Apa Saja Tanggungjawab Bekerja Sebagai Penulis Lepas?

Tips Sukses Menghadapi Wawancara Lowongan Bank Indonesia
Tips Sukses Menghadapi Wawancara Lowongan Bank Indonesia

Ghost Writer dilarang mengalihkan tanggungjawab pekerjaan kepada pihak lain. Kesulitan dan tantangan penyelesaian penulisan adalah cara alami meningkatkan potensi dan kompetensi penulis lepas.

Hallo sobat pembaca blog The Jombang Taste! Tips ghost writer kali ini berbagi ide produktifitas kerja freelancer writer. Banyak keputusan yang seharusnya dapat diambil oleh seorang ghost writer, hal ini berlaku juga untuk penulis konten, penulis artikel, copywriter, dan beragam pekerjaan freelancer writer lainnya. Tetapi karena penulis tersebut malas untuk melakukannya, maka ghost writer membentuk sebuah tim penulis untuk membantunya mengerjakan sebuah project penulisan atau sekedar memberikan saran yang dapat diambil.

Bila keputusan ghost writer tersebut menghasilkan pekerjaan dengan kualitas yang buruk, maka tim ghost writer yang harus bertanggungjawab, sehingga tidak seorangpun yang secara individu dapat dianggap sebagai pemikul tanggung jawab pengerjaan order penulisan artikel. Hal ini berlaku untuk jasa penulisan artikel blog dimanapun, baik pemain baru maupun pemain lama. Inilah inti pembicaraan tips ghost writer dalam artikel ini. Opini masyarakat terhadap profesi ghost writer pun cukup beragam, sama beragamnya dengan hasil kerja mereka.

Lalu, tips ghost writer apakah yang tepat untuk digunakan dalam tanggungjawab kerja penulis lepas? Strategi produktifitas kerja ghost writer untuk tanggungjawab ini dikenal sebagai CYA atau “Cover Your Ass”, yang berarti “tutupi kebodohanmu”. Michael Le Boeuf Ph.D. , penulis buku Amerika terlaris “The Greatest Management Principle” menyatakan dalam kalimat singkat sebagai berikut:

“Sesuatu yang merupakan tanggungjawab setiap orang bukanlah tanggungjawab seseorang. Adalah hal yang mengherankan apabila ternyata ada banyak lembaga-lembaga yang dikelola secara tidak tepat. Dan ternyata lembaga-lembaga semacam itu pada umumnya dikelola oleh sebuah tim.”

Memang benar bahwa seorang narablog dan penulis lepas yang telah menyerahkan keputusan-keputusan kepada sebuah tim ghost writer, tidak akan terlepas dari tanggungjawab. Dia merupakan tokoh utama dalam pengambilan keputusan proyek penulisan. Oleh karena itu, sebenarnya tim penulis hanya membodohi dirinya sendiri bila dia beranggapan telah mengalihkan tanggungjawabnya kepada sebuah tim penulis lepas. Segalanya membutuhkan kontrol kerja, bukan?

Semoga tips ghost writer ini bisa berguna untuk para freelancer writer Indonesia. Tetap semangat menulis ya!

One Reply to “Apa Saja Tanggungjawab Bekerja Sebagai Penulis Lepas?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *