Pilih Beli Baju Online Atau Jahitkan Kain di Penjahit?

Me and My Batik
Me and My Batik

Memiliki pakaian kekinian merupakan salah satu kebutuhan utama manusia modern saat ini. Setiap instansi tempat kita bekerja pasti memiliki pakaian seragam, baik seragam batik maupun seragam lapangan. Tren yang berkembang adalah perusahaan tempat kita bekerja akan menyediakan seragam jadi untuk bisa langsung dipakai.

Adakalanya kita tidak diberikan seragam berupa pakaian jadi namun berupa kain yang harus dijahitkan lagi ke penjahit supaya bisa dipakai. Pada pilihan ini anda harus memilih tukang penjahit yang sesuai dengan keinginan anda dan ongkos menjahit yang terjangkau isi kantong anda.

Sebenarnya lebih praktis mana antara membeli seragam kerja secara online ataukah menjahitkan baju sendiri di tukang jahit langganan kita?

Masing-masing pilihan Anda memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kita harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan membeli baju online ataupun menjahitkan kain di tukang jahit sesuai dengan kebutuhan kita.

Teaveling ke Jogja pakai celana batik & baju koko
Teaveling ke Jogja pakai celana batik & baju koko

Plus Minus Beli Baju Online

Kelebihan membeli baju secara online adalah relatif cepat siap pakai, model pakaiannya sangat beragam, dan harga yang lebih terjangkau. Anda tinggal memilih berbagai model pakaian seragam batik yang ada di online shop kesukaan anda.

Ukuran seragam batik yang akan anda beli di online shop bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Disinilah kita bisa memilih lebih banyak toko untuk mendapatkan baju seragam kerja berbahan batik yang kita sukai.

Jika dihitung-hitung lagi memang lebih murah membeli baju yang sudah jadi di toko online daripada kita menjahitkan kain di tukang jahit. Ongkos menjahit dan biaya pembelian kain batik biasanya lebih mahal daripada membeli baju batik yang sudah siap kita pilih di toko online.

Kekurangan membeli baju secara online adalah kita tidak tahu pasti ukuran pakaian tersebut apakah sudah sesuai dengan ukuran tubuh kita. Walaupun dalam katalog online sudah disertakan ukuran pakaian namun seringkali ukuran itu tidak sesuai dengan ukuran tubuh kita ketika memakai baju itu.

Terlebih lagi jika postur tubuh anda bukan ukuran normal, boleh jadi tubuh Anda terlalu kurus ataupun terlalu gemuk. Disitulah tantangan tersendiri bagi anda jika memilih membeli baju secara online.

5 Tahap Dan Cara Membuat Batik Tulis Dengan Mudah
5 Tahap Dan Cara Membuat Batik Tulis Dengan Mudah

Plus Minus Menjahitkan Kain

Keunggulan menjahitkan kain di penjahit baju adalah kita bisa mendapatkan baju dengan ukuran yang pas dengan tubuh kita. Selisih ukuran tubuh dengan kain yang sudah dijahit mungkin tidak terlalu mempengaruhi penampilan anda karena selisihnya hanya sedikit. Selain itu, dengan menjahitkan kain di tukang jahit langganan Anda maka anda bisa berkreasi lebih luas dalam menerapkan model pakaian berbahan batik sesuai dengan karakter anda.

Kekurangan menjahitkan kain di tukang penjahit langganan Anda adalah biaya penjahitan dan ongkos pembelian kain yang jika dijumlahkan jauh lebih mahal dibanding membeli baju yang sudah jadi di toko online. Anda akan tergoda menghitung perbandingan keduanya. Boleh jadi, penjumlahan harga kain dan ongkos jahit akan membengkak dua kali lipat dari harga baju online yang siap pakai dan siap anda beli di toko online.

Selain itu, Anda memiliki resiko akan mendapatkan baju yang telah anda pesan di penjahit langganan anda lebih lama daripada waktu pengiriman baju yang anda pesan di toko online. Lamanya waktu penjahitan kain di tukang penjahit langganan Anda tergantung kemampuan menjahit dan tingkat kesibukan penjahit itu saat menerima pesanan dari anda. Artinya, semakin banyak orderan penjahit maka semakin lama waktu penyelesaian penjahitan baju Anda.

Demikian artikel kali ini penulis bagi untuk Anda. Semoga Anda bisa mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari membeli baju secara online maupun menjahitkan baju di penjahit langganan Anda. Mudah-mudahan artikel ini bisa menambah wawasan Anda. Sampai jumpa dalam artikel The Jombang Taste selanjutnya.

Bagikan tulisan ini:

2 Replies to “Pilih Beli Baju Online Atau Jahitkan Kain di Penjahit?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *