bagi semua pihak sehingga penyebaran informasi pasar modal tepat sasaran serta dapat memberikan manfaat yang optimal bagi mahasiswa, praktisi ekonomi, investor, pengamat pasar modal maupun masyarakat umum di daerah dan sekitarnya baik untuk kepentingan sosialisasi dan pendidikan pasar modal maupun untuk kepentingan ekonomis atau alternatif investasi.

  1. Bursa Efek Indonesia membuka Galeri Investasi BEI di Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (UNIPDU) Jombang pada 5 April 2016 dan dikelola oleh Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) UNIPDU Jombang[1]. Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang dikelola oleh mahasiswa dan dosen UNIPDU dan dikepalai oleh Yuliasnita Verlandes. Keberadaan galeri tersebut diharapkan dapat menjadi cara efektif dalam sosialisasi instrument-instrumen pasar modal, baik yang berbasis syariah maupun konvensional.

Peran dan Fungsi Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang

Pendirian Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang merupakan hasil kerjasama Bursa Efek Indonesia, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang, Perusahaan Efek dan Perusahaan Data Provider untuk berperan menyampaikan informasi Pasar Modal terkini dan memfasilitasi praktek langsung bertransaksi di Pasar Modal. Peran dan fungsi Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang adalah:

  1. Mengenalkan Pasar Modal sejak dini pada dunia akademis.
  2. Memungkinkan civitas akademika tidak hanya mengenal teori namun juga memahami praktek.
  3. Sebagai langkah untuk menjangkau kelompok yang berpendidikan agar dapat lebih memahami dan mengenal dunia pasar modal.
  4. Mendapatkan data Publikasi dan bahan cetakan mengenai perkembangan pasar modal yang diterbitkan oleh BEI termasuk peraturan dan Undang-Undang Pasar Modal.
  5. Dapat mengakses Informasi data BEI.
  6. Merupakan salah satu sarana pembelajaran yang dapat menjadi sebuah kekuatan untuk mencerdaskan bangsa.
  7. Menjadi salah satu sarana bagi para akademisi maupun masyarakat umum memperoleh informasi tentang produk pasar modal dan menjadi sarana bertransaksi secara langsung.
Peneliti Manajemen Operasional Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia FIA UNIPDU Jombang
Peneliti Manajemen Operasional Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia FIA UNIPDU Jombang

Peran PT. BEI dalam Galeri Investasi BEI

Kehadiran galeri investasi tidak dapat dilepaskan dari peran PT. Bursa Efek Indonesia sebagai pihak utama yang memiliki kepentingan dalam sosialisasi instrumen-instrumen pasar modal syariah. Peran Bursa Efek Indonesia dalam pengelolaan Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang adalah:

  1. Sebagai penyelenggara dalam proses pendirian Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang, yaitu memfasilitasi Perguruan Tinggi dalam kerjasama pendirian dengan pihak Perusahaan Efek selaku Anggota Bursa dan pihak Data provider.
  2. Menyediakan sarana publikasi rutin yang terdiri dari, Annual Report, IDX Monthly Statistics, Weekly Statistics. BEI dapat menghentikan pengiriman publikasi, apabila 2 kali berturut-turut Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang tidak memberikan konfirmasi penerimaan publikasi tersebut.
  3. Menyediakan informasi umum berkaitan dengan aktivitas perdagangan di Pasar Modal, dan perusahaan-perusahaan yang bergerak di Pasar Modal.
  4. Menyediakan sekurang-kurangnya satu (1) buah Papan nama GALERI INVESTASI BEI bagi Perguruan tinggi pada saat acara peresmian. Design dan ukuran ditentukan oleh BEI.
  5. Atas permintaan Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang, dengan memperhatikan waktu dan ketersediaan sumber daya manusia yang ada, pihak BEI akan memberikan penyuluhan dan penerangan kepada staf akademik dan mahasiswa dalam rangka edukasi dan sosialisasi Pasar Modal.
  6. Membina hubungan dengan Pengelola Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang untuk mengetahui keluhan dan usulan yang ada.
  7. Sesuai dengan kemampuan dan ketersediaan waktu, BEI dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa dan para staf akademik untuk melakukan penelitian dalam rangka penyelesaian tugas akhir yang berhubungan dengan bidang usaha BEI, dengan memberitahukan secara tertulis terlebih dahulu kepada BEI dan harus mendapatkan persetujuan dari BEI mengenai jumlah mahasiswa, staf akademik dan waktu untuk melakukan penelitian tersebut.
  8. Sesuai dengan kemampuan BEI, untuk dapat membantu mengarahkan dan mengembangkan aktivitas Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang, agar terus berkembang.

Selanjutnya, pihak perguruan tinggi pun memiliki andil yang tak kalah penting dalam rangka mengedukasi mahasiswa dan masyarakat terkait sosialisasi pasar modal syariah di Indonesia.

Peran UNIPDU dalam Pengelolaan Galeri Investasi BEI

Perguruan tinggi menyediakan lokasi dan sumber daya manusia pengelola Galeri Investasi BEI yang kelak menjadi ujung tombak bagi promosi instrumen-instrumen pasar modal syariah ke masyarakat. Peran UNIPDU dalam pengelolaan Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang adalah:

  1. Membuka dan mengelola Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang di Perguruan Tinggi, dengan sarana dan prasarana sebagai berikut: berlokasi di Perguruan Tinggi dengan luas minimal 30 meter persegi, fasilitas telepon minimal satu line dan jika diperlukan dapat dilakukan penambahan line, dan keperluan fisik lainnya misalnya alat tulis menulis dan furniture demi menunjang aktivitas yang dilaksanakan oleh Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang, memasang Papan nama Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang di lingkungan Perguruan Tinggi dengan ukuran standard GALERI INVESTASI BEI untuk dipasang di halaman depan Perguruan Tinggi atau di ruang Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang, menyediakan supply listrik yang memadai, memiliki minimal 2 (dua) buah komputer yang ditempatkan di Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang, dan tersedianya biaya-biaya operasional Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang.
  2. Melaporkan kepada para pihak terkait, terhadap hasil kegiatan pengembangan Pasar Modal melalui Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang setiap akhir bulan dengan menggunakan Form Laporan Bulanan GALERI INVESTASI BEI.
  3. Membuat kegiatan sosialisasi Pasar Modal. Hal ini diwujudkan dengan melaksanakan seminar secara berkala dengan lokasi seminar yang berbeda-beda dan menjangkau beragam lapisan masyarakat.
  4. Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang wajib membuat rencana kerja tahunan dan dikonsultasikan terlebih dahulu kepada BEI.
  5. Memberikan konfirmasi atas diterimanya pengiriman publikasi dari BEI paling lambat dalam 2 minggu setelah waktu diterimanya publikasi tersebut.
  6. Melayani kebutuhan pengunjung Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang terhadap informasi pasar modal.
  7. Memberikan masukan kepada BEI tentang pengembangan Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang melalui Form Masukan dari pihak Pengelola Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang.
  8. Membuka minimal 25 rekening efek baru setiap tahunnya.

Peran Perusahaan Efek dalam Galeri Investasi BEI

Selain itu, kehadiran galeri investasi juga tak lepas dari keterlibatan perusahaan efek yang berkecimpung dalam perdagangan surat-surat berharga di bursa efek. Peran Pihak Perusahaan Efek dalam pengelolan Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang adalah:

  1. Membuka galeri dengan fasilitas transaksi online dan mini dealing room yang ditempatkan di dekat Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang pada lokasi yang disediakan oleh Perguruan Tinggi.
  2. Menyediakan informasi dan data yang berhubungan dengan pasar modal di Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang seperti laporan riset, berita, prospektus, laporan keuangan dan bentuk publikasi lainnya.
  3. Melakukan promosi dilakukan melalui kerjasama dengan Perguruan Tinggi yang akan menyebarkan informasi yang tidak bertentangan dengan peraturan pasar modal yang berlaku.
  4. Dengan memperhatikan waktu dan ketersediaan sumber daya manusia yang ada, Perusahaan Efek mendukung pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pasar modal.
  5. Guna kelancaran pengembangan Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang, Perusahaan Efek bersedia memberikan training/pelatihan kepada para pengelola GALERI INVESTASI BEI yang ditunjuk oleh Perguruan tinggi.
  6. Sesuai dengan kemampuan dan ketersediaan waktu, Perusahaan Efek dapat memfasilitasi kegiatan penelitian ataupun praktik kerja/magang bagi mahasiswa/mahasiswi Perguruan Tinggi dalam rangka penyelesaian tugas akhir.
  7. Sesuai kesepakatan antara Perguruan Tinggi dan Perusahaan Efek, Perusahaan Efek dapat memberikan sharing fee transaksi yang dilakukan di Galery sebesar kesepakatan kedua belah pihak (Perguruan Tinggi dan Perusahaan Efek).
  8. Melakukan perjanjian pemberian sharing fee transaksi (apabila ada) bisa diatur secara terpisah. Hal ini memungkinkan bagi pengelola galeri investasi untuk mendapatkan penghasilan.
  9. Bersedia memberikan kemudahan dan membuka kesempatan bagi mahasiswa di perguruan tinggi untuk magang atau apabila memungkinkan dapat bekerja sebagai karyawan tetap atau sementara di Perusahaan Efek
  10. Wajib membantu Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang membukakan minimal 25 (dua puluh lima) rekening efek baru setiap tahun di Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang dan melaporkan secara berkala setiap 3 (tiga) bulan sekali perihal jumlah account dan pembukaan rekening efek baru di Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang kepada BEI.

Peran Data Provider dalam Galeri Investasi BEI

Kecanggihan teknologi turut mempengaruhi perilaku masyarakat dalam berinvestasi. Kemudahan teknologi telepon genggam memungkinkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pasar modal syariah maupun pasar modal konvensional dengan lebih baik. Kesuksesan operasional galeri investasi dapat tercapai berkat dukungan penyedia data atau data provider. Peran Pihak Data Provider dalam pengelolaan Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang adalah:

  1. Mendukung kegiatan Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang termasuk menyediakan informasi umum yang berkaitan dengan perkembangan Pasar Modal di Indonesia termasuk penyediaan Data Real Time perdagangan saham di BEI kepada Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang.
  2. Menyediakan fasilitas Real Time Information dengan harga khusus berdasarkan kesepakatan.
  3. Guna kelancaran pengembangan Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang, bersedia memberikan training/pelatihan kepada para pengelola Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang yang ditunjuk oleh Perguruan tinggi berkaitan dengan produk data provider.
  4. Dengan memperhatikan waktu dan ketersediaan sumber daya manusia yang ada, perusahaan efek mendukung pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pasar modal.

Proses Pendirian Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang

Proses pendirian Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang berlangsung cukup lama. Hal itu terjadi karena proses ini melibatkan banyak pihak dalam pasar modal di Indonesia. Berdasarkan wawancara peneliti dengan Kepala Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang, proses pendirian tersebut memakan waktu kurang lebih. 1 (satu) tahun. Oleh karena itu, hambatan dalam pendirian galeri investasi paling besar berasal dari sumber daya manusia-sumber daya manusia yang siap mengelola galeri investasi dengan komitmen tinggi.

Pendirian Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang memiliki beberapa tahapan sebagai berikut :

  1. Tahap Penjajakan Pendirian Galeri Investasi BEI

Hal Dalam tahap ini BEI akan memfasilitasi untuk mempertemukan pihak kampus dalam pemilihan Perusahaan Efek dan Data Provider sebagai mitra pendirian Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang. Informasi keberadaan GALERI INVESTASI BEI di areal Perguruan Tinggi bisa didapat melalui website Bursa Efek Indonesia dan Pusat Informasi Pasar Modal di berbagai daerah di Indonesia.

Dalam tahap ini dilakukan korespondensi dengan pengajuan surat dari pihak UNIPDU Jombang ke PT Bursa Efek Indonesia dengan disertakan: (1) Proposal Pendirian Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang yang templatenya disediakan BEI dan dapat di download di www.idx.co.id dalam menu edukasi sub menu Galeri Investasi BEI[2], (2) Person incharge (PIC) Perguruan Tinggi yang ditunjuk dalam pendirian Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang, dan PT Bursa Efek Indonesia akan memberikan surat balasan kepada pihak UNIPDU Jombang, (3) Survey ke Lokasi & Koordinasi setelah memberikan surat balasan kepada pihak Perguruan Tinggi, BEI melakukan survey lokasi.

Sebagai wadah informasi pasar modal di areal UNIPDU Jombang, selain dengan BEI, Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang harus di dukung juga oleh beberapa pihak antara lain dengan pihak Perusahaan Efek selaku Anggota Bursa dan Pihak Data Provider (apabila diperlukan). Pihak Perusahaan Efek, sebagai mitra dari sisi praktek perdagangan dan pihak data provider selaku penyedia data real time di areal Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang.

Beberapa langkah pihak UNIPDU Jombang dalam mencari Perusahaan Efek dan Data Provider selaku mitra pendirian Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang, antara lain: (1) Pengajuan Surat untuk menjadi mitra ke beberapa Perusahaan Efek selaku Anggota Bursa dengan dilengkapi Profil UNIPDU Jombang, (2) Balasan Surat dari perusahaan Efek selaku Anggota Bursa kepada UNIPDU Jombang, (3) Presentasi Profil masing-masing Perusahaan Efek selaku Anggota Bursa kepada pihak UNIPDU Jombang, (4) Pihak UNIPDU Jombang melakukan Review Perusahaan Efek selaku Anggota Bursa sebagai mitra, (5) Pihak UNIPDU Jombang menghubungi pihak perusahaan efek untuk kesepakatan bersama dalam pendirian Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang, (6) Pihak UNIPDU Jombang mengajukan Surat ke beberapa Data Provider untuk menjadi mitra dengan dilengkapi Profil UNIPDU Jombang, (7) Balasan Surat dari Data Provider kepada Perguruan Tinggi, (8) Review Data Provider sebagai mitra, dan (9) UNIPDU Jombang Menghubungi pihak Data Provider untuk kesepakatan bersama pendirian Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang. Selain itu, pihak UNIPDU juga aktif melatih mahasiswanya agar mampu mengoperasikan perangkat lunak dan perangkat keras pendukung aktifitas pasar modal dengan baik.

  1. Tahap Pendirian Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang

Tahap Tahap pendirian ini dapat dilakukan setelah: (1) pihak UNIPDU Jombang mendapatkan Perusahaan Efek selaku Anggota Bursa menjadi mitra Pendirian Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang, (2) Pihak Perguruan Tinggi mendapatkan Perusahaan Data Provider menjadi mitra Pendirian GALERI Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang jika diperlukan, dan (3) Pihak Perguruan Tinggi sudah menentukan lokasi Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang.

Dalam proses pendirian, persiapan awal pendirian adalah dengan menyiapkan sebuah Memoir of Understanding (MoU) pendirian. Langkah Pembuatan MoU pendirian Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang, sebagai berikut: (1) Pembuatan kesepakatan Draft MoU antara BEI, UNIPDU, Perusahaan Efek, dan Data Provider, (2) Review Draft MoU dari masing-masing pihak, (3) Review Draft yang telah di edit dari masing-masing pihak, (4) Kesepakatan dari semua pihak, (5) Penomoran MoU dari masing-masing pihak, (6) Finalisasi Mou, dan (7)  Peresmian Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang dan Pencetakan Sertifikat Pendirian Galeri Investasi BEI

Perlengkapan operasional dan fasilitas Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang disediakan pihak universitas adalah: (1) Ruangan yang memiliki luas minimal 4×5 meter persegi, berokasi strategis dan dilewati oleh banyak orang, dan satu sisi ruangan dengan jendela kaca yang besar, (2) Ketersediaan supply listrik, (3) Jaringan telepon dan internet, dan (4) Furniture meja komputer dan kursi untuk pengelola Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang dan pengunjung, rak buku untuk penyimpanan dan display publikasi.

Standard minimal perlengkapan elektronik untuk operasional Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang adalah 1 unit komputer utama dengan koneksi internet, 4 unit komputer dengan koneksi internet, printer, telepon dan sambungan telepon, Mesin Fax, TV LCD 32 inchi untuk menampilkan RTI,  rak atau lemari buku, lemari arsip, dan air conditioner.

Selain itu, pada tahap ini juga diperiksa kesiapan system trading di Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang, rencana pengembangan edukasi dan sosialisasi, kesiapan Buku-buku referensi pasar modal di Galeri Investasi BEI, kesiapan data-data di Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang, kesiapan papan nama standard yang ada di areal Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang.

  1. Tahap Peresmian Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang

Tahap Pada tahap ini menggambarkan tentang proses persiapan acara peresmian beroperasinya Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang. Penentuan tanggal peresmian beroperasinya Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang akan disesuaikan dengan waktu semua pihak. Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang siap beroperasi setiap saat manakala perjanjian kerjasama dan segala persyaratan sudah dipenuhi. Agar kehadiran Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang di Universitas lebih terekspose ke masyarakat sekitar maka dalam acara peresmian tersebut agar dimanfaatkan sekaligus untuk mengadakan acara yang berkaitan dengan seminar Pasar Modal.

Terdapat dua proses yang bisa dipilih oleh pihak UNIPDU Jombang dalam Peresmian Galeri Investasi BEI, yaitu (1) Seremonial Penandatanganan MoU dan Sertifikat Pendirian Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang. Peresmian beroperasinya Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang ditandai dengan Penandatanganan MoU dan sertifikat pendirian Galeri Investasi BEI yang diadakan di Perguruan Tinggi, dan (2) Seremonial penandatanganan Sertifikat Pendirian Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang. Masing-masing pihak dengan difasilitasi oleh BEI, menandatangani terlebih dahulu MoU final, acara seremonial pembukaan akan dilakukan dengan kesepakatan bersama. Acara seremonial hanya melaksanakan penandatanganan piagam kerjasama.

Hal yang dipersiapkan dalam prosesi acara peresmian Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang  adalah (1) Penyiapan tempat dan dekorasi dipersiapkan oleh pihak UNIPDU Jombang dengan kapasitas ruangan yang disesuaikan dengan tamu undangan, (2) Penyiapan Backdrop dan Spanduk dipersiapkan oleh pihak UNIPDU dengan aturan penulisan judul disesuaikan dengan tema acara dan untuk menghindari risiko kesalahan dalam logo maka para pihak dapat mengirimkan logo masing-masing dalam waktu 4 sampai 14 hari kerja kepada panitia pihak UNIPDU, (3) Penyiapan peralatan presentasi  yang meliputi notebook, infocus, screen atau layar tampilan, sound system, persiapan meja untuk penandatanganan MoU, dan pulpen untuk acara penandatangaan disiapkan oleh pihak Perguruan Tinggi, (4) Penyiapan undangan dilakukan pihak Perguruan Tinggi dengan menggunakan daftar yang akan diundang disiapkan oleh pihak Perguruan Tinggi, (5) UNIPDU menyiapkan susunan acara, cinderamata, souvenir bagi peserta, dokumentasi, MC, Moderator, dan daftar hadir yang disepakati oleh semua pihak, (6) Sertifikat disiapkan oleh BEI, (7) MoU/Piagam Kerjasama Galeri Investasi BEI disiapkan oleh BEI, (8) Penyiapan Sistem trading dan Real time data akan disiapkan oleh Perusahaan Efek dan Data Provider selaku mitra, (9) Penyiapan buku referensi oleh BEI, sedangkan rak akan disediakan oleh pihak Perguruan Tinggi, dan (10) Kesepakatan bersama mengenai teknis acara peresmian di Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang.

Tanggung Jawab Pengelolaan Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang

Dalam rangka pelaksanaan pengelolaan Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang para pihak telah membentuk Susunan Pengurus untuk membantu Panitia Pelaksana, Para Pihak menunjuk wakil-wakilnya yang akan bertugas menentukan rencana kerja berdasarkan persetujuan para anggota dalam jangka waktu selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja setelah ditandatanganinya Perjanjian para pihak telah menunjuk wakil-wakil sebagaimana dimaksud. Wakil yang ditunjuk tersebut akan bekerja sama dan akan membuat laporan perkembangan dalam setiap kegiatan yang dilakukan.

Kriteria Pengelola Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang secara Umum telah ditentukan oleh BEI sebagai berikut:

  1. Pengelola Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang berjumlah minimal 2 orang dan ditunjuk oleh pimpinan perguruan tinggi melalui SK Pimpinan UNIPDU Jombang dan disampaikan kepada BEI.
  2. Memiliki pengetahuan dasar mengenai pasar modal.
  3. Dapat memberikan penjelasan tentang pasar modal dan membantu para pengunjung Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang memahami tentang ilmu tersebut.
  4. Dapat melayani kebutuhan informasi dan menjawab pertanyaan para pengunjung Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang.
  5. Tidak menerima honor dari BEI.
  6. Mempunyai Komitmen untuk terus menerus mengembangkan Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang.

Manajemen operasional Galeri Investasi BEI dilaksanakan dalam pola perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang terstruktur. Tugas Pengelola Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang secara umum adalah:

  1. Menyediakan buku tamu dan melayani pengunjung Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang yang membutuhkan informasi pasar modal/Bursa Efek Indonesia.
  2. Menjadi mediator untuk kebutuhan informasi para pengunjung jika tidak tersedia di Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang.
  3. Menjadi petugas penghubung (contact person) antara pimpinan universitas/fakultas dengan BEI, Perusahaan Efek dan Data Provider.
  4. Memberikan laporan perkembangan Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang setiap 1 (satu) bulan dan menyampaikannya kepada Divisi Pemasaran PT Bursa Efek Indonesia melalui Form Laporan Bulanan Galeri Investasi BEI, dan (5) Bertanggung jawab atas penyelenggaraan dan keamanan Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang setiap harinya termasuk mengawasi kelengkapan publikasi serta perangkat komputer yang ada di GALERI INVESTASI BEI.

Untuk mengelola maupun mengembangkan Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang, UNIPDU memerlukan sistem pengelolaan mencakup pembagian fungsi dan wewenang yang jelas dan sistematis dalam alur kerja, SOP serta tanggung jawab pihak terkait. Suatu sistem pengelolaan yang baik harus memiliki prasarana dan sarana agar pengelolaan tersebut dapat melakukan layanan yang efektif dan efisien.

Proses pengelolan Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang meliputi beberapa tahap, yaitu:

  1. Tahap awal Pengelolaan Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang adalah tahap dimana Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang mulai melakukan operasinya. Langkah awal secara umum yang perlu dilalui dengan cara membuka network, baik melalui media maupun lembaga serta instansi terkait, mencari rekanan lokal guna memudahkan akses pengembangan, sosialisasi pasar modal, meningkatkan jumlah pengunjung yang mempraktekan ilmunya untuk melakukan transaksi, standarisasi data bagi pengunjung, pertemuan pengelola Galeri Investasi, laporan perkembangan Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang dan evaluasi Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang. Dengan harapan tersebut diatas, otomatis para pengelola di tuntut untuk melakukan satu inovasi dan kreativitas guna terciptanya satu siklus pembelajaran.
  2. Tahap Berkembang Pengelolaan Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang adalah tahap dimana pengunjung Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang mulai banyak bergabung, kegiatan kearah sosialisasi pasar modal di kalangan Perguruan Tinggi semakin meningkat.
  3. Tahap Maturity Pengelolaan Galeri Investasi BEI adalah tahap dimana Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang sudah mempunyai network yg mapan, masyarakat akademisi sudah banyak melakukan praktek & pengetahuan Pasar Modal maksimal dan lebih menekankan peningkatan transaksi, peningkatan edukasi.

Susunan Pengurus Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang adalah sebagai berikut:

  1. Pembina: Rektor Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum, Direktur Utama BEI dan Direktur Utama Perusahaan Efek.
  2. Penanggungjawab/Koordinator: Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.
  3. Seksi Pelatihan/Seminar/Workshop: Yuliasnita Velandes
  4. Seksi Administrasi dan Keuangan, Seksi Marketing, Public Relation, Database dan Intalasi: Muhammad Ibrahim dan Siti Mazidah.
  5. Seksi Research and Development: Muhammad Ferdy.

Mekanisme Pengelolaan Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang secara umum adalah:

  1. Melayani kebutuhan informasi dan menjawab pertanyaan para pengunjung Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang.
  2. Mengoperasikan Internet untuk kebutuhan data dan informasi pengunjung Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang.
  3. Menyampaikan permintaan kebutuhan informasi pengunjung yang tidak tersedia di Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang kepada pihak BEI di Jakarta.
  4. Menerima kiriman publikasi dari BEI dan menempatkannya di rak buku yang dapat dilihat oleh para pengunjung Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang.
  5. Memberi konfirmasi atas diterimanya kiriman publikasi dari BEI.
  6. Mengembangkan edukasi pasar modal di areal kampus.
  7. Mengirimkan rencana pengembangan Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang setiap awal tahun untuk program-program kegiatan yang berkesinambungan

Ketentuan Galeri Investasi BEI Secara Umum adalah:

  1. Tersedia SDM Perusahaan Efek yang dibutuhkan untuk operasional galeri dalam jangka waktu tertentu sesuai kebutuhan Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang.
  2. Tersedia petugas Pengelola Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang di kampus sesuai dengan jam dan hari kerja dalam kalender akademik.
  3. Waktu Operasi Galeri diatur sesuai dengan jam dan hari kerja dalam kalender akademik.
  4. Menjaga ketertiban dan sopan santun sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh pengelola Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang.
  5. Segala sesuatu masalah yang timbul akibat dari transaksi antara Perusahaan Efek dengan nasabah, menjadi tanggung jawab bersama pengelola Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang.
  6. Pelaksanaan training pemakaian aplikasi oleh trainer Data Provider akan dilakukan setelah proses instalasi software

PT BEI juga telah menyusun system Evaluasi Kinerja Galeri Investasi BEI Secara Umum. Evaluasi bertujuan untuk menilai kinerja pelaksanaan, manfaat, dampak, dan keberlanjutan kegiatan yang dilaksanakan dalam kerangka tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. Kegiatan evaluasi dilakukan secara rutin dan berkala, baik oleh pengelola maupun pihak BEI, perguruan tinggi dan Perusahaan Efek. Kegiatan evaluasi ini perlu disusun secara sistematis, obyektif, dan transparan. Kegiatan evaluasi dilakukan berdasarkan laporan pihak pengelola.

Laporan Pengelola dilaksanakan secara berkala guna menjamin aliran informasi secara cepat, tepat dan akurat kepada setiap pemangku kepentingan. Yang dimaksud berkala adalah setiap periode waktu tertentu dalam hal ini setiap akhir bulan memberikan laporan kegiatan dan perkembangan Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang kepada BEI melalui surat/fax atau email.

  1. BEI mengatur sosialisasi Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang secara umum. Sosialisasi bertujuan untuk memberi pemahaman kepada Mahasiswa serta masyarakat umum lainnya. Hal-hal yang disampaikan meliputi pengertian, tujuan, konsep, mekanisme dan lain-lain, agar terbangun pemahaman, kepedulian, serta dukungan terhadap Perkembangan dunia Pasar Modal secara umum dan perkembangan Pemahaman tentang Pasar Modal di area akademisi secara khusus.

Alamat Surat Menyurat Galeri Investasi BEI Secara Umum adalah:

  1. Alamat surat menyurat melalui alamat Kampus yang tercantum dalam MoU. Apabila ada perubahan, ada pemberitahuan tertulis dari Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang mengenai perubahan tersebut.
  2. Informasi yang disampaikan melalui faksimili harus disampaikan juga melalui pos tercatat, apabila pemberitahuan melalui pos gagal diterima maka tidak mempengaruhi keabsahan pemberitahuan yang telah disampaikan melalui faksimili.

Beberapa Hal Penting Lainnya Terkait operasional Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang adalah mengenai pendirian Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang, yaitu:

  1. MoU Pendirian Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang berlaku sejak tanggal ditandatanganinya perjanjian, dan dapat diakhiri lebih awal karena sebab-sebab tertentu.
  2. Berdasarkan kesepakatan Para Pihak, MoU Pendirian Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang dapat diperpanjang untuk waktu yang akan ditetapkan kemudian.
  3. Apabila salah satu Pihak ingin mengakhiri Perjanjian, maka Pihak tersebut harus menyampaikan hal tersebut secara tertulis selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari kerja sebelumnya kepada pihak lainnya.

Selain itu, masing-masing pihak berhak melakukan pemutusan kerjasama, apabila terjadi hal-hal sebagai berikut:

  1. Salah satu pihak melakukan pelanggaran terhadap ketentuan perjanjian, dimana pihak lainnya telah menyampaikan peringatan namun pelanggaran tersebut tidak dilakukan upaya perbaikan dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja terhitung sejak tanggal diterimanya peringatan tersebut oleh Pihak yang melakukan pelanggaran,
  2. Sehubungan dengan terhalanginya salah satu pihak untuk melaksanakan kewajiban-kewajiban berdasarkan Perjanjian ini karena peristiwa: kepailitan atau likuidasi secara sukarela, kepailitan atau likuidasi yang tidak dikehendaki, sebagian besar aset salah satu Pihak terlibat dalam suatu perkara apapun, baik di dalam negeri atau di luar negeri, atau disita karena sebab apapun yang secara material dapat mengganggu pelaksanaan, dan ijin-ijin operasional dan usaha dibatalkan, dicabut atau berakhir dan tidak diperbaharui.
  3. Apabila berdasarkan evaluasi tidak dapat dilanjutkan atau tidak sesuai dengan maksud masing-masing Pihak pada waktu penandatanganan Perjanjian.
  4. Dalam hal terjadinya Force Majeure, maka Pihak yang mengalaminya wajib menyampaikan pemberitahuan dengan segera kepada Pihak Lainnya mengenai terjadinya Force Majeure tersebut dan harus melakukan segala sesuatu yang dianggap penting sebagai upaya untuk tetap memenuhi kewajiban.

Kesimpulan secara umum yang dapat peneliti sampaikan adaah Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang memiliki peran dan fungsi ganda, yaitu sebagai media edukasi dan sosialisasi kepada civitas akademika yang mempelajari perkembangan pasar modal di Indonesia dan sekaligus sebagai media promosi instrumen-instrumen pasar modal di Indonesia.

Proses pendirian Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang memerlukan waktu kurang lebih 1 (satu) tahun dengan melibatkan PT. Bursa Efek Indonesia (BEI), perusahaan sekuritas, perguruan tinggi, dan penyedia data.

Kriteria dan tanggung jawab pengelolaan Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang mengacu pada Pedoman Galeri Investasi BEI 2013 yang memuat hak dan kewajiban masing-masing pihak dalam proses pendirian dan operasional galeri investasi.

Peneliti menyarankan agar upaya edukasi dan promosi oleh pihak-pihak terkait dilakukan lebih gencar dalam memasarkan instrumen-instrumen pasar modal syariah kepada masyarakat luas sehingga memiliki manfaat pada peningkatan kontribusi masyarakat dalam pasar modal syariah di Indonesia. Dengan demikian, masyarakat akan lebih terpacu untuk berinvestasi pada keuangan yang halal sekaligus meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengembangan perekonomian nasional.

[1] Wawancara peneliti dengan Yuliasnita Verlandes, Kepala Galeri Investasi BEI FIA UNIPDU Jombang pada 16 Mei 2016

[2] PT. Bursa Efek Indonesia, Pedoman Galeri Investasi BEI 2013 Version 2.0,

http://www.idx.co.id/Portals/0/StaticData/AboutUs/IDXProgram/IDXCorner/Pedoman-Galeri-Investasi-BEI-2013_version2-0.pdf, diakses pada 16 Mei 2016

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *