Muhammad Al-Ghazali

Sumber Motivasi Hidup Paling Ampuh Adalah Agama

Muhammad Al-Ghazali

Muhammad Al-Ghazali

Agama adalah pegangan hidup yang bersifat universal dan kekal bagi setiap manusia. Nilai-nilai agama menjadi pedoman bagi setiap perilaku manusia yang hidup di dunia untuk mendapatkan kebahagian di dunia dan akhirat. Motivasi hidup dari agama akan mampu menghindarkan manusia dari kelelahan mental yang tidak perlu.

Benarkah agama mampu menjadi penyelamat kehidupan manusia? Bukankah manusia yang tidak beragama (atheis) pun mampu mencapai beragam kesuksesan dan kobaran semangat dalam hidup mereka? Ya, tanpa pengetahuan agama pun manusia bisa mendapatkan kesuksesan hidup di dunia.

Tapi bagaimana setelah akhir hidup mereka? Apakah mereka akan selamanya tinggal di muka bumi?

Setuju tidak setuju saya harus menyatakan bahwa masyarakat modern memiliki ciri utama bersifat materialis. Nilai-nilai agama seolah-olah hanya menjadi barang antik yang layak dimuseumkan, tanpa pernah disentuh. Oleh karena itu, jiwa-jiwa manusia semacam demikian mudah rapuh ketika menghadapi masalah krusial dalam hidup.

Agama merupakan sumber motivasi hidup paling ampuh karena agama mengajarkan umatnya untuk tetap berusaha, berdoa, dan menyerahkan hasilnya kepada Tuhan. Seberapa kuat apapun usaha manusia kalau tidak diijinkan Tuhan maka tidak akan bisa terjadi. Kesadaran bahwa terdapat kuasa yang melebihi daya manusia akan menumbuhkan semangat untuk selalu optimis dalam hidup.

Sebaliknya, bukan karena alasan menyerahkan diri sepenuhnya kepada Tuhan maka kita bisa berdiam diri menyerahkan nasib pada roda kehidupan. Berserah diri kepada Tuhan adalah langkah terakhir yang boleh dilakukan setelah manusia berusaha dan berdoa. Dengan berserah diri maka manusia tidak akan mudah stress dan depresi ketika menyikapi sebuah kegagalan.

Semoga artikel ini bisa memberi inspirasi dan suntikan motivasi hidup untuk Anda. Enjoy blogging, enjoy writing!