Prestasi Indonesia di Bidang Ekonomi Syariah Bertambah

Islamic finance a global phenomenon - European expert The main challenge facing Islamic economy is poor understanding of Muslim consumers and their needs, according to Professor Laurent Marliere
Islamic finance a global phenomenon – European expert The main challenge facing Islamic economy is poor understanding of Muslim consumers and their needs, according to Professor Laurent Marliere

Saya turut senang saat membaca salah satu tweet pemilik akun Twitter @iaeiindonesia yang menyatakan bahwa pelaku Ekonomi Syariah Indonesia menambahkan prestasi di mata ekonom syariah dunia. Indonesia meraih tiga penghargaan dari ajang Islamic Finance News (IFN) yang diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia pada 9 Maret 2015 lalu. Siapa saja institusi ekonomi syariah yang meraih penghargaan bergengsi dari para pelaku dan akademisi ekonomi Islam dunia?

1. Bank Muamalat Indonesia

Bank Muamalat Indonesia (BMI) berprestasi di kategori penghargaan “The Best Islamic Retail Bank 2014”. Bank pertama yang murni menerapkan sistem syariah di Indonesia ini berhasil mengungguli kinerja 97 bank syariah lainnya di seluruh dunia. Saya tidak heran dengan prestasi tersebut karena sejak lama saya mengamati BMI mampu menjawab kebutuhan masyarakat akan keuangan syariah yang tepat dan solutif.

2. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI meraih penghargaan sebagai “The Best Regulator in Promoting Islamic Finance.” Prestasi OJK RI mengalahkan 20 Bank Sentral maupun Otoritas Keuangan Negara lainnya. Prestasi ini sungguh membanggakan karena pada tahun sebelumnya dipegang oleh Bank Sentral Uni Emirat Arab. Jika dunia sudah mengakui prestasi OJK RI, lalu apakah Anda menyangsikan kinerja anak negeri?

3. Kementerian Keuangan Republik Indonesia

Keputusan Kementerian Keuangan RI untuk menerbitkan Sukuk Negara senilai Rp1.5 milyar menghasilkan penghargaan “Deals of the Year 2014” dari Islamic Finance News (IFN) tahun 2014. Kebijakan keuangan tersebut dinilai tepat untuk menyadarkan masyarakat luas betapa perekonomian syariah telah menjadi jawaban bagi berbagai permasalahan ekonomi yang kita hadapi saat ini.

Itulah beberapa prestasi terbaru Indonesia di bidang perekonomian syariah. Bagaimana komentar Anda menanggapinya?

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

One thought on “Prestasi Indonesia di Bidang Ekonomi Syariah Bertambah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *