Hakikat dan Arti Penting Hukum Bagi Warga Negara

The Law Sign - Lambang Penegakan Hukum di Indonesia
The Law Sign – Lambang Penegakan Hukum di Indonesia

Apakah arti penting hukum bagi setiap warga negara? Mengapa hukum harus ditegakkan dalam kehidupan bermasyarakat? Apa yang akan terjadi bila hukum dilanggar dan masyarakat bersikap sewenang-wenang? Secara kodrat, manusia memiliki kebebasan untuk bertindak. Namun kebebasan manusia tersebut dibatasi oleh hak orang lain. Sehingga manusia tidak mungkin menggunakan kebebasannya secara mutlak tanpa batas.

Oleh karena itu, manusia sadar perlu adanya peraturan yang mengikat dan memaksa untuk menciptakan ketertiban dan keamanan dalam masyarakat. Begitu pula dalam kehidupan sebuah negara, hukum merupakan sebuah keharusan. Negara harus berdasarkan hukum. Hukum tidak hanya untuk menciptakan ketertiban, tetapi juga untuk mewujudkan keadilan.

Pengertian Hukum

Apakah definisi hukum? Pada dasarnya sangat sulit untuk mendefinisikan hukum. Para ahli mendefinisikan hukum sesuai dengan sudut pandang masing-masing. Namun pada intinya hukum dipandang sebagai peraturan yang mengikat dan memaksa yang bertujuan untuk mengatur hubungan antarmanusia dalam masyarakat. Berikut ini pendapat beberapa ahli mengenai arti hukum.

E Utrecht

Hukum adalah himpunan petunjuk hidup (berisi perintah atau larangan) yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat yang harus ditaati oleh anggota masyarakat dan jika dilanggar dapat menimbulkan tindakan dari pihak pemerintah terhadap masyarakat tersebut.

Immanuel Kant

Hukum adalah keseluruhan syarat-syarat yang mengatur keseimbangan kehendak antara manusia yang satu dengan manusia yang lain.Kebebasan kehendak menurut Immanuel Kant merupakan kemerdekaan yang paling hakiki.

Leon Duguit

Hukum adalah aturan tingkah laku para anggota masyarakatyang dapatdipergunakan pada saat tertentu berdasarkan kepentingan bersama dan jika dilanggar akan menimbulkan reaksi terhadap orang yang melakukan pelanggaran tersebut.

Chainur Arrasjid

Hukum adalah kehendak ciptaan manusia berupa norma-norma yang berisikan petunjuk-petunjuk tingkah laku.tentang apa yang boleh dilakukan dan tentang apa yang tidak boleh dilakukan, yang dilarang dan dianjurkan untuk dilakukan.

M.H. Tirta Atmadja. SH.

Hukum adalah semua aturan atau norma yang harus diturut dalam tingkah laku.

S.M. Amin

Hukum adalah kumpulan peraturan yang terdiri atas norma dan sanksi-sanksi.

Dan beberapa pengertian hukum menurut para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa hukum adalah seperangkat aturan dalam kehidupan yang digunakan untuk mengatur dan menciptakan tata tertib dalam masyarakat. Hukum bersifat memaksa, mengatur dan mengikat. Hukum berisi perintah dan larangan.

Unsur-Unsur Hukum

Apakah unsur-unsur hukum? Untuk lebih memudahkan batasan pengertian hukum, perlu diketahui unsur-unsur dan ciri-ciri hukum, yaitu;

  1. Unsur-unsur hukum

1)     Peraturan atau kaidah mengenai tingkah laku dalam pergaulan masyarakat,

2)     Peraturan yang diadakan oleh badan-badan resmi yang berwajib.

3)     Peraturan itu bersifat memaksa dan tegas.

4)     Peraturan merupakan jalinan-jalinan nilai tentang adil dan tidak adil serta apa yang dianggap baik dan buruk.

5)     Sanksi terhadap pelanggaran peraturan tersebut hukuman yang tegas dan nyata.

Apakah ciri-ciri hukum? Ciri-ciri hukum adalah;

1)     adanya perintah dan larangan,

2)     perintah dan atau alarangan itu harus ditaati setiap orang.

Sifat-sifat Hukum

Sifat apa sajakah yang dimiliki oleh hukum? Hukum memiliki sifat-sifat sebagai berikut;

1) Mengatur, hukum memiliki sifat mengatur agar tercipta masyarakat yang aman, tertib, damai dan adil. Hukum memuat peraturan-peraturan berupa perintah dan larangan yang mengatur tingkah laku manusia.

2) Memaksa, artinya adanya paksaan dan pihak luaryang berupa hukuman dari penguasa yang bertugas mempertahankan, membina tata tertib masyarakat dengan perantara alat-alat negara. Pelanggaran terhadap hukum akan mendapat sanksi yang tegas.

Penegakkan hukum merupakan isu utama di negara-negara demokrasi. Hukum yang dijalankan dengan benar dapat menciptakan keteraturan dalam hidup. Pelanggaran hukum bagi warga negara merupakan awal mula terjadinya kekacauan dalam masyarakat. Dengan demikian, pelaksanaan hukum dan keadilan adalah kebutuhan masyarakat modern agar setiap lini kehidupan dapat berkembang dengan baik.

Semoga terinspirasi!

Sumber: Medali Kabupaten Jombang

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

2 thoughts on “Hakikat dan Arti Penting Hukum Bagi Warga Negara”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *