Bagaimana Ketamakan Bisa Menghancurkan Prospek Bisnis Anda?

Imam Wijoyo
Imam Wijoyo

Ketika menghadapi perkembangan bisnis yang menurun, pebisnis sebenarnya mampu untuk bersikap dan bertindak lebih stabil dan lebih baik dari sebelumnya bila ia bersedia memperhatikan aturan kemasyarakatan. Hal ini mengharuskan setiap pebisnis untuk mematuhi norma-norma yang berlaku, baik yang berkenaan dengan aktifitas bisnis maupun kehidupan bermasyarakat.

Hanya saja keinginan untuk menghalalkan segala cara lebih dominan daripada suara hati nurani. Tindakan tersebut seringkali berwujud sebagai sifat tamak atau serakah. Ia ada, tapi tak tampak nyata. Oleh karena itu, ambisi yang bersifat buruk ini tidak akan memperoleh dukungan semangat, kemampuan berpikir, maupun berperasaan sehingga upaya mengejar asa tadi tidak mudah tercapai.

Bagaimana cara menghindarkan diri dari sifat tamak? Pada dasarnya setiap manusia memiliki alat kendali di dalam dirinya masing-masing. Apabila segalanya bersifat normal maka ia berada dalam kendali yang benar. Namun apabila tidak, maka nafsu keserakahan akan menguasai. Keserakahan akan menghasilkan kesombongan, lupa bersyukur, dan konflik sosial dengan masyarakat sekitar.

Semoga artikel ini bisa menambah motivasi Anda dalam menjalankan bisnis. Enjoy blogging, enjoy writing!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *